Ini Analisis Pengamat Hukum Soal Kaesang Mampu Tandingi 'Keperkasaan' PKS di Depok

Pengamat hukum sebut Kaesang berpotensi untuk menandingi keperkasaan PKS di Depok.

Republika/berbagai sumber
Kaesang maju Pilkada Depok. Pengamat hukum sebut Kaesang berpotensi untuk menandingi keperkasaan PKS di Depok.
Rep: Alkhaledi Kurnialam Red: Bilal Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pengamat politik, Hendri Satrio mengatakan, Kaesang Pangarep adalah sosok yang bisa memenangkan Pilkada Kota Depok 2024. Bahkan, ia menyebut, hanya Kaesang yang sebenarnya bisa mengalahkan dominasi PKS di Depok yang berlangsung hampir dua dekade.

Baca Juga

"Jadi hanya Kaesang yang bisa mengalahkan PKS," jelas Pengamat politik dari Universitas Paramadina tersebut kepada Republika.co.id, Selasa (13/6/2023).

Kemungkinan Kaesang menang di Kota Depok disebutnya akan semakin besar jika capres yang menang pada Pilpres 2024 adalah pilihan Jokowi. "Kalau presiden yang menang pilihan bapaknya, Kaesang sangat mungkin menang seperti mas Gibran di Solo kan," katanya.

Meski begitu, ia masih ragu kalau Kaesang akan benar-benar maju di jadi calon wali kota Depok pada Pilkada 2024. Ia masih memperkirakan Kaesang akan maju di Pilkada Sleman.

"Karena Kaesang kan justru putra daerahnya itu di Sleman dan di Solo. Sleman kan kampung istrinya. Kalau di Depok itu, dia itu mau ngetes PKS kali ya, kan PKS menang terus tuh di sana (Depok)," ujarnya.

Kaesang aji mumpung ...

 

Dia juga mengatakan, majunya Kaesang Pangarep sebagai calon Wali Kota Depok merupakan tindakan aji mumpung atau memanfaatkan kesempatan karena ayahnya masih menjabat sebagai Presiden. Tindakan ini juga yang disebutnya dilakukan keluarga Jokowi selama ini.

"Mas Kaesang kan hanya memanfaatkan aji mumpung bapaknya sedang jadi presiden dan kemudian mengendarai alasan demokrasi. Jadi ya tergantung nanti warga Depok itu," jelas Hendri.

Sebelumnya Baliho atau papan billboard Kaesang jadi wali kota Depok terpampang di titik-titik ruas jalan kota Depok. Namun foto di baliho tersebut masih terlihat kelakar semata karena Kaesang sambil memegang bunga mawar.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu lalu mendeklarasikan diri untuk maju ke Pilkada Depok pada 2024 mendatang. Deklarasi ini disampaikan secara resmi di akun Twitter Sang Menang @kaesang_id, akhir pekan lalu.

Setelah pengakuan Kaesang, terpasang baliho Kaesang yang kali ini terlihat resmi di sejumlah titik jalan kota Depok. Pantauan Republika.co.id pada Senin (12/6/2023), baliho baru Kaesang terpampang di Kecamatan Sukmajaya, Depok.

 

 
Berita Terpopuler