PBH Peradi Palembang Menyemai Pelajar Pancasila di SMAN 14 Lewat Lagu

Dalam lagu Pelajar Pancasila yang diproduksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut terpatri pesan nilai-nilai Pancasila.

network /MASPRIL ARIES
.
Rep: MASPRIL ARIES Red: Partner

Siswa SMAN 14 Palembang mengikuti penyuluhan hukum dan pemahaman nilai Pancasila oleh advokat PBH Peradi Palembang. (FOTO : Maspril Aries)

KAKI BUKIT, Palembang – Program “BPHN Mengasuh” yang dilaksanakan Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Palembang tidak hanya memberikan penyuluhan hukum tentang mencegah kenakalan dan kriminalitas anak tetapi juga anak memahami nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kamis (13/4) para advokat PBH Peradi Palembang, Aina Rumiyati Aziz, Eka Novianti, Megaria dan Fenny Saskia Hasan melakukan penyuluhan di SMAN 14 Palembang dengan menyemai benih nilai Pancasila kepada para siswa melalui ceramah, tanya jawab dan pemutaran video klip lagu.

Pada penyuluhan yang diikuti 92 siswa, PBH Peradi menyelingi ceramah dengan memutar lagu dan menyanyi bersama beberapa lagu yang dikenal pada siswa. Diantaranya diputar dan ditayangkan video lagu “Pelajar Pancasila” yang dilantunkan Kikan Namara dan Eka Gustiwana serta lagu “Manusia Kuat” dari Tulus.

Dalam lagu “Pelajar Pancasila” yang diproduksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut terpatri pesan nilai-nilai Pancasila dalam liriknya :

Bangun dan bukalah matamu

Saatnya meraih mimpimu

Arahkan pandangan ke depan

Tuhan kan menuntunmu

Sadarilah masa Berganti

Tantangan kan kita hadapi

Bergandeng tangan untuk negeri

Era kita menanti berseri

Kita pelajar Pancasila

Kita bernafas dalam sila-silanya

Kita pelajar Pancasila

Ayo kita jaga untuk Indonesia

Bersatu dalam perbedaan

Berpegang tangan dan berlari

Singkirkan egomu oh kawan

Demi negeri ini

Jadilah generasi emas

Cerdas berkarakter itu kita

Berjuang dan harus berani

Kita terus torehkan prestasi

Kita pelajar Pancasila

Kita bernafas dalam sila-silanya

Kita pelajar Pancasila

Ayo kita jaga untuk Indonesia

Kita pelajar Pancasila

Kita bernafas dalam sila-silanya

Kita pelajar Pancasila

Ayo kita jaga untuk Indonesia.

Menurut Aina, video klip lagu “Pelajar Pancasila” diproduksi oleh Pusat Penguatan karakter Kemendikbud. Dengan mengutip dari Situs Cerdas Berkarakter Kemendikbud, Aina menjelaskan, “Pelajar Pancasila dimaknai sebagai sumberdaya manusia yang unggul dan merupakan seseorang dengan sifat pelajar sepanjang hidupnya.”


Advokat dari PBH Peradi Palembang menjelaskan, pelajar Pancasila itu memiliki kompetensi global dan memiliki sikap perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Ada lima karakter dari Pelajar Pancasila yaitu: 1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; 2. Berbhinnekaan global; 3. Bergotong-royong; 4. Kreatif; 5. Bernalar kritis; dan 6. Mandiri.

Siswa yang bertanya dan bisa menjawab pertanyaan mendapatkan hadiah buku yang diterbitkan penulis Maspril Aries.

Walau lagu “Pelajar Pancasila” sudah dirilis sejak 2021 ternyata belum semua peserta kenal dan akrab dengan lagu ini. Namun setelah dua kali diperdengarkan, para pelajar mulai bisa menghafal liriknya dan menyanyikannya bersama-sama menjadi sebuah koor yang kompak.

Untuk menyemai nilai-nilai Pancasila kepada para pelajar SMAN 14 juga ditumbuhkan semangat hidup dengan menyanyikan bersama lagu penyanyi Tulus berjudul “Manusia Kuat.”

Kau bisa patahkan kakiku

Tapi tidak mimpi-mimpiku

Kau bisa lumpuhkan tanganku

Tapi tidak mimpi-mimpiku

Kau bisa merebut senyumku

Tapi sungguh tak akan lama

Kau bisa merobek hatiku

Tapi aku tahu obatnya

Manusia-manusia kuat itu kita

Jiwa-jiwa yang kuat itu kita

Manusia-manusia kuat itu kita

Jiwa-jiwa yang kuat itu kita

Kau bisa hitamkan putihku

Kau takkan gelapkan apapun

Kau bisa runtuhkan jalanku

Kan ku temukan jalan yang lain

Manusia-manusia kuat itu kita

Jiwa-jiwa yang kuat itu kita

Manusia-manusia kuat itu kita

Jiwa-jiwa yang kuat itu kita

Bila bukan kehendakNya huuu

Tidak satu pun culasmu akan bawa bahagia .

“Wah kalau lagu Tulus kalian langsung hafal,” ujar Aina. “Untuk lagu Pelajar Pancasila juga ada sekolah yang menjadikan lagu ini untuk latar gerakan senam. Hafalkan lagu ini dan jangan lupa terapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidan kalian sehari-hari,” pesan advokat yang juga Ketua PBH Peradi Palembang.

Pada penyuluhan hukum di sekolah beralamat di Jalan Pangeran Ayin yang berada persis pada perbatasan Kota Palembang dengan Kabupaten Banyuasin tersebut menurut Aina, PBH Peradi Palembang juga menanamkan semangat literasi kepada siswa dengan membagikan gift buku yang ditulis dan diterbitkan wartawan senior dan penulis Maspril Aries.

“Kami mengajak siswa untuk mengurangi porsi waktu bermain dengan gadget atau ponsel dengan meluangkan waktu masuk dan membaca buku di perpustakaan sekolah,” pesan Aina kepada para siswa peserta penyuluhan BPHN Mengasuh. (maspril aries)

 
Berita Terpopuler