Tips Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

Berat badan yang ideal adalah standar kenyamanan dan kesehatan bagi kita.

retizen /Dewi Febrianti
.
Rep: Dewi Febrianti Red: Retizen

Diet bukan sekedar pantangan atau pantangan, tetapi lebih menekankan pada pendefinisian kebiasaan makan individu dalam hal jenis, jumlah bahan makanan yang diperbolehkan, dibatasi/dihindari dan dilarang, serta frekuensi dan waktu makan. Tidak sedikit dari kita menginginkan badan yang ideal, yaitu standar bb dan tb sesuai seperti tabel dibawah

sumber : instagram @resepdiet

Tidak hanya soal tb dan bb yang sesuai diatas bisa dikatakan ideal. Kadang postur tubuh besar belum tentu punya bb yang berat juga, perlu diketahui sebenarnya keinginan itu adalah standar kenyamanan kita loh. Jadi menurunkan berat badan itu sah - sah saja asal kita diet dengan cara yang sehat, diet sehat itu bagaimana ? Simak yuk beberapa tips dibawah ini

1. Sarapan Pagi

Sarapan pagi adalah awalan sebelum aktifitas yang wajib kalian lakukan, tidak perlu mengurangi porsi makan ya teman. Karna tenaga kita setelah ini akan digunakan, berdasarkan hasil penelitian bahwa sarapan pagi bermanfaat untuk memberikan energi pada otak, sarapan dapat meningkatkan stamina kerja, konsentrasi belajar, kenyamanan kerja dan belajar, mencegah konstipasi, hiperglikemia, pusing, gangguan kognitif dan kegemukan.

2. Penuhi Zat Besi

Kurangnya zat besi pada tubuh, utamanya pada perempuan pasti akan menimbulkan efek. Diantaranya lemas, letih, lesu, kurang bersemangat dan berenergi. Maka perlu di imbangi dengan makan makanan yang mengandung zat besi, diantaranya sayuran hijau, kacang-kacangan, tahu, daging merah, buah jeruk, beras merah, kismis, sereal dan lain sebagainya.

3. Kurangi makan berlemak

Bagaimanapun pola makan diet tetap diatur, makanan yang sehat dengan mengurangi makanan yang berlemak. Makanan yang mengandung lemak jahat yang harus dihindari antara lain, mentega, kulit ayam, es krim, kentang goreng, daging merah, gorengan. Namun ada beberapa makanan berlemak yang baik bagi orang yang sedang diet, berikut diantaranya, yogurt, tahu, ikan, dark coklat, telur, susu kedelai, alpukat, dll.

4. Ganti Makan Malam Dengan Buah

Makan di malam hari tak hanya menambah berat badan, namun juga berdampak pada hal lain yaitu meningkatkan resiko peradangan bagi tubuh, menyebabkan asam lambung, dan meningkatkan resiko naiknya kadar gula. Maka dari itu kalian yang ingin diet secara sehat tetap harus perhatikan waktu makan dan pilihan makanannya. Buah diantaranya yaitu apel, pisang, melon, semangka, apel, kiwi, jeruk merupakan buah rendah kalori, selanjutnya buah berry seperti stroberi juga baik dan aman dikonsumsi saat malam hari.

5. Olahraga Ringan

Olahraga dilakukan setidaknya 1 minggu sekali, karna disamping untuk penurunan kalori olahraga juga berdampak sehat bagi tubuh. Beberapa diantaranya anda bisa bersepeda, joging santai, yoga, berenang, yang ideal waktunya dilakukan selama minimal 15 menit.

6. Konsumsi Air Putih Yang Banyak

Air putih punya sejuta manfaat untuk tubuh, mengingat air putih sendiri sama sekali tidak mengandung kalori. Jadi minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari itu wajib ya gengs, diantaranya bisa menghindari adanya penumpukan lemak, meningkatkan daya ingat otak, menjaga tekanan darah, menyehatkan tulang, mencegah penyakit jantung, dan mencegah terjadinya dehidrasi.

7. Jangan Konsumsi Obat Diet Meskipun Herbal

Dalam ulasan ini tidak mendisclimer produk obat diet apapun itu, namun alangkah baiknya menggunakan cara yang sehat seperti yang sudah dipaparkan diatas. Penggunakan obat diet dalam jangka panjang tentu dampaknya akan berbahaya, hanya demi mengidamkan badan ideal secara instan jangan sampai anda salah langkah. Obat diet sendiri bekerja dengan cara menekan nafsu makan dan membuat seseorang lebih cepat kenyang dan berdampak menurunkan berat badan.

And so tidak perlu berfikir panjang lagi untuk mewujudkan badan yang ideal dan nyaman untuk dirimu sendiri, karna beberapa tips diatas adalah cara yang efektif untuk kamu yang sedang diet namun badan akan tetap fit, bugar, berenergi dan tentunya sehat.

 
Berita Terpopuler