Film Barbie Dikritik, Dianggap tak Cukup Wakili Penyandang Disabilitas

Kemunculan Barbie penyandang disabilitas dianggap belum mewakili suara kelompok itu.

Dok Warner Bros. Pictures
Salah satu adegan di film Barbie (2023). Film Barbie dianggap tidak mewakili penyandang disabilitas meskipun ada karakter yang menggunakan kursi roda.
Rep: Rahma Sulistya Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Barbie karya sutradara Greta Gerwig yang sedang tayang di bioskop memperlihatkan salah satu karakter Barbie penyandang disabilitas menggunakan kursi roda. Tetapi kemunculan Barbie penyandang disabilitas ini dianggap belum mewakili suara para penyandang disabilitas.

Baca Juga

Barbie karya Greta Gerwig telah menjadi salah satu film paling sukses pada 2023, memecahkan rekor box office pada musim panas. Film ini juga mendominasi percakapan budaya pop sejak dirilis pada Juli 2023.

Representasi kelompok minoritas dalam seorang pemeran tampaknya menjadi topik yang kurang terpolarisasi. Gerwig dan krunya tampaknya benar terkait Barbie yang berasal dari segala bentuk, ukuran, dan etnis yang memainkan peran penting di Barbie Land. Mereka diperankan oleh beragam pemeran yang mencakup aktor dari beberapa komunitas tapi tidak dari komunitas penyandang disabilitas.

Ada beberapa Barbie penyandang disabilitas yang terlihat di Barbie Land. Ada Barbie pengguna kursi roda yang cukup terlihat di adegan besar "Dance the Night". Grace Harvey dikreditkan di IMDb sebagai "Wheelchair Vet Barbie Doll" yang muncul sebentar di awal saat narator Helen Mirren menjelaskan sejarah Barbie. Ada juga Barbie dengan lengan bionik di salah satu adegan di Rumah Merah Muda Presiden Barbie juga (nama aktrisnya adalah Ashley Young).

Masalahnya adalah mereka tidak mengatakan sepatah kata pun. Mereka tidak pernah terlihat melakukan pekerjaannya. Mereka hanya terlihat pada saat-saat sekilas dan mungkin penonton melewatkannya.

Representasi disabilitas yang buruk menghancurkan mitos bahwa Barbie Land adalah sebuah utopia. Sebaliknya, ini mengingatkan pada dunia nyata, di mana orang sering lupa membiarkan pengguna kursi roda berbicara, apalagi bergabung dengan dunia kerja dengan cara yang bermakna. 

Gerwig jelas berada di bawah tekanan untuk mewakili seluruh komunitas dalam waktu kurang dari dua jam, dan itu tidak adil. Dalam blockbuster musim panas yang penuh dengan bintang ini, bahkan aktor terkemuka pun memiliki peran yang kecil.

Ini tidak mengubah fakta bahwa komunitas disabilitas pantas mendapatkan lebih banyak rasa hormat dari semua pembuat film. Menurut sebuah studi tahun 2020 oleh USC's Annenberg Inclusion Initiative, representasi disabilitas dalam film memang meningkat, 19 dari 100 film terlaris tahun itu menampilkan pemeran utama atau pemeran pendamping penyandang disabilitas. 

Namun statistik keseluruhannya masih suram. Menurut penelitian, hanya 2,3 persen dari semua karakter yang berbicara dalam 100 film terlaris tahun 2019. Menurut RespectAbility, penyandang disabilitas di AS saat itu mencapai 27,2 persen. 

“Fakta bahwa hanya 2,3 persen dari karakter dengan peran yang diberi kesempatan berbicara, merupakan perbedaan terbesar dalam krisis inklusi di film,” kata wakil presiden organisasi komunikasi, Lauren Applebaum, saat itu.

 

 
Berita Terpopuler