Setelah 10 Tahun, Bisakah Baterai Mobil Listrik Dipakai untuk Kedua Kalinya?

Kehidupan kedua untuk baterai kendaraan listrik sulit dan memakan biaya lebih besar.

EPA-EFE/STEPHANIE LECOCQ
Seseorang memegang colokan ke soket mobil di terminal pengisian daya untuk kendaraan bertenaga listrik di Brussel, Belgia, 13 Januari 2023.
Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pembuat mobil global telah menggembar-gemborkan rencana untuk menggunakan kembali baterai kendaraan listrik (EV) ketika mereka kehilangan daya. Namun, persaingan untuk paket baterai dan bahan sel, serta keinginan untuk mobil yang terjangkau meragukan bagian ekonomi sirkular ini.

Baca Juga

Serangkaian startup menawarkan penyimpanan energi masa pakai kedua menggunakan baterai EV lama. Tetapi menciptakan industri yang layak yang dibayangkan oleh pembuat mobil seperti Nissan berarti melawan persaingan dari pendaur ulang, peremajaan, dan kebutuhan pengemudi yang diperas oleh krisis biaya hidup.

"Asumsi bahwa baterai EV hanya akan bertahan delapan hingga 10 tahun dan kemudian pemilik akan menukarnya tidak benar," Hans Eric Melin, pendiri konsultan Circular Energy Storage (CES), yang melacak volume dan harga baterai. 

"Akan sulit untuk membuat kehidupan kedua berhasil," katanya menambahkan.

Meskipun solusi yang memungkinkan untuk bus, truk, dan kendaraan komersial lainnya, baterai dari mobil penumpang akan membutuhkan waktu lebih lama untuk digunakan kembali dalam skala besar. 

Ide penyimpanan energi kehidupan kedua secara teori sederhana. Menurut teori, kapasitas baterai EV turun di bawah 80 persen-85 persen setelah delapan hingga 10 tahun digunakan. Baterai tersebut akan digunakan kembali untuk memberi daya pada bangunan atau bahkan menyeimbangkan jaringan energi lokal dan nasional.

Investor yang percaya pada ekonomi sirkular, di mana produk dan bahan diperbaiki dan digunakan kembali, telah menyediakan dana sekitar 1 miliar dolar AS untuk hampir 50 perusahaan rintisan di seluruh dunia, menurut perhitungan Reuters. Selain itu, pembuat mobil dari Mercedes hingga Nissan telah menyiapkan operasi kehidupan kedua baterai mereka sendiri.

Masalahnya adalah minimnya baterai EV lama yang tidak menunjukkan tanda-tanda berkurang.

Meningkatnya usia rata-rata mobil berbahan bakar fosil di jalan menunjukkan banyak EV akan tetap di jalan selama bertahun-tahun yang akan datang bahkan jika baterainya habis. Menurut S&P Global Mobility, usia rata-rata mobil berbahan bakar minyak mencapai rekornya 12,5 tahun di AS.

"Ambang batas 80 persen adalah angka arbitrer yang tidak mencerminkan penggunaan kendaraan listrik di kehidupan nyata," kata Melin dari CES.

Karena EV yang dibuat satu dekade lalu tetap digunakan, Elmar Zimmerling, manajer pengembangan bisnis untuk otomotif di startup baterai masa pakai kedua Jerman, Fenecon, mengatakan sama baiknya dengan tidak ada pasar untuk baterai masa pakai kedua saat ini. Ia juga memperkirakan ada tsunami baterai dalam lima tahun ke depan.

 

 

Dua Kali Harga Baru

Penggunaan baterai EV untuk menggerakkan apa pun mulai dari mobil klasik berbahan bakar fosil hingga perahu mendorong harga menjadi 235 dolar AS per kilowatt hour (KWh) pada akhir 2022. Menurut CES, ini sekitar dua kali lipat harga yang dibayarkan pembuat mobil besar untuk baterai baru.

Tesla Model 3 jarak jauh memiliki paket baterai 75 KWh. Pada tingkat itu, biayanya 17.625 dolar AS di pasar bekas.

Pembuat mobil dan baterai semakin menawarkan sistem penyimpanan energi menggunakan baterai baru. Meskipun lebih banyak energi dan karenanya padat karbon, daur ulang juga menghadirkan bentuk persaingan lain untuk digunakan kembali karena permintaan bahan sel membuatnya menarik secara ekonomi.

"Pertanyaan besarnya adalah, jika Anda memiliki bahan mentah yang cukup berharga di dalam sebuah baterai dan Anda bertanya 'bagaimana saya bisa memanfaatkannya secara maksimal?' jawabannya adalah mendaur ulang mungkin lebih baik," kata Thomas Becker, kepala keberlanjutan di BMW yang memiliki fasilitas penyimpanan baterai masa pakai kedua di pabriknya di Leipzig.

Lonjakan Permintaan

Permintaan baterai bekas untuk penyimpanan kemungkinan akan melonjak karena energi terbarukan yang terputus-putus mengambil peran lebih besar. Pada tahun 2030, kapasitas baterai global untuk penyimpanan jaringan dapat tumbuh hingga 680 gigawatt hour (GWh), dari 16 GWh pada akhir tahun 2021, menurut perkiraan Badan Energi Internasional yang berbasis di Paris.

Inggris sendiri membayar sekitar 1 miliar pound (1,27 miliar dolar AS) setiap tahun untuk mematikan ladang angin ketika jaringan tidak membutuhkan daya. Belum ada cara untuk menyimpannya karena kekurangan baterai. 

 

 

 
Berita Terpopuler