UTBK 2023, Ini Tiga Pilihan Doa Agar Diberi Cahaya Ilmu dan Menjadi Manfaat

Selain mempersiapkan diri dengan belajar, peserta UTBK 2023 bisa membaca doa ini.

ANTARA/Adeng Bustomi
Ilustrasi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023. Ini Tiga Pilihan Doa Agar Diberi Cahaya Ilmu dan Menjadi Manfaat
Rep: Andrian Saputra Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) untuk masuk ke perguruan tinggi negeri dimulai hari ini, Senin (8/5/2023), hingga 14 Mei 2023.

Selain mempersiapkan diri dengan tekun belajar, bagi Muslim juga dianjurkan mengamalkan doa agar diberi ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan dalam mengerjakan ujian.

Orang-orang yang hatinya bersih dan menjauhi perbuatan maksiat akan lebih mudah menerima ilmu. Sebab sebagaimana dikatakan para ulama bahwa ilmu itu cahaya dan Allah tak akan memberikan cahaya pada orang-orang yang ahli maksiat.

Selain menjauhi kemaksiatan, untuk memperoleh ilmu dibutuhkan kesungguhan dan kesabaran. Sebab menuntut ilmu memerlukan waktu yang panjang dan menghabiskan harta.

Dan yang juga penting bagi penuntut ilmu adalah senantiasa berdoa kepada Allah agar diberikan cahaya ilmu, dimudahkan dalam memperolehnya, dan ketika ilmu telah diperoleh, ilmu tersebut menjadi ilmu yang bermanfaat. Berikut ini tiga pilihan doa yang bisa diamalkan peserta UTBK 2023 agar memperoleh cahaya ilmu dan ilmu yang manfaat.

Doa Agar Diberikan Cahaya Kepahaman

اللَّهُمَّ أَخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَأَكْرِمْنَا بِنُورِ الْفَهْمِ وَفَتَحَ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَ وَسَهَّلَ لَنَا أَبْوَابَ فَضْلِكَ

Baca Juga

Allahumma akhrijna min dzulumatil qaumi wa akrimna binuril Fahmi waftah 'alaina bima'rifatika wa Sahala lna abuwa fadlik

"Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan dan muliakan kami dengan cahaya kepahaman, bukanlah kami ilmu pengetahuan, dan mudahkanlah kami pintu-pintu anugerah-Mu."

Selanjutnya, doa diberi ilmu dan masuk golongan orang saleh...

Doa Diberi Ilmu dan Masuk Golongan Orang Saleh

رَبِّ هَبْ لِيْ حُكْمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ

Robbi habliy hukmawa alhikqniy bishoolihiyna.

"Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku ilmu dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh."

Doa ini terdapat pada Alquran surah asy-Syu'ara ayat 83. Doa ini pernah dibaca oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam agar dianugerahi hikmah.

Hikmah berarti ilmu pengetahuan yang diamalkan dengan baik. Dalam hubungannya dengan kepribadian orang yang saleh, hikmah diartikan sebagai petunjuk Tuhan dalam beramal, dengan taufik Allah ia terlepas dari segala perbuatan dosa besar maupun dosa kecil.

Sementara, ahli tafsir yang lain ada yang mengartikan hikmah dengan perlakuan yang adil terhadap sesama manusia dalam memutuskan suatu perkara. Dalam kaitannya dengan doa Ibrahim ini, hikmah ditafsirkan sebagai pengetahuan tentang sifat-sifat ketuhanan dan ilmu pengetahuan tentang kebenaran yang akan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Nabi Ibrahim juga berdoa agar dimasukkan ke dalam lingkungan orang-orang yang baik-baik dan pada golongan yang senantiasa bertawakal kepada Allah SWT.

Selanjutnya, doa agar ilmu menjadi manfaat...

Doa Agar Ilmu Menjadi Manfaat

Doa ini dianjurkan untuk dibaca setelah sholat terutama seusai menunaikan sholat Subuh. Berikut doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma Inniy as aluka 'ilman naafi'an wa rizqon thoyyiban wa 'amalam mutaqobbalan

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima)."

Doa ini terdapat dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan melalui jalur Ummu Salamah atau Hind binti Abi Umayyah binti Al Mughirah.

Atau bisa juga membaca:

 اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

Allahumman faniy bimaa alamtaniy wa alimniy maa yanfauniy wa zidniy ilman alhamdulilahillahi alaa kulli haalin wa audzu billahi min haali ahlin naari

"Ya Allah, berilah manfaat terhadap apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Ajarkan kepadaku sesuatu yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji hanya milik Allah pada setiap kondisi (bahagia ataupun susah) dan aku berlindung kepada Allah dari perbuatan penduduk neraka."

Doa ini dapat ditemukan dalam kitab hadits Sunan Tirmidzi nomor 3523.

 
Berita Terpopuler