Kaum FOMO Merapat, Ini 10 Perbedaan Threads dengan Twitter

Threads, dijuluki sebagai pesaing Twitter yang paling tangguh, telah datang.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Penampilan Threads, pesaing Twitter buatan Meta. Kaum FOMO Merapat, Ini 10 Perbedaan Threads dengan Twitter. Foto: The Verge

MAGENTA -- Threads, dijuluki sebagai pesaing Twitter yang paling tangguh, telah datang. Dalam reaksi pertamanya, Elon Musk menanggapi tweet yang mengklaim produk baru Meta tersebut adalah tiruan dari Twitter.

Namun, ada beberapa perbedaan yang dapat membantu Threads membuat identitasnya sendiri. Dibuat oleh Meta, Threads adalah aplikasi percakapan berbasis teks yang memungkinkan orang menulis dan membagikan pesan secara real-time.

BACA JUGA: Resep Herbal Prof Hembing: Kunyit dan Bunga Mawar Atasi Tidur Mendengkur

.

Threads memiliki beberapa fitur yang berbeda dari Twitter, seperti berikut ini, dilansir di NDTV, Kamis (6/7/2023).

10 Perbedaan Threads dengan Twitter

1. Meta telah mengonfirmasi Threads akan memberi pengguna batas jumlah 500 karakter. Di sisi lain, pengguna Twitter yang belum diverifikasi memiliki maksimal 280 karakter. Akun Instagram yang terverifikasi dapat menyimpan centang biru mereka di Threads.

Twitter menawarkan fitur centang biru seharga delapan dolar AS per bulan. Pembayaran juga akan membantu pelanggan meningkatkan batas karakter mereka menjadi 25 ribu. Meta sejauh ini belum menyediakan opsi seperti itu.

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Dzuhur Lengkap: Arab, Terjemahan dan Tata Cara

2. Threads akan mengharuskan pengguna memiliki akun Instagram. Saat membuat profil, aplikasi akan memberikan opsi untuk mengimpor informasi bio dan pengikut dari profil Instagram yang ada. Ini akan mendukung Threads karena akan memberikan akses ke basis pengguna besar Instagram yang sudah ada.

3. Di Threads, pengguna (termasuk yang belum diverifikasi) akan dapat memposting video berdurasi lima menit. Di Twitter, mereka yang tidak memiliki lencana biru dapat memposting video berdurasi dua menit 20 detik.

4. Beranda Twitter memungkinkan pengguna melihat apa yang sedang tren dan topik lain yang mungkin mereka minati. Untuk saat ini, satu-satunya cara menjelajahi apa yang ada di Threads adalah dengan menggulir umpan beranda.

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat Beserta Doanya Arab, Latin dan Terjemahan

10 perbedaan Threads dengan Twitter...


10 Perbedaan Threads dengan Twitter

Penampilan Threads, pesaing Twitter buatan Meta. Foto: The Verge

5. Pada peluncuran pada Rabu (6/7/2023), Threads tampaknya tidak memiliki opsi untuk menyimpan draf posting, tidak seperti Twitter di mana fitur ini sudah ada.

6. Pengalaman threading juga berbeda. Menurut tangkapan layar dari dua aplikasi yang beredar online, pengguna harus menekan enter tiga kali untuk memulai utas. Di Twitter, itu bisa dilakukan dengan mengklik tombol plus.

BACA JUGA: Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

.

7. Produk baru ini juga tidak memberikan opsi untuk melihat like profil lain, menurut tangkapan layar. Sedangkan Twitter menawarkannya sebagai tab terpisah.

8. Threads akan memiliki aturan konten yang sama dengan Instagram, dengan kontrol yang sama untuk mematikan dan memblokir akun yang melecehkan.

BACA JUGA: Benarkah Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati Keturunan Tionghoa?

9. Wakil presiden produk di Meta Connor Hayes mengatakan salah satu nilai jual untuk Threads adalah dibangun di atas protokol jejaring sosial ActivityPub yang sama dengan Mastodon dan aplikasi media sosial terdesentralisasi lainnya. Artinya, orang yang membangun pengikut di Threads pada akhirnya akan dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk berinteraksi dengan komunitas yang lebih luas di luar Instagram.

10. Threads diluncurkan tanpa iklan. Menurut Bloomberg, hal ini dilakukan untuk membuat sebanyak mungkin orang tertarik dengan produk tersebut.

BACA JUGA:

Rekomendasi Stiker Gifs Estetis untuk Instagram Story Kamu

Cara Download Instagram Story dengan Musik tanpa Aplikasi, Mudah Kok

Elon Musk Bikin Aturan Nyeleneh, Batasi Jumlah Cuitan Twitter yang Dibaca Pengguna

Cara Membuat Status Whatsapp (WA) Pakai Voice Note di Android dan iPhone

Khasiat Daun Salam Bisa untuk Obat Diabetes, Asam Urat, dan Radang Lambung

 
Berita Terpopuler