Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Kehidupan

Kesehatan mental merupakan kondisi di mana individu memiliki kesejahteraan yang tampak dari dirinya.

retizen /Fadila Zilvania
.
Rep: Fadila Zilvania Red: Retizen

Di dalam sebuah kehidupan, seseorang tidak hanya membutuhkan kesehatan jasmaniah saja untuk memenuhi kebutuhan fisiknya seperti makan, minum, dan olahraga. Tetapi juga yang tak kalah penting adalah kesehatan mental yang berguna untuk memenuhi kebutuhan kebahagiaan dan ketenangan dalam kehidupan seseorang.

Kesehatan mental adalah terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi jiwa, serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problem-problem yang biasa terjadi, dan merasakan secara positif kebahagiaan dan kemajuan dirinya. Apabila seseorang mampu mewujudkan keharmonisan antara fungsi jiwanya seperti berpikir, merasa, dan lain-lain, serta mereka senantiasa berpikir secara positif dan mampu menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi dalam hidupnya.

Menurut WHO, menyebutkan bahwa terdapat beberapa kriteria orang yang sehat secara jiwa dan mental, antara lain;

1) mampu menyesuaikan diri dengan baik pada kenyataan

2) adanya kepuasan dalam diri, baik kepuasan atas usaha atau memberi sesuatu

3) adanya hubungan antar manusia, seperti sikap saling tolong-menolong

4) introspeksi diri

5) menyelesaikan permusuhan secara kreatif dan konstruktif

6) mempunyai rasa kasih sayang.

Dari kriteria yang disebutkan oleh WHO tersebut wajiblah dimiliki oleh setiap individu, karena berhubungan dengan kondisi mental mereka. Jika kriteria tersebut dapat dimiliki oleh setiap individu, maka dapat meminimalisir terjadinya kondisi mental yang tidak sehat pada individu.

Lalu bagaimana jikalau seseorang mengalami suatu hal yang membuat mentalnya terganggu? Apakah ada hal berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang?. Terdapat empat hal yang berpengaruh besar terhadap kesehatan mental seseorang, yaitu perasaan, pikiran/kecerdasan, kelakuan, dan kesehatan badan. Secara tidak langsung keempat hal tersebut sangat berpengaruh pada kondisi mental seseorang.

Contohnya, seseorang yang menderita penyakit jantung bertahun-tahun dan tak kunjung sembuh walaupun telah berobat ke berbagai dokter maupun pengobatan tradisional telah dicobanya, tetapi tetap saja penyakitnya tak kunjung sembuh, sehingga membuatnya stress berkepanjangan dan ia merasa bahwa kehidupan yang diberi oleh Tuhan tak adil baginya. Dari contoh tersebut, kita bisa menggambarkan bahwa kondisi kesehatan jasmaniah secara tidak langsung juga mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Dan tentu jikalau seseorang tak mampu menjaga dirinya dari hal buruk yang dapat berpengaruh pada kondisi mental mereka, maka dapat berdampak negatif bagi kehidupannya.

Oleh : Fadila Zilvania

Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Prodi DIII Kebidanan

 
Berita Terpopuler