Jet Tempur F-16 Vs MiG-29, Mana yang Lebih Unggul?

Pertama kali jet tempur digunakan pada akhir Perang Dunia II.

AP/Misha Japaridze, File
Pesawat tempur MIG-29 Rusia.
Rep: Amri Amrullah Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, Keunggulan jet tempur F-16 dan MiG-29 sudah tak diragukan lagi. Saat berbelok tajam, Anda akan terempas ke kursi dengan gaya yang berkali-kali lipat lebih kuat dari gravitasi.

Baca Juga

Anda hanya dapat mempertahankan kesadaran jika Anda berada dalam kondisi fisik yang prima dan mengenakan celana khusus yang dapat memeras darah dari kaki Anda. Anda jarang terbang di bawah 900 kilometer per jam (sekitar 560 mil per jam).

"Akselerasinya sangat menakjubkan." Begitulah cara mantan pilot Angkatan Udara Jerman Joachim Vergin menggambarkan perasaan menerbangkan jet tempur.

Orang mungkin membandingkannya dengan menaiki roller coaster, tetapi tidak juga: Tenaga dalam pesawat jet dua kali lebih kuat. Dan selama pertempuran, Anda harus mengoperasikan sejumlah besar sistem senjata secara bersamaan: Menyerang, menghindar, bertahan. Dalam situasi yang ekstrem, seperti serangan udara, semuanya adalah masalah hidup dan mati, sering kali dengan kecepatan suara.

Mesin di bawah tekanan

Pertama kali jet tempur, seperti F-16 dan MiG-29, digunakan pada akhir Perang Dunia II. Dengan mesin turbojet, jet tempur terbang jauh lebih cepat daripada pesawat baling-baling, yang telah digunakan hingga saat itu.

Mesin jet menyedot udara ke bagian depan motor, di mana udara dikompresi. Bahan bakar disemprotkan ke udara yang sangat bertekanan dan dinyalakan. Hal ini memaksa udara keluar dari mesin "dengan sangat kuat," kata Robert Kluge, seorang ahli penerbangan di Deutsches Museum di Munich.

Saat udara dipercepat dalam proses tersebut, sebuah daya dorong tercipta yang mendorong pesawat ke depan.

Target pesawat jet: Di udara atau di darat

Jet tempur dapat menyerang target di udara maupun di darat. Untuk pertempuran udara, jet dapat dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara yang dapat ditembakkan dalam penerbangan untuk menghancurkan target yang juga terbang.

Untuk menyerang target di darat, jet tempur dapat menggunakan rudal udara-ke-darat atau menjatuhkan bom jatuh bebas sederhana yang jatuh ke tanah sesuai dengan hukum fisika, kata Leonhard Houben, sejarawan di Museum Sejarah Militer Berlin-Gatow.

 

Teknologi yang saling berkompromi

Ketika membangun jet tempur, kompromi harus dilakukan. Pertanyaan yang perlu dipertimbangkan termasuk apakah sebuah jet kemungkinan akan melawan pesawat lain di udara dan apakah pesawat tersebut adalah jet tempur lain yang dapat melawan. Atau apakah jet tersebut hanya dapat menyerang target di darat secara efektif?

Pertimbangan strategis seperti itu kemudian tercermin dalam teknologi jet tempur: Haruskah pesawat itu dibuat agak ringan dan dapat bermanuver untuk pertempuran udara, atau dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang besar untuk misi jarak jauh?

MiG-29 dirancang untuk mengudara dengan tujuan yang sangat spesifik: Untuk melindungi perbatasan negara-negara Pakta Warsawa dari pesawat NATO.

Dengan demikian, pesawat pencegat yang mulai beroperasi pada tahun 1983 ini dapat lepas landas dengan sangat cepat dan mencapai tujuannya. Karena desainnya, MiG-29 sangat mudah bermanuver dalam pertempuran udara.

Pesawat ini bahkan dapat berdiri tegak di udara sendiri dalam waktu singkat. Namun, jet ini pada awalnya hanya dilengkapi dengan bahan bakar jarak pendek untuk menghemat berat.

F-16: Performa serbaguna

Mayoritas jet tempur modern menggabungkan berbagai kemampuan. Houben mengatakan bahwa lebih ekonomis untuk membangun apa yang disebut pesawat tempur serbaguna karena dapat diproduksi secara massal hanya dalam satu batch yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai misi.

F-16 adalah salah satu pesawat multiperan yang diproduksi secara massal. Pesawat ini secara eksplisit dikembangkan di AS pada tahun 1970-an untuk diekspor ke negara-negara mitra sebagai jet serbaguna berbiaya rendah.

F-16 adalah jet tempur dengan jumlah produksi terbesar di seluruh dunia yang masih beroperasi. Hingga hari ini, jet tempur ini masih diproduksi di AS dan terus dikembangkan.

Houben mengatakan bahwa F-16 yang dibuat 20 tahun yang lalu setara dengan jet tempur Rusia yang dibuat mungkin tiga atau lima tahun yang lalu. Hal itu sebagian karena pengembangan teknologi jet tempur di Rusia tertinggal pada 1990-an, katanya, dan begitu banyak talenta yang meninggalkan negara itu.

 

Sebagai sistem persenjataan daripada senjata

Selain teknologi jet tempur, persenjataannya juga sangat penting. Tanpa itu, jet tempur "hanyalah cangkang, seperti truk pemadam kebakaran tanpa tangga yang bisa diputar," kata Kluge.

Jet-jet ini dapat mengamankan wilayah udara suatu negara. Ini karena, tidak seperti rudal pertahanan udara yang ditembakkan oleh sistem pertahanan udara berbasis darat, jet sangat mobile dan dapat melindungi area yang luas dan, dengan menggunakan rudal udara-ke-udara modern, juga menembak jatuh rudal jelajah di udara.

Mirip dengan tank tempur, aturannya biasanya siapa yang menembak lebih dulu dan mengenai sasaran, dialah yang menang. Rudal udara-ke-udara modern, setelah ditembakkan, hampir menyelinap ke targetnya dan mengaktifkan radarnya yang mencolok hanya sesaat sebelum tabrakan.

Pada saat itu, sering kali sudah terlambat untuk menghindar. Kenyataannya biasanya tidak ada hubungannya dengan manuver liar, tembakan senapan mesin, atau apa yang kita lihat di film. 

Jet tempur sebagai mitos

Namun, dalam perang, jet tempur lebih dari sekadar kemampuan teknisnya. Kluge menggambarkan pesawat sebagai "mitos" karena, tidak seperti manusia, pesawat ini juga dapat bergerak di dimensi ketiga.

Jet tempur bahkan dapat dilihat sebagai simbol yang dapat meningkatkan moral pasukan. Dan sebagai bidak catur yang penting dalam strategi perang - hanya dengan memilikinya saja sudah cukup untuk membuat musuh berpikir dua kali. 

 
Berita Terpopuler