Kisah Adik Valentino Rossi yang Berusaha Lepas dari Bayang-Bayang Sang Kakak

Punya garis keturunan dengan pembalap terhebat menjadi ekspektasi besar pada Marini.

EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Legenda MotoGP Valentino Rossi memeluk adiknya Luca Marini saat menjuarai seri Moto2 Malaysia.
Rep: Fitriyanto Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Luca Marini, saudara tiri dari sang legenda yang juga Greatest Of All Time (GOAT) MotoGP, Valentino Rossi, dituntut memenuhi ekspektasi besar. Ada penjelasan yang sederhana dan masuk akal tentang bagaimana pembalap tim VR46 Ducati itu memulai perjalanannya di MotoGP.

"Kami beruntung karena pada usia saya, banyak keluarga di Italia yang ingin anak-anaknya mencoba motor bebek," kata Marini kepada ESPN belum lama ini. "Itu adalah periode sekitar tahun 2000 ketika MotoGP menjadi olahraga yang sangat penting di dunia, dan terutama di Italia, karena Vale."

Vale yang dimaksud Marini adalah sapaaan untuk Valentino Rossi, sembilan kali juara dunia grand prix motor yang secara universal dianggap sebagai yang terhebat sepanjang masa. Ia juga merupakan saudara tiri Marini.

Rossi berusia 18 tahun ketika ibunya mengandung Marini. Saat itu bulan Agustus 1997, dan Rossi hanya tinggal beberapa pekan lagi untuk memenangkan gelar juara dunia pertama dari sembilan gelar juara yang kemudian hari menjadi koleksinya.

Begitu besar semangatnya, begitu besar karismanya, hingga prestasinya yang luar biasa di atas lintasan menghasilkan status selebritas di luar lintasan. Rossi menyinggung bahwa ia tak dapat keluar dari rumahnya di Kota Milan tanpa dikerumuni para penggemarnya, dan akhirnya meninggalkan Italia untuk menjalani kehidupan yang lebih tenang di London, Inggris, pada tahun 2000, sebelum kembali ke negara asalnya pada akhir dekade ini dan berbagi rumah dengan adik laki-lakinya.

"Dia hanya kakak saya, dan saya tidak pernah berpikir tentang bagaimana dia menjadi terkenal, populer, dan penting bagi olahraga ini," kata Marini menjelaskan. "Ini adalah sesuatu yang terpikir ketika saya mulai memasuki kejuaraan dunia. Ketika saya berada di rumah menonton balapan dan hari Senin ia akan kembali ke rumah. Saya baru saja melihat kakak saya pulang kerja, ini sangat normal."

Alessio "Uccio" Salucci menyaksikan langsung dualitas Rossi. Ia adalah teman masa kecil Rossi, asisten, dan orang kepercayaannya, dan sekarang menjadi team principal di tim VR46 Ducati milik Rossi. Ia mengenal Marini sejak ia masih di dalam kandungan dan mengingat bayangan besar yang ditimbulkan oleh legenda Rossi. Ia bercanda bahwa Luca memilih olahraga terburuk untuk berkompetisi.

Pertama, ada tekanan. Memiliki garis keturunan dengan pembalap terhebat yang pernah ada dalam olahraga ini menciptakan ekspektasi untuk tampil setara.

"Mustahil untuk membuat perbandingan dengan Vale," kata Marini. "Bukan hanya untuk saya, tapi juga untuk semua orang, untuk Marc Marquez, untuk Alex Rins, untuk Pecco Bagnaia, untuk Fabio Quartararo. Ini tidak mungkin. Ini adalah sejarah yang sama sekali berbeda, ini adalah era yang berbeda, motor yang berbeda. Ini adalah dunia yang sama sekali berbeda."

Baca Juga

Lalu, ada juga tuduhan-tuduhan. Marini hanya mendapatkan kursi di MotoGP karena dia adalah saudara Rossi. Marini bersikeras hal itu tidak mengganggunya bahwa para pengkritiknya bebas mempercayai apa yang ingin dipercayai, tetapi Salucci lebih tegas dalam menangkis anggapan tersebut.

"Marini bertarung untuk memperebutkan gelar juara di Moto2, dia kalah di balapan terakhir dari Enea Bastianini," kata Salucci kepada ESPN. "Anda tidak bertarung untuk gelar juara di Moto2 hanya karena Anda adalah saudara dari Valentino. Anda bertarung untuk gelar juara di Moto2 dan Anda membalap seperti ini di MotoGP karena Anda adalah pembalap yang sangat bagus."

Terlepas dari gen legendarisnya, terlepas dari kesuksesannya di kategori junior, Marini terkejut ia bisa melangkah sejauh ini. Sementara saudara tirinya sedang dalam perjalanan untuk meraih kemenangan terbanyak kedua dalam sejarah balap motor grand prix, Marini menemukan kegembiraan hanya dengan mengendarai motor.

Marini tersenyum saat mengingat kecintaan ibunya terhadap sepeda motor, dan menjelaskan bahwa ibunya-lah yang mungkin paling menginspirasinya untuk berkendara. Namun, ia cukup serius dalam menegaskan bahwa ia memulai kehidupan di atas roda dua atas kemauannya sendiri.

Baru pada tahun 2019, di musim keenamnya membalap secara profesional di kategori junior, Marini pertama kali percaya bahwa ia dapat mencapai puncak olahraga ini.

"Saya tidak pernah percaya pada diri saya sendiri, saya tidak tahu bahwa saya bisa mencapai hasil seperti ini dan tiba di MotoGP," kata Marini. "Sekarang saya sangat percaya pada diri saya sendiri dan saya telah meningkatkan pengetahuan diri saya, dan saya sangat puas dengan pertumbuhan pribadi saya sebagai manusia dan sebagai pembalap."

Ini merupakan gambaran bahwa Marini mencatat perkembangannya baik sebagai pribadi maupun sebagai pembalap. Di MotoGP, di mana sangat umum terjadi bahwa pembalap terburu-buru kembali dari patah tulang, apa pun konsekuensinya, refleksi diri Marini sangat unik.

Ini adalah olahraga yang menuntut keberanian yang tak terbayangkan, dan keberanian semacam itu melahirkan kepercayaan diri yang luar biasa, dan kepercayaan diri yang luar biasa seperti itu menghasilkan kepribadian yang lebih besar daripada kehidupan, ambil contoh saudara laki-laki Marini. Marini sendiri pendiam, tutur katanya lembut, dan kontemplatif.

Dan dari sudut pandang berkendara, hal itu mungkin telah menghambatnya di masa mudanya. Marini berkembang di VR46 Academy milik Rossi, yang didirikan Rossi untuk membantu para pembalap muda Italia dan telah menghasilkan juara dunia, Bagnaia, serta sesama pembalap MotoGP, Marco Bezzecchi dan Franco Morbidelli.

Meskipun membalap bersama beberapa pembalap berbakat dunia, Marini tetap menjaga jarak. Baru setelah ia memantapkan diri di VR46, dan akademi Rossi yang terkenal, di mana sang legenda berlatih dengan motor lintasan tanah bersama rekan-rekan sezamannya dan para pembalap akademi, ia mulai berkembang di atas motor.

"Ketika saya masih sangat muda, saya tidak terlalu memahami hal ini," kata Marini. "Saya benar-benar pemalu dan hanya berpikir, 'Oke, ayo naik sepeda sendiri, di jalur saya, jangan ganggu siapa pun, tetaplah sendirian. Namun setelah tumbuh dewasa, saya mulai memahami sedikit lebih baik, terutama di peternakan. Ini adalah kesempatan besar bagi saya untuk melihat dari dekat para pembalap yang lebih kuat dari saya pada saat itu, untuk mencoba meningkatkan diri saya sendiri, mengamati mereka, menyelinap beberapa rahasia tersembunyi dari mereka. Itu penting untuk pertumbuhan saya."

Marini mengaku beruntung, seperti pembalap lain di VR46 Academy, karena ia berbagi pengetahuan yang sangat penting, mengambil banyak pengalaman dari Vale atau Marco Simoncelli atau pembalap lain yang berlatih bersama di sana.

Marini mendapatkan pendidikan seumur hidup dari para pembalap terbaik yang pernah ada. Salucci telah menyaksikannya, sang adik Rossi menyerap setiap pelajaran dari sang kakak seperti spons.

"Ketika saya melihat Luca bekerja dengan para mekanik dan insinyur, saya melihat wajah Vale: pertanyaan yang sama, selalu ingin semuanya sempurna, bekerja selama 10 jam di dalam kotak pit," kata Salucci. "Luca telah mengamati Vale selama bertahun-tahun, dia belajar dari Vale, dan dia adalah orang yang sangat pintar."

Dan Marini yang kini berusia 25 tahun itu terus berkembang. Pada musim debutnya di MotoGP, hasil terbaiknya adalah finis di posisi kelima.

Tahun 2022 lalu, musim keduanya di kelas ini, Marini mencatatkan sepasang finis di posisi keempat. Ia mencatatkan waktu tercepat pada dua dari tiga tes pramusim pada musim dingin. Ia finis ketiga di balapan sprint Sabtu pada putaran kedua musim ini di Argentina, dan melanjutkannya dengan finis kedua di Circuit of the Americas di Austin.

"Saya terkejut setiap kali melihat catatan waktu dan melihat nama saya berada di urutan teratas, atau cukup tinggi dalam klasifikasi latihan atau balapan di MotoGP," kata Marini. "Sungguh luar biasa."

Kini untuk sementara Marini menduduki posisi keenam klasemen pembalap MotoGP 2023. Ia mengoleksi 98 poin atau hanya tertinggal 96 poin dari pemuncak klasemen sementara, Bagnaia.

Marini harus membiasakan diri dengan hal itu. Adik tiri dari pembalap legendaris MotoGP itu mulai menorehkan namanya.

 
Berita Terpopuler