Meta Tutup Aplikasi Messenger Lite untuk Android

Messenger Lite merupakan versi ringan dari Facebook Messenger.

Tangkapan layar
Perusahaan induk Instagram dan Facebook, Meta, dilaporkan menutup aplikasi Messenger Lite di Android.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan induk Instagram dan Facebook, Meta, dilaporkan menutup aplikasi Messenger Lite di Android. Messenger Lite merupakan versi ringan dari Facebook Messenger, yang menghadirkan aplikasi perpesanan tersendiri yang terhubung langsung dengan akun Instagram dan Facebook pengguna.

Baca Juga

Aplikasi ini telah dihapus dari Google Play Store untuk pengguna baru, dan tidak akan tersedia lagi setelah 18 September untuk pengguna lama. "Mulai 21 Agustus, orang-orang yang menggunakan aplikasi Messenger Lite untuk Android akan diarahkan ke Messenger atau FB Lite untuk mengirim dan menerima pesan di Messenger," kata juru bicara Meta seperti dilansir Siasat Daily, Jumat (25/8/2023). 

Untuk diketahui, pada tahun 2016, Meta (saat itu dikenal sebagai Facebook) telah memperkenalkan Messenger Lite untuk pengguna dengan perangkat Android yang tidak terlalu kuat. Messenger Lite hanya menawarkan fitur-fitur penting dari aplikasi pesan instan untuk menghemat ruang penyimpanan dan daya pemrosesan.

Meskipun Meta merilis Messenger Lite untuk iOS, perusahaan telah menghentikannya pada tahun 2020. Menurut perusahaan analitik seluler data.ai, versi Lite dari aplikasi ini telah diunduh sekitar 760 juta kali secara global, dengan India memegang porsi terbesar, diikuti oleh Brasil dan Indonesia. Meta baru-baru ini mengumumkan Messenger akan menghentikan dukungan SMS bulan depan.

Meta telah memberi tahu pengguna bahwa terkait penutupan ini. Menurut pemberitahuan Meta, pengguna tidak dapat menggunakan Messenger untuk mengirim dan menerima pesan SMS yang dikirim oleh jaringan selulernya, ketika pengguna memperbarui aplikasi setelah tanggal 28 September 2023.

Awal pekan ini, Meta telah mengumumkan rencananya untuk merilis enkripsi end-to-end default pada Messenger pada akhir tahun 2023.

 

 
Berita Terpopuler