5 Program Studi Pilihan untuk Bersaing pada Era Revolusi Industri 4.0

Beberapa program studi pilihan untuk bertahan pada era revolusi industri 4.0

retizen /Sabrina Indy
.
Rep: Sabrina Indy Red: Retizen

sumber: https://pin.it/45Rsfcx

Apa itu revolusi industri 4.0? Revolusi industri 4.0 atau Intelligent production incorporated with IoT, cloud technology and big data adalah era industri yang mengarah pada otomatisasi. Revolusi industri 4.0 ditandai dengan adanya konektivitas manusia, data, dan mesin dalam bentuk virtual. Peran manusia berubah dari operator menjadi seorang ahli kompetensi yang tinggi. Pada era ini generasi muda dihadapkan dengan teknologi yang awalnya terkesan membantu, namun sekarang teknologi tersebut bisa menggeser tenaga manusia. Pekerjaan yang dahulunya hanya memakai tenaga manusia, sekarang sudah bisa diganti oleh teknologi berupa robot dan lainnya.

Generasi muda harus cerdas dan cermat dalam bersaing di era revolusi industri 4.0 ini. Mereka harus berusaha mengembangkan softskill dan hardskill mereka. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah memilih program studi yang sesuai dengan passion. Memilih program studi yang bisa membekali kalian untuk bersaing pada era revolusi industri 4.0 ini. Saat ini sudah banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi yang bercermin pada era industri ini. Salah satunya adalah Universitas Airlangga. Universitas Airlangga memberikan terobosan dengan mendirikan fakultas baru yang di dalamnya berisi 5 program studi yang bisa mebawa kita untuk layak bersaing pada era revolusi industri 4.0 ini. 5 Program studi tersebut, yaitu:

1. Teknologi Sains Data

Teknologi sains data atau “data science technology” adalah penggunaan teknologi dan metode ilmiah untuk menganalisi, memahami, dan mengolah wawasan dari data yang besar dan kompleks. Teknologi sains data mempelajari beberapa disiplin ilmu seperti statistika, ilmu computer, dan ilmu bisnis. Lulusan program studi ini bisa bekerja menjadi data scientist, data engineer dan data analyst. Sains data bisa diterapkan pada banyak aspek.

2. Teknik elektro

Program studi ini memiliki 5 disiplin ilmu utama, yaitu : Teknik ketenagalistrikan, Teknik telekomunikasi, elektronika, Teknik kendali/control/pengaturan, dan Teknik komputer. Teknik elektro sekarang berfokus pada system tenaga bergerak pada energi terbarukan, control system bergerak ke desain control berbasis AI, telekomunikasi yang berfokus pada penguatan sinyal 4G 5G, desain peralatan semi konduktor, dan peningkatan kemampuan komputer.

3. Rekayasa nanoteknologi

program studi rekayasa nanoteknologi adalah program studi yang berfokus pada penerapan ilmu nanoteknologi dalam bidang rekayasa. Nanoteknologi adalah ilmu yang berhubungan dengan manipulasi dan pengendalian bahan serta perangkat dalam skala nanometer. Bidang ini melibatkan studi dan pengembangan material, struktur, dan perangkat yang memiliki sifat dan kinerja unik di tingkat nano. Lulusan program studi ini memiliki peluang untuk bekerja pada industri manufaktur, elektronika, Kesehatan, energi, dan penelitian dan pengembangan.

4. Teknik industri

Program studi ini berfokus pada Pendidikan dan penelitian dalam bidang Teknik industri. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk merancang, mengelola, dan meningkatkan system produksi dan operasi dalam berbagai industri.

5. Teknik robotika dan kecerdasan buatan

Program studi ini mengacu pada Artificial Intelligent (AI). AI adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dalam mesin dan deprogram agar bisa berpikir seperti halnya manusia. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk merancang, memprogram, dan mengembangkan system robotic yang bisa berinteraksi dengan lingkungan manusia.

Itulah 5 program studi dari Universitas Airlangga yang bisa menjadi pilihan untuk generasi muda. Dengan adanya program studi tersebut diharapkan generasi muda mampu bersaing di era revolusi industri 4.0

 
Berita Terpopuler