Di Madinah Jamaah Haji Melaksanakan Sholat Arbain, Apa Itu Sholat Arbain?

Jamaah haji akan tinggal selama delapan hingga sembilan hari di Madinah.

.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Suasana sholat Jumat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Jumat (26/5/2023). Tampak calon jamaah haji Indonesia di antara jamaah negara lain. Di Madinah Jamaah Haji Melaksanakan Sholat Arbain, Apa Itu Sholat Arbain? Foto: Republika/Agung Sasongko

MAGENTA -- Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga Ahad (28/5/2023) pukul 08.30 WAS, jamaah yang sudah terbang ke Tanah Suci Madinah, Arab Saudi berjumlah 27.952 orang atau 73 kelompok terbang (kloter).

Pada pemberangkatan gelombang pertama ini, calon jamaah haji berada di Madinah setelah menunaikan umroh. Jamaah haji akan tinggal selama delapan hingga sembilan hari di Madinah.

Selama di Madinah, aktivitas jamaah haji adalah melaksanakan sholat arbain, berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan sahabat, dan berziarah ke lokasi lain. Setelah itu, jamaah haji akan bergeser ke Makkah menunggu puncak haji atau wukuf di Arafah.

BACA JUGA: Khasiat Daun Salam Bisa untuk Obat Diabetes, Asam Urat, dan Radang Lambung

Lantas, apa itu sholat arbain?

Dalam buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah Bagi Lansia terbitan Kementerian Agama, 2023, sholat arbain adalah sholat berjamaah di Masjid Nabawi bersama imam rawatib sebanyak 40 waktu. Sholat arbain dilaksanakan secara berturut turut tanpa ketinggalan satu pun.

Sholat ini dilakukan selama delapan hari dengan tujuan mendapat fadilah (keutamaan) Sholat arbain merupakan anjuran dan hukumnya sunnah.

Jadi bagi jamaah haji lansia agar memperhatikan kondisi dan menjaga kesehatan sebaik mungkin dengan tidak memaksakan sholat arbain yang dapat menjadi bahaya atau mudharat lebih besar.

BACA JUGA: Cara Mengobati Sihir Cinta Guna-Guna Istri pada Suami, Baca Ayat Alquran Ini

Orang sakit yang merasa berat untuk melaksanakan sholat berjamaah dan sholat Jumat atau ia khawatir akan menambah dan atau memperlambat kesembuhannya jika sholat di masjid, maka dibolehkan tidak sholat berjamaah. Pendapat ini didasarkan dari hadits yang menceritakan keadaan Nabi Muhammad SAW ketika sakit tidak hadir di masjid, padahal rumah Muhammad SAW berada di samping masjid.

Pada saat itu Nabi Muhammad SAW bersabda, "Perintahkan Abu Bakar r.a. agar mengimami sholat."

BACA JUGA:

Haji 2023: Doa Masuk Kota Madinah

Haji 2023: Doa Masuk Kota Makkah

Gegara Utang Nyawa di Makkah, Snouck Hurgronje Jadi Sahabat Haji Hasan Mustapa

Hal-Hal yang Hendaknya Dilakukan Jamaah Haji Saat di Pesawat Terbang

Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

 
Berita Terpopuler