Ganti Logo, Pengguna Twitter Diklaim Justru Melonjak, Benarkah?

Pernyataan itu terlontar menyusl penurunan pendapatan iklan Twitter alias X.

EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Elon Musk mengungkap pengguna bulanan platform media sosial X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, tercatat lebih tinggi dan membagikan grafik yang menunjukkan jumlah terbaru lebih dari 540 juta.
Red: Natalia Endah Hapsari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Elon Musk mengungkap pengguna bulanan platform media sosial X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, tercatat lebih tinggi dan membagikan grafik yang menunjukkan jumlah terbaru lebih dari 540 juta.

Baca Juga

Unggahan Musk di X tentang jumlah pengguna muncul saat perusahaan melakukan perubahan organisasi dan berupaya meningkatkan pendapatan iklan yang telah turun dalam beberapa bulan terakhir.

Ini juga langkah terbaru menyusul sejumlah komentar dari eksekutif X yang menawarkan beragam daya tarik X, setelah Platform Meta meluncurkan platform pesaing langsung bernama Threads pada 5 Juli.

Twitter memiliki 229 juta pengguna aktif bulanan pada Mei 2022, menurut pernyataan yang dibuat sebelum pembelian perusahaan oleh Musk pada Oktober. Musk mencuit pada bulan November bahwa X memiliki 259,4 juta pengguna aktif harian.

Sejak mengambil alih, Musk dengan cepat bergerak melalui sejumlah perubahan produk dan organisasi. Perusahaan meluncurkan centang biru terverifikasi sebagai layanan berbayar dan telah mulai berbagi potongan penjualan iklan dengan pembuat konten terpilih di platform.

Pada bulan Mei, Musk menunjuk mantan kepala periklanan NBCUniversal Linda Yaccarino sebagai CEO X, menandakan bahwa penjualan iklan adalah prioritas bahkan ketika platform bekerja untuk meningkatkan pendapatan langganan.

Musk mengatakan awal bulan ini bahwa arus kas X negatif karena penurunan pendapatan iklan hampir 50 persen dan beban utang yang berat, tanpa memberikan rincian.

Sementara itu, seperti dilansir Gadgets360 dari Reuters pada Senin (31/7/2023), keputusan Musk untuk mengubah nama Twitter menjadi X bisa rumit secara hukum lantaran perusahaan termasuk Meta dan Microsoft sudah memiliki hak kekayaan intelektual terkait merek dalam surat izin yang sama.

X begitu banyak digunakan dan dikutip dalam merek dagang sehingga berpotensi mengalami gugatan hukum. Sedangkan, perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter dapat menghadapi masalah sendiri dalam mempertahankan merek X di masa mendatang.

"Ada kemungkinan 100 persen bahwa Twitter akan digugat oleh seseorang," kata pengacara merek dagang Josh Gerben, yang mengatakan dia menghitung hampir 900 pendaftaran merek dagang aktif AS yang sudah mencakup huruf X di berbagai industri.

Pemilik merek dagang--yang melindungi hal-hal seperti nama merek, logo, dan slogan yang mengidentifikasi sumber barang--dapat mengeklaim pelanggaran jika merek lain menyebabkan kebingungan konsumen. Perbaikan berkisar dari kerusakan moneter hingga penggunaan pemblokiran.

Microsoft sejak 2003 telah memiliki merek dagang X terkait dengan komunikasi tentang sistem video-game Xbox-nya. Platform Meta - yang platform Utasnya adalah saingan Twitter baru - memiliki merek dagang federal yang terdaftar pada 2019 yang meliputi huruf biru-putih "X" untuk bidang termasuk perangkat lunak dan media sosial.

Meta dan Microsoft sepertinya tidak akan menuntut kecuali mereka merasa terancam bahwa X Twitter melanggar ekuitas merek yang mereka buat dalam surat itu, kata Gerben.

 
Berita Terpopuler