5 Makanan Sarapan Terbaik untuk Turunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko darurat medis yang parah.

Wikimedia
Oatmeal (ilustrasi). Oatmeal termasuk makanan sarapan yang bagus karena tinggi serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
Rep: Umi Nur Fadhilah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi bisa berbahaya karena meningkatkan risiko darurat medis yang parah, seperti strok dan serangan jantung. Kondisi ini menunjukkan Anda memiliki terlalu banyak zat berlemak yang disebut kolesterol dalam darah.

Seiring waktu, kolesterol dapat menumpuk menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. Penyebab utama kolesterol tinggi adalah pola makan.

Lebih khusus lagi, makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans harus dihindari karena menyebabkan kadar lipoprotein densitas rendah, juga dikenal sebagai kolesterol "jahat", meningkat. Jenis lemak ini bisa ditemukan di banyak makanan yang biasa kita konsumsi, seperti mentega, biskuit, keju, dan daging olahan.

Baca Juga

Beberapa jenis makanan sarapan juga harus dihindari karena alasan ini, contohnya sosis, kue kering, dan yoghurt penuh lemak. Kepala gizi untuk tim wanita Tottenham Hotspur, Richard Allison, merekomendasikan lima makanan sarapan yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah.

"Makanan yang kaya serat larut dan tinggi lemak tak jenuh ganda juga dapat membantu mengurangi kadar LDL Anda," kata Allison, dilansir Express, Rabu (5/4/2023).

Oatmeal

Allison mengatakan oatmeal adalah pilihan yang bagus karena tinggi serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dia menyarankan untuk menambahkan beberapa buah segar, kacang-kacangan, atau kayu manis untuk rasa.

Telur

Telur bisa menjadi bagian dari sarapan sehat bagi penderita kolesterol tinggi. Pastikan untuk membatasi asupan menjadi satu atau dua kali sehari, dan pertimbangkan untuk menggunakan putih telur daripada telur utuh.

Greek Yoghurt

Allison mengatakan Greek yoghurt tinggi protein dan lebih rendah lemak daripada yoghurt biasa. Pilih varian tanpa rasa atau rendah lemak, dan tambahkan buah segar dan madu untuk rasa manis.

Roti Gandum Utuh

Pilih roti gandum alih-alih roti putih karena lebih kaya serat dan membantu merasa kenyang lebih lama. Anda bisa membuat roti panggang dengan alpukat, mentega almond, atau keju krim rendah lemak.

Smoothie

Smoothies adalah cara yang bagus untuk mendapatkan berbagai nutrisi dalam satu kali makan. Gunakan bahan dasar susu atau yoghurt tanpa lemak dan tambahkan buah segar atau beku, bayam, dan biji chia untuk tambahan serat dan protein.

Anda tidak mungkin mengetahui dengan pasti apakah memiliki kadar kolesterol tinggi tanpa tes. Umumnya, kadar kolesterol total yang sehat dalam darah dianggap lima atau kurang milimol per liter (mmol/l).

Tingkat lipoprotein densitas tinggi (kolesterol baik) yang sehat adalah satu atau lebih mmol/l, dan Anda harus memiliki empat atau kurang mmol/l lipoprotein densitas rendah (kolesterol jahat).

 
Berita Terpopuler