Kejadian Lagi, Penumpang Pesawat Kesal Setelah Diminta Tukar Kursi oleh Ibu Muda

Ibu itu duduk di kursi tengah sebaris di belakang anaknya di penerbangan Jepang-AS.

EPA
Penumpang duduk di kursi dekat jendela pesawat. Seorang penumpang pesawat dari Jepang ke AS diminta merelakan kursinya di dekat jendela oleh seorang ibu yang duduk di kursi tengah satu baris di belakangnya. Ibu itu ingin duduk bersebelahan dengan anaknya.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pelancong meluapkan rasa frustrasinya terhadap seorang ibu yang meminta menukar kursi pesawat agar dia bisa duduk bersebelahan dengan buah hatinya. Dalam sebuah postingan Reddit yang kini viral, pelancong tersebut mengatakan bahwa dirinya tidak merasa perlu bertanggung jawab atas kesalahan sang ibu yang tidak memesan kursi bersebelahan dengan anak.

Pelancong yang tidak disebutkan identitasnya itu sedang dalam penerbangan transpasifik dari Jepang ke AS dan duduk di kursi dekat jendela (window), sementara balita itu duduk di kursi tengah (middle). Ibu balita tersebut berada di tepat di belakang mereka, juga duduk di kursi middle.

"Dia meminta saya untuk bertukar tempat duduk dengannya sehingga dia bisa mendapatkan kursi dekat jendela (di sebelah putrinya) dan saya akan mengambil kursi tengah satu baris di belakang. Sudah pasti jawabannya tidak," tulis pengguna tersebut, seperti dikutip dari New York Post, Ahad (2/4/2023).

Unggahan tersebut tak ayal menarik perhatian warganet. Komentarnya pun menjadi terbelah. Seorang warganet yang menggambarkan dirinya sebagai orang tua menyatakan keterkejutannya bahwa pelancong tersebut lebih memilih untuk duduk di sebelah balita daripada pindah.

"Tentu saja, saya geram melihat Anda tidak pindah. Seorang ibu hanya mencoba menjaga anaknya sendiri," kata warganet.

Pengguna Reddit yang lain mengkritisi pelancong yang tidak mau mengalah dan menukar kursi pesawat. "Mengapa Anda begitu bersemangat untuk duduk di sebelah anak perempuan balita orang asing?" tanya pengguna itu.

Baca Juga

Di sisi lain, ada juga warganet yang mendukung keputusan pelancong untuk tidak menukar kursi pesawatnya.

"Aturan praktis saya adalah: 1) Hanya akan mengganti aisle (kuris di lorong) dengan aisle. 2) Tidak akan pernah mengubah aisle atau window (kursi dekat jendela) untuk middle (kursi tengah). 3) Tidak akan pernah bertukar jika saya harus mengeluarkan uang ekstra untuk mendapatkan kursi saya," kata warganet.

"Saya juga akan menolaknya dengan tegas, kecuali jika itu untuk upgrade," ungkap warganet lainnya.

Perdebatan online ini hanyalah salah satu dari sekian banyak kontroversi selama perjalanan pesawat. Para pengguna TikTok dan Redditor sama-sama mengeluhkan kesengsaraan mereka di pesawat, yang memicu percakapan hangat mengenai etika dan etiket bertukar kursi.

Tahun lalu, seorang pengguna menjadi viral karena menanyakan apakah dia kurang ajar karena menolak memberikan kursi yang telah dia bayar ekstra ketika didekati oleh seorang ibu yang ingin duduk bersama balitanya. Seorang perempuan menjelaskan dalam sebuah video viral bahwa ia diminta oleh seorang ibu untuk berpindah dari kursi window ke aisle.

Setelah menolak, TikToker tersebut tertidur, namun dibangunkan oleh seorang anak yang memanjat tubuhnya. Sementara itu, sang ibu tidak melakukan apa pun untuk menghentikannya.

 
Berita Terpopuler