Ada Kilatan Hijau Aneh Saat Matahari Terbit dan Terbenam, Apa Itu?

Setengah abad mencari kilatan hijau, Joe Rao hanya melihatnya dua kali.

.
Rep: Ilham Tirta Red: Partner

Kilatan hijau terlihat saat matahari terbenam di Siesta Key, Florida. Kredit: Bernard Friel/Education/Universal Images Group via Getty Images

ANTARIKSA -- Ada kasus yang sangat khusus ketika langit sangat jernih dan transparan. Sebuah kilatan hijau akan terlihat sekilas tepat saat bagian paling atas matahari terbit atau terbenam.

Mungkin Anda masih ingat pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam saat berseragam putih-biru. Saat sinar matahari yang tampak putih murni melewati prisma kaca, ia terbiaskan atau membelok. Panjang gelombang cahaya yang berbeda dibelokkan oleh jumlah yang berbeda. Dengan cara ini, sebuah prisma dapat menyebarkan berkas cahaya putih ke dalam spektrum pelangi.

Penyebaran warna bias bisa diamati pada teropong dan teleskop berkualitas rendah. Dalam instrumen murah seperti itu, optik cenderung tidak disejajarkan dengan benar sehingga terkadang Anda akan melihat bulan purnama (kasus bulan) muncul dengan semburat kuning-oranye di satu sisi dan semburat kebiruan di sisi yang berlawanan.

Namun, sekali lagi, ingatlah bahwa matahari, dan juga bulan yang memantulkan sinar matahari langsung kembali ke Bumi, sebenarnya terdiri dari 'tumpukan' gambar berwarna berbeda. Tentu saja, karena kita biasanya melihat tumpukan warna itu pada saat yang bersamaan, maka tampak kurang lebih putih.

Atmosfer bisa bertindak seperti lensa

Ketika matahari terletak di dekat ufuk timur atau barat, atmosfer bumi berperilaku serupa dengan optik berkualitas rendah, dengan memisahkan tumpukan gambar berwarna berbeda. Gambar hijau, dan terutama biru terdiri dari panjang gelombang pendek dan tersebar di udara. Citra merah dan jingga terdiri dari gelombang panjang yang lebih tajam sehingga menghasilkan warna merah dan jingga yang terlihat saat matahari terbit dan terbenam.

Tapi, ada kasus yang sangat khusus, ketika langit sangat jernih dan sangat transparan, bagian yang sangat kecil dari gambar hijau dapat dilihat sekilas saat bagian paling atas matahari terbit atau terbenam. Fenomena yang agak langka ini dikenal sebagai 'kilat hijau'.

Warna hijau dihasilkan oleh pembiasan cahaya oleh atmosfer, yang menyebabkan objek di dekat cakrawala tampak sedikit lebih tinggi dari sebenarnya. Pembiasan lebih kuat pada cahaya biru dan hijau daripada cahaya kuning dan merah, sehingga cahaya biru matahari lebih terangkat daripada cahaya merah. Efek prismatik yang lemah dari atmosfer ini menghasilkan pinggiran kebiruan atau kehijauan di tepi atas matahari, mirip dengan efek melihat bulan melalui instrumen optik yang tidak selaras.

Penampakan kontemporer

Hebatnya, referensi pertama ke kilatan hijau relatif baru, hanya dalam waktu sekitar 160 tahun terakhir. Hal ini tampaknya agak aneh, karena orang mungkin mengira para pengamat langit yang tekun di Cina kuno, Jepang, dan Babilonia akan memperhatikan fenomena tersebut.

Catatan ilmiah paling awal yang tak terbantahkan tentang kilatan hijau dibuat oleh 'W. Swan' pada tahun 1865. Saat itu, dia melihat kilatan "hijau zamrud yang mempesona" saat matahari terbit di atas gunung yang jauh. Menariknya, bagaimanapun, Swan tidak mempublikasikan pengamatannya sampai tahun 1883. Itu adalah tahun yang sama ketika orang-orang di seluruh dunia melaporkan pemandangan matahari hijau dan fenomena aneh lainnya yang terjadi setelah letusan besar gunung berapi Krakatau.

Beberapa orang percaya bahwa novel Jules Verne tahun 1882, Le Rayon vert (Sinar hijau) menarik perhatian umum pada fenomena matahari setelah Krakatau tersebut. Matematikawan, fisikawan, dan insinyur Inggris yang hebat, William Thomson (dikenal Lord Kelvin) merujuk pada Novel Verne ketika dia menulis tentang penampakan 'kilat biru' yang lebih langka pada tahun 1899. Kilat biru itu dia saksikan tepat saat matahari terbit di atas Mont Blanc, Swiss.

Pengakuan pemburu kilatan hijau

Kolumnis pengamat langit, Joe Rao membagikan pengalamannya saat memburu kilatan hujau di sepanjang hidupnya. Berikut uraian Rao:

Untuk menekankan betapa sulitnya kilatan hijau itu, saya akan menunjukkan bahwa saya telah menjadi pengamat langit yang rajin selama lebih dari setengah abad dan telah mencari kilatan hijau pada banyak kesempatan berbeda. Tetapi secara definitif, saya hanya melihatnya dua kali.

Kejadian pertama pada pagi hari tanggal 14 Mei 1977 dan diberitakan dalam majalah Sky & Telescope edisi Agustus 1977 halaman 150-151. Saya dan tiga teman pengamat bintang lainnya berkendara sekitar 30 mil (50 km) ke timur Manhattan, Caumsett State Park, suaka burung Long Island, untuk melihat bukan hanya satu, tapi dua planet (Venus dan Mars) yang melayang dalam jarak 2 derajat dari bulan sabit yang memudar. Tepat sebelum matahari terbit, terlihat jelas bahwa langit sangat transparan dan kami semua memiliki perasaan yang baik saat itu, bahwa kami memiliki peluang bagus untuk melihat kilatan cahaya. Saya kebetulan melihat melalui teleskop Celestron 8 tepat pada saat ajaib, ketika tepi atas matahari tiba-tiba muncul secara dramatis di atas garis pantai Connecticut terdekat sebagai warna hijau zamrud yang indah yang bertahan hampir dua detik.

Kesempatan lain datang bertahun-tahun kemudian, pada Juni 2019 di atas kapal pesiar yang berlayar ke Bermuda. Saat istri saya, Renate, dan saya melihat matahari turun ke arah cakrawala, saya memperhatikan bahwa kejernihan langit tampak cukup baik meskipun itu tidak cukup jelas untuk memperlihatkan kilatan hijau. Perlahan-lahan, piringan matahari tenggelam di bawah cakrawala dan tepat ketika bagian paling atas matahari akan menghilang, yang sangat mengejutkan kami, kami disuguhi titik cahaya kehijauan yang sangat singkat dan cemerlang di cakrawala.

Cara melihat kilatan hijau

Begitulah ketidakteraturan melihat kilatan hijau: bisa melihatnya tampaknya merupakan pengecualian, bukan aturannya. Kadang-kadang dapat muncul pada kondisi yang kurang menguntungkan, sementara di lain waktu, kondisi bisa tampak menguntungkan, namun itu tidak muncul.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan dengan harapan dapat melihat kilatan hijau:

- Kondisi umum yang diperlukan adalah cakrawala yang jauh, terdefinisi dengan tajam, dan rendah (sebaiknya laut).

- Untuk kemungkinan penampakan matahari terbenam, hindari melihat matahari sampai saat terakhir. Ada potensi kerusakan mata; terlebih lagi, gambar matahari yang merah terang bisa meninggalkan bayangan hijau di mata yang mungkin disalahartikan sebagai kilatan hijau.

- Cuaca sejuk dan tidak adanya kabut dan warna merah, tampaknya mendukung visibilitas.

- Titik di sepanjang cakrawala tempat matahari akan terbit, beberapa menit sebelumnya mungkin dibatasi oleh cahaya putih atau kekuningan yang cerah. Beberapa orang menyebut ini sebagai 'efek api unggun', dan kadang-kadang tampaknya menjadi pertanda baik untuk melihat kilatan hijau. Sebelum menangkap kilatan pada tahun 1977, saya melihat 'efek api unggun' bersinar di sepanjang cakrawala yang jauh. Itu adalah awal dari pandangan pertama saya tentang kilat hijau yang langka.

 
Berita Terpopuler