Soal Gibran Masuk Daftar Cawapres, Prabowo: Sebagai Tokoh, Ya, Pasti Diperhitungkan

Prabowo menyerahkan penilaian cawapresnya pada rakyat Indonesia.

Republika/Alfian Choir
Prabowo nampak mengobrol dengan koordinator relawan Bolone Mase Kuat Hermawan di Ono Solo Coffee, Rabu (9/8/2023) malam.
Rep: C02 Red: Agus raharjo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Bakal calon presiden (capres) dari Partai Gerindra Prabowo Subianto buka suara terkait peluang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapresnya. Nama Gibran disebut-sebut masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi dirinya di Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Prabowo seusai bertemu relawan Bolone Mase di Ono Solo Coffee, Rabu (9/8/2023) malam. Prabowo mengaku bahwa sebagai tokoh Gibran memang diperhitungkan masuk sebagai cawapres dirinya.

"Saya kira sebagai tokoh, ya, pasti, ya, semua diperhitungkan," kata Ketua Umum Gerindra tersebut.

Sekali lagi ketika ditanya pertimbangan Gibran sebagai cawapresnya, Prabowo mengatakan bahwa yang terpenting adalah bagaimana penilaian masyarakat. "Yang penting bagaimana rakyat saya kira itu yang paling penting," katanya.

Sementara itu, ketika disinggung soal pembicaraan dirinya dengan relawan tersebut ia enggan membocorkan apa yang dibicarakan. Ia malah sempat berkelakar.

"Yang dibicarakan adalah cucu-cucu," katanya berkelakar.

Sebelumnya, gugatan batas usia capres dan cawapres di Pasal 169 huruf q UU 7/2017 tentang Pemilu masih berlangsung di MK. Pengamat politik, Hendri Satrio menilai, ini membuka peluang Gibran Rakabuming menjadi cawapres.

Ia melihat, ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Antara lain capres dari PDIP, Ganjar Pranowo, bisa jadi akan langsung bergerak cepat untuk bisa menjadikan putra sulung Presiden Jokowi itu menjadi pendampingnya

Di sisi lain, capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dinilai akan pula melakukan langkah-langkah serupa untuk menggandeng Gibran. Karenanya, ia memprediksi, Gibran akan jadi rebutan jika bisa maju.

"Ganjar bisa jadi bergerak cepat menjadikan Gibran pendampingnya dan Prabowo juga akan melakukan hal yang sama," kata Hensat, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga

 
Berita Terpopuler