Gelombang Panas Asia: Thailand Segera Bye Panas, Musim Hujan Diperkirakan Mei

Musim panas di Thailand mencapai puncaknya pada 15 April 2023.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Warga duduk berteduh dari sengatan panas di tengah suhu 45,4 derajat Celsius di Bangkok, Thailand, 21 April 2023. Gelombang Panas Asia: Thailand Segera Bye Panas, Musim Hujan Diperkirakan Mei. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa

MAGENTA -- Warga Thailand tampaknya bisa bernapas lega. Departemen Meteorologi memperkirakan gelombang panas yang melanda segera reda karena musim hujan diperkirakan datang pertengahan Mei.

Wakil Direktur Jenderal Departemen Meteorologi Thailand Thanasit Iam-ananchai mengatakan musim panas di Thailand mencapai puncaknya pada 15 April 2023. Saat itu suhu melonjak hingga 44,6 derajat Celsius di Tak, sebuah rekor tertinggi.

"Departemen meramalkan selama akhir pekan indeks panas harian atau suhu yang terlihat akan mencapai tingkat berbahaya pada 54 derajat Celsius atau lebih di distrik Bang Na di Bangkok, distrik Sattahip di Chon Buri, dan Phuket," katanya, dilansir di Bangkok Post, Senin (24/4/2023).

.

.

Ia mengatakan, indeks panas di Bang Na, Sattahip, dan Phuket biasanya lebih tinggi dibanding daerah lain di musim panas karena terletak di dekat laut dan memiliki tingkat kelembaban lebih tinggi. Bang Na, misalnya, hanya berjarak 20 kilometer dari bibir pantai dengan kelembaban tinggi yang tertiup angin.

BACA JUGA: Asia Dikepung Suhu Setengah Mendidih, Warga Bisa Masak Telur di Bawah Matahari

Ditambah dengan suhu udara yang tinggi, indeks panas di sana biasanya lebih tinggi dibanding daerah lain. Indeks panas adalah suhu yang dirasakan tubuh manusia ketika kelembaban relatif digabungkan dengan suhu udara.

Jika suhu udara lebih tinggi dari 40 derajat Celsius, indeks panasnya bisa 45 derajat Celsius atau lebih tinggi, tingkat yang dapat menyebabkan orang pingsan atau menderita sengatan panas.

Departemen memperkirakan pada 28-29 April, fenomena ini akan melanda Thailand bagian atas dengan prediksi cuaca panas hingga sangat panas serta selimut kabut siang hari. Angin selatan dan tenggara akan bergerak melintasi Timur Laut bagian bawah, wilayah tengah dan timur bagian bawah, dengan hujan petir yang terisolasi dan angin kencang di negara bagian atas.

Di Bangkok dan provinsi sekitarnya, cuaca panas disertai kabut asap pada siang hari diperkirakan akan terjadi hari ini. Suhu sangat panas terjadi di beberapa daerah karena suhu maksimum berkisar antara 34-40 derajat Celsius. Diperkirakan suhu tetap panas sepanjang pekan.

BACA JUGA:

Ekstrem! Suhu di Thailand Tembus 45 Derajat Celsius, Otoritas Keluarkan Peringatan

Gelombang Panas Asia: Ciputat Catat Rekor Terpanas di Indonesia, Ini Penjelasan BMKG

Cara Memakai Sunblock yang Benar

Niat Puasa Syawal 6 Hari, Hukum, dan Waktu Pelaksanaannya

Sejarah Halal Bihalal Idul Fitri di Indonesia, Lengkap dengan Doa Silaturahim

 
Berita Terpopuler