Ramai Kasus Mbah Slamet, Maka Perlu Kenal Sama 12 Macam Dukun di Indonesia

Dukun sudah berkembang dari ratusan tahun lalu di Indonesia. Masyarakat masih menganggap keberadaan mereka dibutuhkan

.
Rep: Rahmat Fajar Red: Partner

ilustrasi dua bayi pijat ke dukun pijat (dok. republika)

NYANTRI--Masyarakat kembali dihebohkan dengan kabar penemuan 12 mayat korban dukun pengganda uang yang dilakukan oleh Mbah Slamet di Banjarnegara, Jawa Tengah. Korban-korban dari Mbah Slamet datang dari berbagai daerah.

Dukun memang sudah populer di Indonesia sejak ratusan tahun silam. Perkembangan pendidikan yag perlahan mulai meningkat dan teknologi yang berkembang membuat masyarakat semakian rasional. Kendati demikian, dua hal tersebut tak membuat dukun kehilangan perannya di masyarakat. Sebab, ada dukun yang memang dipandang tidak menyakiti sehingga keberadaannya dibutuhkan.

Baca Juga: https://nyantri.republika.co.id/posts/209613/humor-gus-dur-soeharto-tertawa-terpingkalpingkal-garagara-tarawih-diskon-60-persen

Nyantri mencoba menampilkan 12 macam dukun yang ada di Indonesia dilansir dari tulisan Arif A’abadiah “Mengenal Sejarah Dukun, Peran dan Kepercayaan Masyarakat Desa”. Namun luasnya geografis wilayah Indonesia dan bermacam-macam suku, adat, budaya dan agama mungkin saja ada lebih banyak lagi istilah dukun:

1. Dukun Beranak atau disebut juga dengan dukun bayi, berperan seperti bidan dalam membantu proses persalinan.

2. Dukun Pijet berkeahlian dalam pijat-memijat, membantu menyelesaikan masalah pada tubuh atau anggota tubuh yang sakit atau kurang berfungsi dengan baik, misalnya badan pegal-pegal atau kaki keseleo karena terjatuh/kecelakaan, dll.

3. Dukun Parewangan/Dukun Suwuk atau disebut juga dengan cenayang, dapat bertindak sebagai medium perantara agar dapat berhubungan dengan makhluk gaib/alam gaib, di samping keahlian utama dalam mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit fisik, mental, spiritual, dan juga yang berkaitan dengan aspek sosial.


4. Dukun Calak membantu proses khitan.

5. Dukun Wiwit membantu pada ritual pemungutan hasil panen dan spesialis upacara ritual.

6. Dukun Penganten membantu pada acara ritual dan upacara pernikahan.

7. Dukun Petungan, ahli dalam peramalan menggunakan angka dan metode numerik dalam perhitungan hari baik untuk melangsungkan pernikahan, memulai suatu bisnis, suatu hajat, dll.

8. Dukun Sihir/Dukun Tenung/Dukun Santet, ahli sihir

Baca Juga: https://nyantri.republika.co.id/posts/170890/mengenal-sejarah-dukun-peran-dan-kepercayaan-masyarakat-desa

9. Dukun Susuk memiliki keahlian dalam menggunakan jenis logam tertentu atau batu khusus untuk membantu klien mengumpulkan kekuasaan, kekuatan, atau kecantikan.

10.Dukun Jampi merupakan jenis dukun yang memanfaatkan tanaman herbal dan tanaman masyarakat asli lainnya untuk menyembuhkan orang.

11.Dukun Japa, berkeahlian dalam memberikan mantra-mantra atau jampi-jampi.

12.Dukun Siwer memiliki keahlian khusus dalam mencegah suatu keadaan alam yang pada waktu tertentu tidak dikehendaki, misalnya mencegah agar hujan tidak turun pada saat diadakannya suatu acara, dll.

Artikel Menarik Lainnya:

https://nyantri.republika.co.id/posts/209523/doa-buka-puasa

https://nyantri.republika.co.id/posts/209608/download-lagu-musik-mp3-dari-youtube-pakai-mp3-juice-gampang-dan-cepat

https://nyantri.republika.co.id/posts/209287/doa-qunut-15-akhir-ramadhan-arab-latin-dan-artinya

 
Berita Terpopuler