KAI Siapkan Layanan Terintegrasi dengan LRT Jabodebek

KAI telah menyiapkan fasilitas dan layanan terintegrasi dengan LRT Jabodebek.

Republika/Prayogi
Penumpang mengikuti uji coba terbatas LRT Jabodebek di jalur LRT Dukuh Atas-Cawang, Jakarta. KAI telah menyiapkan fasilitas dan layanan terintegrasi dengan LRT Jabodebek.
Rep: Rahayu Subekti Red: Bilal Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebagai persiapan peresmian operasional pelayanan LRT Jabodebek yang direncanakan pada Senin (28/8/2023), KAI Commuter menyiapkan layanan dan fasilitas integrasi di stasiun-stasiun yang terintegrasi dengan perjalanan LRT Jabodebek. Layanan disiapkan di di Stasiun Cawang dan Stasiun Sudirman. 

Baca Juga

“Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna yang akan transit dari perjalanan Commuter Line untuk melanjutkan perjalanannya dengan LRT Jabodebek,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

Di Stasiun Cawang, KAI Commuter telah menyiapkan akses untuk menuju Stasiun LRT Cikoko atau untuk menuju halte Bus Transjakarta. Pengguna Commuter line yang hendak melanjutkan perjalanannya menggunakan LRT ataupun Bus Transjakarta bisa langsung menuju pintu di sisi Barat Stasiun Cawang dengan mengakses JPO. 

Saat ini sebanyak 421 perjalanan yang telah disiapkan KAI Commuter untuk melayani pengguna Commuter line yang transit di Stasiun integrasi antar moda Cawang. KAI Commuter juga mencatat rata-rata pengguna commuter line yang turun di Stasiun tersebut sebanyak 12 -15 ribu orang per harinya, sedangkan pengguna commuter line yang naik di stasiun tersebut sebanyak 11-13 ribu orang per harinya.

Selain itu, Stasiun Commuter Line yang terintegrasi dengan layanan LRT Jabodebek adalah Stasiun Sudirman. “Dengan lokasi yang strategis karena berada ditengah-tengah kawasan perkantoran Ibu Kota, juga menjadikan Stasiun Sudirman menjadi salah satu stasiun commuter line yang dilengkapi dengan sistem integrasi antar moda,” ungkap Anne. 

Selain terintegrasi dengan layanan LRT, Stasiun Sudirman juga terintegrasi dengan moda transportasi publik lainnya seperti layanan Commuter Line Basoetta, MRT dan Bus Trans-Jakarta. Pengguna commuter Line bisa mengakses JPO pada sisi Timur stasiun untuk melanjutkan perjalanannya menggunakan LRT. 

KAI Commuter juga telah mengoperasikan sebanyak 277 perjalanan Commuter Line yang akan melayani pengguna di Stasiun Sudirman tiap harinya. Tecatat di Stasiun Sudirman rata-rata volume pengguna Commuter Line pada hari kerja sebanyak 25-30 ribu orang per harinya. 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan akses dari dan menuju Stasiun LRT ke moda lanjutan lainnya telah disiapkan dengan baik. Integrasi antarmoda disediakan di beberapa stasiun LRT Jabodebek. 

“Integrasi antarmoda di sekitar Cikoko dan Cawang. Saya juga memastikan alurnya sudah berjalan baik, bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi lain dari dan menuju LRT Jabodebek," kata Budi. 

Berikut integrasi yang tersedia di sejumlah Stasiun LRT Jabodebek:

1. Stasiun LRT Harjamukti terintegrasi dengan Halte Transjakarta Cibubur Junction dimana tersedia moda angkutan Transjakarta Reguler, Transjabodetabek, Royaltrans, Mikrotrans, Angkutan Perkotaan (Angkot) Depok, dan Angkot KWK.

2. Stasiun LRT Ciracas terintegrasi dengan  moda angkutan Mikrotrans dan Angkot KWK.

3. Stasiun LRT Kampung Rambutan terintegrasi langsung dengan Transjakarta Reguler, Transjabodetabek, Mikrotrans, Angkutan Perkotaan (Angkot) Bekasi, dan Angkot KWK.

4. Stasiun LRT Taman Mini terintegrasi dengan Halte Transjakarta Garuda Taman Mini dimana tersedia moda angkutan Transjakarta Reguler, Royaltrans, Mikrotrans, Angkutan Perkotaan (Angkot) Bekasi, dan Angkot KWK.

5. Stasiun LRT Cawang terintegrasi dengan Halte Transjakarta BNN dimana tersedia moda angkutan Transjakarta Reguler dan Transjabodetabek.

6. Stasiun LRT Ciliwung terintegrasi dengan Halte Transjakarta Cawang Ciliwung dimana tersedia moda angkutan Transjakarta Reguler.

7. Stasiun LRT Cikoko terintegrasi dengan Halte Transjakarta Cawang Ciliwung dan Stasiun KRL Cawang dimana tersedia moda angkutan Transjakarta Reguler dan KRL Commuter Line.

 
Berita Terpopuler