Sinead O'Connor Dimakamkan Besok, Keluarga Ungkap Detail Jalur Iring-iringan Mobil Jenazah

Sinead O Connor akan dikuburkan di Irlandia.

Brian Lawless/PA via AP
Bunga tanda duka cita diletakkan untuk mengenang kepergian Sinead O Connor.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah instalasi sementara dibangun di kota tepi laut Irlandia, Bray. Instalasi setinggi sembilan meter ini dibangun pada lereng yang menghadap tempat peristirahatan terakhir O'Connor.

Instalasi yang bisa terlihat dari udara ini mulai terlihat pada Ahad (6/8/2023). Instalasi ini menampilkan tulisan "EIRE (simbol hati) SINEAD". Tulisan tersebut bermakna "Irlandia mencintai Sinead".

Instalasi ini dipasang tepat 11 hari setelah O'Connor ditemukan tak bernyawa di London, Inggris. Tulisan "EIRE (simbol hati) SINEAD" dibangun di lereng yang menghadap kota pinggir laut, Bray. Di kota Bray inilah jenazah O'Connor rencananya akan dimakamkan pada Selasa (8/8/2023).

Instalasi ini dibangun sebagai bentuk penghormatan atau tribute untuk O'Connor. Instalasi ini dibangun di atas landmark navigasi peninggalan Perang Dunia II yang bertuliskan "EIRE".

Penghormatan terakhir untuk O'Connor ini merupakan inisiatif dari agensi kreatif The Tenth Man dengan spesialis mural dan signwriting Mack Signs. Keduanya berkolaborasi membuat instalasi ini dengan plastik yang didaur ulang. Instalasi ini telah dibongkar pada Ahad malam.

"Kami hanya ingin mengambil kesempatan untuk menandai momen ini dengan pernyataan berani yang menggambarkan betapa berartinya (O'Connor) bagi negara kecil kami," tutur executive creative director The Tenth Man, Richard Seabrooke, seperti dilansir Guardian pada Senin (7/8/2023).

Baca Juga

O'Connor menutup usia di umur 56 tahun. Penyanyi asal Irlandia tersebut ditemukan tak responsif di rumahnya yang berlokasi di London, Inggris.

Melalui sebuah pernyataan resmi, pihak O'Connor menyatakan bahwa upacara pemakaman penyanyi "Nothing Compares 2U" itu akan dilakukan pada Selasa (8/8/2023). Masyarakat umum bisa memberikan penghormatan terakhir mereka ketika iring-iringan jenazah melewati tepi laut Bray.

"Rutenya dimulai dari ujung Harbour Bar di Strand Road lalu ke sepanjang tepi laut menuju ke ujung lain Strand Road," ungkap pihak keluarga O'Connor.

Dengan begitu, keluarga O'Connor berharap orang-orang bisa mengiringi perjalanan terakhir O'Connor dengan penuh cinta. Belum ada informasi lebih lanjut terkait rencana pemakaman untuk O'Connor.

 
Berita Terpopuler