Imam Irlandia: Saya Merasa Terhormat Memimpin Pemakaman Sinead O'Connor

Imam Irlandia tersebut pernah bertemu dengan Sinead pada 2018.

Liam McBurney/ PA via AP
Ribuan penggemar Sinead O Connor atau Shuhada Sadaqat berbaris di jalan-jalan saat menyaksikan proses pemakamannya di County Wicklow, Irlandia, Selasa (8/8/2023).
Rep: Zahrotul Oktaviani Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Penyanyi Sinead O'Connor dimakamkan secara Muslim pada Selasa (8/8/2023). Usai prosesi yang dilakukan secara tertutup, ratusan penggemarnya memadati jalan, dan membanjirinya dengan doa.

Seorang imam yang memimpin doa pemakaman Muslim untuk Sinead O'Connor Syekh Umar Al-Qadri mengatakan momen ini merupakan kehormatan baginya. Cendekiawan Islam dan Kepala Imam Pusat Islam Irlandia ini pernah bertemu dengan bintang tersebut pada 2018. Ia menyebut dirinya bahagia bisa menjadi bagian dari acara itu.

"Hari ini saya sangat berterima kasih atas kesempatan untuk memimpin doa pemakaman Muslim untuk putri Irlandia, Sinead O'Connor alias Shuhada Sadaqat," ujar dia dikutip di Belfast Telegraph, Rabu (9/8/2023).

Para penggemar O'Connor telah berkumpul di luar bekas rumah sang bintang di Bray, Co Wicklow, sebelum iring-iringan pemakaman berlalu. Sejumlah jalan pun ditutup sehingga mereka dapat memberikan penghormatan sebelum prosesi berlanjut ke pemakaman pribadi.

“Merupakan suatu kehormatan menjadi bagian dari kesempatan ini. Saya menyampaikan penghargaan yang tulus kepada keluarga, karena mengakui dan merangkul identitas Muslimnya," kata Syekh Al-Qadri.

Presiden Irlandia Michael Higgins...

Baca Juga

Presiden Irlandia Michael Higgins mengatakan dia akan menghadiri kebaktian itu. Dalam sebuah pernyataan, ia mengatakan curahan kesedihan dan penghargaan atas kehidupan. Karya Sinead O'Connor menunjukkan dampak mendalam yang dia berikan pada orang-orang Irlandia.

“Kontribusi unik dari Sinead melibatkan pengalaman kerentanan besar yang dikombinasikan dengan tingkat kreativitas yang luar biasa, yang dia pilih untuk disampaikan melalui suaranya, musiknya, dan lagu-lagunya," ucap dia.

Ekspresi keduanya, tanpa berusaha mengurangi yang satu demi yang lain, membuat kontribusinya unik. Hal ini disebut sebagai sesuatu yang fenomenal dalam hal musik, sekaligus kepahlawanan yang luar biasa.

“Itulah sebabnya, semua orang yang berusaha keras dalam hidup mereka, menggabungkan dimensi yang berbeda dengan cara mereka sendiri, dapat merasa sangat bebas untuk mengungkapkan kesedihan mereka atas kehilangannya," kata Higgins.

Di hari itu, ratusan orang terlihat sedang menunggu untuk memberikan penghormatan kepada O'Connor ketika iring-iringan itu lewat, dengan beberapa duduk di atas tembok. Banyak yang ikut menyanyikan lagu-lagunya, sementara yang lain menyeka air mata.

Sesuai dengan keinginan keluarga almarhumah setelah melaksanakan prosesi secara tertutup, anggota masyarakat dapat memberikan penghormatan dan diminta berkumpul di Strand Road/area Promenade antara pukul 11.30 dan 12.30 waktu setempat.

“Diperkirakan prosesi pemakaman akan berhenti sebentar di daerah ini, di beberapa titik di antara waktu tersebut," kata pernyataan.

Karena keterbatasan tempat parkir...

Karena keterbatasan tempat parkir di pinggir laut, An Garda Siochana mengimbau masyarakat jika memungkinkan agar menggunakan transportasi umum. Diperkirakan penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 11.30 hingga 12.30 di area Strand Road/Promenade. Semua lalu lintas lainnya akan dialihkan ke Adelaide Road.

Beragam catatan tulisan tangan terlihat di luar bekas rumah O'Connor. Banyak penggemar yang menyampaikan rasa terima kasih padanya, karena telah membagikan suara dan musiknya. Satu catatan berbunyi: "Kamu selamanya di hatiku."

Bukan cuma itu, sebuah kursi merah muda ditempatkan di luar konservatori rumah berbingkai merah muda, dengan bunga merah muda, lilin dan foto penyanyi ditempatkan di dasar kursi. Buket bunga berbentuk hati pun ada menampilkan gambar sang bintang dan dua bendera Irlandia.

Satu tanda yang tertinggal di dinding properti mencantumkan penyebab penyanyi tersebut menyatakan dukungannya dalam isu sosial, termasuk menyambut para pengungsi. Sejak kematian O'Connor pada 26 Juli, orang-orang banyak yang meninggalkan bunga dan memberi penghormatan di rumah ini. Kediaman tersebut telah dijual sang penyanyi pada 2021 dan sekarang kosong.

"Sinead senang tinggal di Bray dan orang-orang di dalamnya. Dengan prosesi ini, keluarga ingin mengakui curahan cinta untuknya dari orang-orang di Co Wicklow dan sekitarnya, sejak dia pergi minggu lalu untuk pergi ke tempat lain," kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh keluarganya.

Lika-liku kehidupan Sinead O Connor. - (Republika)

 
Berita Terpopuler