Ibadah Sunnah Tarwiyah Hingga Rukun Haji Wukuf di Arafah

Para jemaah haji akan melaksanakan wukuf di Arafah pada hari Selasa, (27/6/2023).

Tarwiyah merupakan ibadah sunnah yang dilakukan sehari sebelum Wukuf di Arafah tepatnya hari ke-8 bulan Zulhijah, yang menandai dimulainya ibadah haji tahunan. 

Meski mempersilahkan jemaah haji melakukan ibadah sunnah tarwiyah, pemerintah Indonesia tidak memfasilitasi ibadah tersebut.

Tarwiyah adalah nama salah satu hari pada bulan Zulhijah. Sayyid Sabiq dalam Kitab Fiqih Sunnah menjelaskan, hari Tarwiyah adalah hari kedelapan Zulhijah.

Ada juga yang mengatakan bahwa Tarwiyah berasal dari kata irtiwa (meminum air hingga puas)

Seluruh jemaah haji Indonesia, baik haji reguler maupun haji khusus, sudah berada di Makkah. Mereka akan menjalani ibadah wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah 1444 H/27 Juni 2023.

Seluruh jemaah haji Indonesia baik haji reguler maupun haji khusus sudah berada di Makkah. Mereka akan menjalani ibadah wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah 1444 H/27 Juni 2023.

Lama waktu wukuf adalah satu hari, yakni pada 9-10 Dzulhijjah.

Wukuf artinya berhenti, Ini mengisyaratkan segala yang semula bergerak suatu saat akan berhenti. Semua yang hidup akan mati.

Seluruh Jemaah yang sakit dan masih dirawat di KKHI maupun Rumah Sakit Arab Saudi akan disafariwukufkan menggunakan ambulan dan bus. 

Red: Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID,  MEKKAH  --  Pada tahun 2023 ini, Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Senin, 19 Juni 2023. Hal itu berdasarkan hasil sidang itsbat yang dilakukan pada Ahad (18/6/2023) waktu setempat.

Dengan demikian, para jamaah haji akan melaksanakan wukuf di Arafah pada hari Selasa, (27/6/2023).

 

 
Berita Terpopuler