Mana Lebih Kaya? Bos Baru MU Sheikh Jassim atau Pemilik City Sheikh Mansour

Jassim masih berusia 41 tahun dengan kekayaan melimpah.

Tangkapan layar CNBC
Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani
Rep: Frederikus Bata Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani menjadi topik utama di mana-mana. Bankir asal Qatar itu hampir pasti menjadi pemilik Manchester United.

Baca Juga

Pengumuman resmi belum terdengar. Sheikh Jassim mengajukan penawaran yang sulit ditolak keluarga Glazers. Tokoh kelahiran 1982 itu mengeluarkan enam miliar pounds (Rp 112 triliun) untuk bisnis ini.

Apa yang terdengar bisa menjadi kabar baik untuk penggemar United. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana calon pemilik baru klubnya, dibandingkan dengan orang yang sudah mengubah Manchester City. Bagaimana perincian kekayaan mereka.

Sheikh Jassim merupakan anggota keluarga kerajaan Qatar. Menurut laporan the Sun, dikutip dari hitc, secara kolektif total kekayaan mereka sekitar 275 miliar pounds (Rp 5.140 triliun). 

Kekayaan Sheikh Jassim berada di kisaran 1,1 miliar pounds (Rp 18,7 triliun). Itu berdasarkan catatan Forbes. 

Bagaimana kekayaan Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan di Man City? ...

 

 

Kekayaan pribadi Sheikh Mansour senilai 17 miliar pounds (Rp 317,7 triliun). Terlepas dari perbedaan ini, MU diprediksi akan bergerilya di bursa transfer, seperti saat sang rival membangun kekayaan. Proposal Sheikh Jassim melibatkan penghapusan hutang.

Sheikh Jassim sangat mengenal Inggris. Ia bersekolah di Dorset. Kemudian ia belajar di Akademi Militer Kerajaan Inggris. Lulus dari akademi tersebut, ia memilih terjun ke dunia bisnis.

Ayahnya yang benama Hamad Bin Jassim bin Jaber Al Thani (HJB) menjabat sebagai perdana Menteri Qatar di masa lalu. Tepatnya pada 2007 dan 2013. HJB ikut andil dalam membeli Raksasa Prancis, Paris Saint Germain.

 

Pemilik Manchester City, Sheikh Mansour. - (EPA)

 

Sheikh Jassim dikenal sebagai salah satu pendukung United. Ia sampai mendirikan yayasan dengan nama Nine Two Foundation. Itu merujuk pada salah satu generasi emas akademi MU, 'The Class of '92'.

"Dia berjanji untuk mengembalikan klub ke kejayaannya, mengakhiri penantian 10 tahun tanpa gelar Liga Primer, dan menghapus hutang di era keluarga Glazers," demikian laporan yang dikutip dari Mirror, Selasa (13/6/2023).

Media Qatar, Al Watan sudah memberitakan keberhasilan Sheikh Jassim mengambil-alih saham Man United. Media Inggris juga demikian.

 
Berita Terpopuler