Siap Hengkang dari Twitter? Amankan Dulu Data Pribadi Anda

Sebelum meninggalkan X, ada baiknya Anda mengamankan dulu data pribadi.

EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Jika memutuskan untuk meninggalkan Twitter atau X, ada baiknya ada memastikan keamanan data pribadi Anda dulu/ilustrasi.
Rep: Desy Susilawati Red: Natalia Endah Hapsari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Keributan seputar akuisisi Twitter Elon Musk belum juga berhenti. Pada Juli 2023, platform media sosial secara resmi diganti namanya menjadi X. Kendati sebagian besar orang, bisnis, dan pengiklan hengkang, Twitter masih menempati peringkat di antara platform media sosial paling populer.

Baca Juga

Dilansir Android Police, Jumat (11/8/2023), lewat aplikasi khusus di tablet Android, Anda dapat dengan mudah mengakses akun Anda. Alhasil, mengakses, mengunduh, dan menghapus data Anda sama mudahnya. Mengapa Anda melakukan itu? Mungkin Anda ingin tahu data apa yang dimiliki platform tentang Anda atau terpikir untuk menghapus akun Twitter Anda. Apa pun masalahnya, ada cara mengunduh semua data X Anda dari aplikasi seluler dan melalui browser desktop Anda.

Unduh data Twitter (X) Anda melalui aplikasi seluler atau di browser desktop

Anda dapat dengan mudah mengunduh semua data X Anda, termasuk riwayat kiriman lengkap Anda (secara resmi dikenal sebagai tweet) di ponsel atau laptop Anda. Prosesnya mudah, tetapi ada beberapa hal yang ingin Anda ingat.

 

Unduh data X Anda dari aplikasi Twitter untuk Android atau iOS

1. Klik ikon profil Anda di pojok kiri atas layar.

2. Geser ke bawah ke Settings & Support pada menu yang muncul.

3. Klik Settings and Privacy.

4. Di bawah Your account, pilih Download an archive of your data.

 

Unduh data X Anda di Mac atau PC Anda

1. Klik ikon tiga titik (Lainnya) di atas tombol Post.

2. Pilih Settings and Support.

3. Pilih Settings and Privacy dari menu drop-down

4. Di bawah Your Account, pilih Download an archive of your data.

Dalam kedua kasus tersebut, X meminta Anda memasukkan kata sandi. Setelah itu, Anda diminta untuk menerima kode verifikasi melalui email atau SMS. Setelah memasukkan kode, klik tombol arsip permintaan biru untuk menerima folder ZIP dari data Anda. X akan mengirimkan pemberitahuan saat arsip Anda siap, yang bisa memakan waktu hingga beberapa hari.

Setelah mengunduh informasi, Anda dapat meninjaunya, mencadangkannya di drive eksternal, atau menghapusnya sama sekali. Jika Anda belum siap untuk berhenti di Twitter, lihat panduan untuk masalah Twitter yang paling umum dan solusinya.

 

 

 

 
Berita Terpopuler