Mengapa Venus Disebut sebagai Bintang Kejora?

Selain Bintang Pagi, Venus juga disebut Bintang Sore atau bintang senja.

network /Ilham Tirta
.
Rep: Ilham Tirta Red: Partner

Venus mencapai kecemerlangannya sebagai bintang malam atau bintang senja. Planet ini mencapai magnitudo yang sama dalam bidikan sebagai bintang kejora atau bintang pagi. Gambar: Alan Pewarna via astronomy.com

ANTARIKSA -- Salah satu julukan Venus adalah Bintang Kejora atau bintang pagi. Venus juga dikenal sebagai bintang senja atau bintang sore. Tentu saja, Venus sama sekali bukan bintang, melainkan sebuah planet. Venus adalah planet kedua di tata surya dengan Bumi di urutan ketiga. Jadi mengapa Venus disebut sebagai Bintang Kejora?

Orbit Venus berada di dalam orbit Bumi. Berbeda dengan planet luar, Venus selalu relatif dekat dengan Matahari di langit. Saat Venus berada di salah satu sisi Matahari, ia mengikuti Matahari di langit dan langsung terang setelah Matahari terbenam, saat langit cukup gelap. Saat berada pada titik paling terang, Venus akan terlihat beberapa menit setelah Matahari terbenam. Inilah saat Venus dipandang sebagai Bintang Sore atau bintang senja.

Saat Venus berada di sisi lain Matahari, ia memimpin Matahari bergerak melintasi langit. Dengan begitu, Venus akan terbit di pagi hari beberapa jam sebelum Matahari. Ini adalah Venus Bintang Fajar atau bintang kejora. Kemudian saat Matahari terbit, langit menjadi cerah dan cahaya Venus memudar di langit siang.

Duhulu, orang Yunani dan Mesir kuno berpikir bahwa Venus adalah dua objek yang berbeda, yaitu bintang pagi dan bintang malam. Orang Yunani menyebut bintang pagi sebagai Fosfor (pembawa cahaya) dan menyebut bintang malam sebagai Hesperos (bintang malam). Beberapa ratus tahun kemudian, orang Yunani Hellenistik menyadari bahwa Fosfor dan Hesperos adalah satu objek, yaitu Venus.

Ikuti informasi menarik terbaru lainnya di antariksa dengan klik Suscribe.

Venus juga dikenal dengan istilah bintang timur saat menjadi bintang kejora karena tampak di sebelah timur sebelum Matahari terbit. Kemudian menjadi bintang barat saat menjadi bintang senja karena terlihat di sebelah barat setelah Matahari terbenam. Sumber: universetoday/berbagai sumber

Baca juga: Semua Fakta tentang Planet Venus

 
Berita Terpopuler