Bolehkah Umat Islam Berbohong demi Merayakan April Mop?

Umat Islam diminta tak ikut-ikutan merayakan April Mop.

network /Kurusetra
.
Rep: Kurusetra Red: Partner

Berbohong di hari April Mop.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Saban 1 April, dunia memperingati perayaan April Mop. Di hari itu orang diperbolehkan berbohong atau menipu. Lantas bagaimana Islam memandang berbohong demi merayakan April Mop?

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti saat diwawancarai Republika pada 1 April 2020 mengimbau umat Muslim supaya tak ikut-ikutan merayakan April Mop. Mu'ti mengatakan tradisi melegalkan kebohongan dalam April Mop, berimplikasi pada kemudharatan.

"April mop itu hanya tradisi yang tidak ada manfaatnya. Itu bagian dari budaya pop-global yang kadang-kadang justru menimbulkan masalah di masyarakat," kata Mu'ti.

.

BACA JUGA: Kisah Sadis di Balik April Mop, Dibantainya Umat Islam Spanyol (Andalusia)

Peringatan juga datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Kiai Cholil Nafis melarang umat Islam merayakan April Mop yang condong pada keburukan.

Berbohong tentunya melenceng dari ajaran Islam. "Kapan pun dan dalam kondisi bagaimana pun, tidak boleh berbuat bohong. Oleh karena itu, memperingati atau memberi kebebasan waktu untuk berbohong itu tidak baik," kata Kiai Cholil Nafis kepada Republika.co.id, Rabu (1/4/2020).

BACA JUGA: Xiaomi Luncurkan Redmi Note 12 Pro 5G, Diklaim Super Ngebut dan Kamera Tajam, Berapa Harganya?

Penolakan juga datang dari ulama luar negeri, seperti Mesir...


April Mop diperbolehkan berbohong.

MUSLIM DILARANG BERBOHONG

Seperti dinukil dari masrawy, Dar Al Ifta Mesir atau otoritas utama Mesir tentang fatwa agama Islam, memperingatkan kepada setiap Muslim untuk tidak berpartisipasi dalam hari April Mop. Lembaga tersebut menekankan berbohong dilarang oleh syariat Islam dan menjadi salah satu tanda munafik.

"Seorang Muslim bukanlah pembohong, meskipun itu adalah lelucon. Berbohong disepakati larangannya, dan tidak ada yang meragukan keburukannya."

BACA JUGA: Gus Baha: Sampai Kiamat Pun Palestina-Israel tak Bisa Berdamai

Fatwa tersebut menjelaskan bukti kesyariahan untuk itu pun cukup banyak. Di antaranya adalah apa yang Bukhari dan Muslim riwayatkan dalam kitab Shahih keduanya. Dalam hadits Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله تعالى عنه عن النبي صلى الله عليه وآله وسلم: قال مِن علاماتِ المُنافِق ثلاثةٌ: إذا حَدَّثَ كَذَبَ، وإذا وَعَدَ أَخلَفَ، وإذا اؤتُمِنَ خانَ

"Di antara tanda-tanda munafik ada tiga. Jika dia berbicara, berbohong. Jika dia berjanji, maka dia melanggar. Dan jika dia diberi amanah, dia berkhianat."

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Download GB WA (GB WhatsApp) 2023, Banyak Fitur Menarik Tapi Rentan Virus

Selain ulama kontemporer seperti Qardhawi, ulama salafi juga tak ketinggalan ikut mengecam umat Islam yang ikut-ikutan budaya April Mop tersebut. Seperti difatwakan Mufti Arab Saudi, Muhammad ibnu Shalih ibnu Utsaimin mengatakan, haram hukumnya berbohong walau hanya untuk tujuan kelakar.

"Saya ingin mengingatkan saudara saya umat Islam agar menghindarkan diri dari apa yang dilakukan sebahagian manusia yang tidak cerdik seperti April Fool. Pembohongan seperti ini yang diambil dari orang Yahudi, Nasrani, Majusi dan orang kuffar," jelas Utsaimin dalam laman resminya.

BACA JUGA: Download Video TikTok Gratis dan Mudah Pakai SssTikTok: Hasil Video Kualitas Tinggi, Bebas Watermark

Juga Fatwa Mufti Arab Saudi, Shalih bin Fauzan Al-Fauzan yang melarang keras umat Islam untuk mengikuti tradisi April Mop. "April Mop diimpor dari kebiasaan batil dan bukan termasuk amalan kaum Muslimin. Berbohong itu jelas tidak boleh, tidak di bulan April, tidak pula di bulan lain."

Dari aspek kemaslahatannya, berbohong walau dengan tujuan bercanda juga memiliki mudharat. Orang menjadi tidak percaya apakah itu berita yang benar atau hanya sebuah kebohongan. Seperti tsunami yang terjadi di Hawai pada 1 April 1946 silam.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Pendeta Tawari Kiai Daging Babi, Kiai Balas Tawari Pendeta Menikah, Sama-Sama Enak

Media massa setempat mengeluarkan peringatan akan adanya tsunami kepada warga setempat. Namun hal ini dianggap sebagai berita hoax di hari April Mop. Akhirnya, tsunami menghantam pulau tersebut.

"Allah mengharamkan dan melarang dusta, serta mengancam para pendusta, maka tidak boleh berdusta di semua waktu," tegas Utsaimin dalam laman resminya.

BACA JUGA: Download GB WA (GB WA) 2023, Ada Berjibun Fitur Kece, Ini Link dan Cara Instal di Smartphone

.

SIMPAN JADWAL IMSYAK DAN BUKA PUASA RAMADHAN 2023

.

BACA TULISAN MENARIK LAINNYA:

> Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Humor Gus Dur: Orang Jepang Sombong Mati Kutu di Depan Sopir Taksi

> Rektor ITK Singgung Manusia Gurun, Teringat Humor Gus Dur Tentang Unta Hewan Gurun yang Pendendam

> Kiai Tampar Anggota Banser: Kiai Gak Dijaga Malah Gereja yang Dijaga!

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

 
Berita Terpopuler