Mentalitas, Faktor Kunci Manchester City Pertahankan Gelar Juara Liga Primer Inggris

Guardiola mengatakan, faktanya, City masih ada di belakang Arsenal.

undefined
Erling Haaland dan rekan-rekannya merayakan keberhasilan City mengalahkan Arsenal, Kamis (274/2023).
Rep: Anggoro Pramudya Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola membuktikan apabila mereka dapat memberikan hasil positif ketika tim bertekad untuk memenangkan suatu pertandingan. Itu dilakukan setelah the Citizens menang 4-1 atas Arsenal.

Baca Juga

Bermain di hadapan pendukung sendiri di Stadion Etihad, Kamis (27/4/2023) dini hari WIB. City menang lewat dua gol Kevin De Bruyne, Erling Haaland dan John Stones. Pun, gol semata wayang the Gunners dicetak Rob Holding.

"Kami tidak boleh kehilangan fokus. Sekarang semuanya ada di tangan kami," kata Guardiola menegaskan dilansir BBC Sports International purna laga.

Hasil ini jelas menguntukan skuad Guardiola, selain jadi kemenangan ke-12 berturut-turut kontra Arsenal. City berhasil memangkas perolehan angka menjadi 73 poin tertinggal dua angka dari the Gunners di posisi pertama.

Sementara itu entrenador berusia 52 tahun itu mengaku pertandingan City berikutnya akan sangat menentukan apakah mereka bisa melakukan apa yang diharapkan oleh banyak penggemar the Eastland.

"Kenyataannya kami masih di belakang Arsenal. Itu tidak akan mudah, tapi ini adalah pertandingan ke pertandingan dan kami melihat apa yang terjadi ketika itu ada ditangan kita, kita harus menggunakannya secara maksimal," sambung Guardiola.

City masih memiliki kesempatan untuk menyabet treble winners musim 2022/2023 mengingat Jack Grealish dan kawan-kawan masih bermain di tiga kompetisi berbeda Piala FA, Liga Primer Inggris dan Liga Champions.

Ia pun mengatakan pengalaman para pemainnya mengetahui apa yang diperlukan untuk menang di tahap akhir musim terbukti sangatlah penting.

"Kemenangan sangat penting untuk tetap berada pada persaingan. Mentalitas di mana Anda tidak punya pilihan selain menang adalah mentalitas terbaik untuk dimainkan," kata eks pelatih Barcelona itu. 

Di sisi lain gelandang serang Kevin De Bruyne mengatakan jalan City untuk mempertahankan gelar Liga Primer Inggris masih panjang, meskipun banyak orang menyebut mereka lebih dijagokan menjuarai trofi liga ketimbang the Gunners.

"Masih ada tujuh pertandingan tersisa dan kami masih di belakang Arsenal. Kami tahu apa yang dikatakan orang, tapi ini akan sulit."

City akan menjalani tiga partai Liga Inggris melawan Fulham, West Ham United dan Leeds United sebelum bertemu Real Madrid pada leg pertama semifinal Liga Champions pada 10 Mei mendatang.

 
Berita Terpopuler