Lulus atau Tidak, Begini Tips Menghadapi Pengumuman SNBP 2023

Siapkan diri dengan apapun hasil SNBP 2023.

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner

Pengumuman SNBP 2023 dapat dibuka mulai Selasa 28 Maret 2023 mulai pukul 15.00 WIB. Ilustrasi. Foto : snpmb

Kampus—Pengumuman SNBP 2023 sudah di depan mata. Sobat Kampus peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 bisa melihat pengumuman di laman utama dan 38 laman mirror yang disediakan panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Pengumuman SNBP 2023 dapat dibuka mulai Selasa 28 Maret 2023 mulai pukul 15.00 WIB. Sobat Kampus tinggal membuka laman utama pengumuman SNBP 2023 https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id .

Baca juga : 39 Laman dan Cara Melihat Pengumuman SNBP 2023 Hari Ini Mulai Pukul 15.00 WIB

Sobat Kampus perlu menyiapkan diri apapun hasil SNBP 2023 nanti. Berikut tips bangaimana menghadapi pengumuman SNBP 2023.

Tips Menghadapi Pengumuman SNBP 2023

1. Sabar, Jangan Terburu-buru

Jangan terburu-buru melihat pengumuman SNBP 2023. Sabar saja, hasilnya tidak akan berubah apakah Sobat Kampus melihat lebih dulu atau belakangan.

Biasanya pada menit-menit awal laman pengumuman SNBP akan sangat padat. Ada kemungkinan server pengumuman SNBP mengalami kelambanan atau bahkan down. Ini karena para peserta secara serentak membuka laman pengumuman SBMPTN pada detik-detik pertama.

Agar lancar berilah jeda waktu untuk melihat pengumuman. Jika SNBP 2023 diumumkan pada pukul 15.00 WIB, lihat pengumuman beberapa menit setelah lewat waktu itu.

2. Manfaatkan Laman Mirror

Besar kemungkinan para peserta akan menyerbu laman utama pengumuman SNBP 2023 yakni https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id . Akibatnya sobat akan kesulitan untuk masuk, atau tidak bisa sama sekali. Untuk menghindari kesulitan itu gunakan 38 laman mirror yang disediakan. Coba laman yang cepat diakses dan tidak penuh.

3. Siap dengan Apapun Hasil SNBP 2023

Hanya ada dua kemungkinan hasil SNBP 2023. Kemungkinan pertama Sobat Kampus diterima di prodi dan PTN yang diinginkan, kemungkinan kedua sobat belum lulus di prodi dan PTN yang dipilih. Apapun hasilnya, yakinlah itu yang terbaik untuk sobat.

4. Gembira Seperlunya Jika Lulus

Mengungkapkan rasa bahagia tentu boleh saja jika Sobat Kampus lulus SNBP 2023. Tapi usahakan mengungkapkan kegembiran itu sewajarnya saja. Tidak perlu membuat status yang aneh-aneh yang menyinggung orang lain di media sosial.

Berusahalah sedikit empati dengan teman-teman yang tidak lulus SNBP 2023. Ingatkan sebagian besar peserta SNBP itu tak seberuntung sobat. Hanya 143.805 atau 21 persen saja dari 663.181 peserta SNBP 2023 yang lulus.

5. Cepat Move On Jika tidak Lulus

Sendainya tidak lulus SNBP 2023 bukan berarti dunia kiamat. Boleh bersedih tapi jangan lama-lama. Masih ada kesempatan lain masuk PTN melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur mandiri.

Cepatlah move on. Segera mendaftar ke SNBT atau jalur mandiri. Persiapkan diri. Belajar lebih keras untuk menghadapi SNBT dan jalur mandiri.

Baca juga : 12 Tips Memilih Jurusan di SNBT 2023, Agar tak Menyesal Kemudian

6. Langkap Berikutnya Apa ?

Jika lulus, Sobat Kampus mesti menyiapkan untuk daftar ulang dan memulai kuliah. Siapkan kebutuhan yang diperlukan saat kuliah nanti. Jika sobat berasal dari luar kota mulailah mencari informasi untuk kost.

Jika sobat tidak lulus, juga siapkan langkah apa yang akan dilakukan. Apakah akan ikut SNBT, jalur mandiri, atau mendaftar di swasta. Yang penting semua itu dilakukan dengan persiapan dan pertimbangan yang matang. Belajarlah dari pengalaman SNBP, lebih realistisnya dalam memilih prodi dan PTN.

6. Jangan Lupa Berterima Kasih

Jika lulus SNBP 2023, jangan lupa berterima kasih kepada orang-orang yang telah membantu Sobat Kampus. Sampaikan berita gembira dan ucapan terima kasih kepada orang tua, guru, kerabat, teman, dan orang-orang yang punya andil pada kesuksesan sobat.

7. Banyak Berdoa

Banyak berdoa dan bersyukur jika sobat lulus di SNBP 2023. Jangan lupa berdoa unntuk kelancaran sobat dalam menjalani studi nanti.

Jika belum lulus SNBP 2023 berdolah agar sobat mendapatkan hasil lebih baik pada kesempatan ujian berikutnya di jalur SNBT dan jalur mandiri. Jangan pernah patah semangat.

Itu adi tips yang bisa sobat lakukan menghadapi pengumuman SNBP 2023. Semoga tips ini bermanfaat untuk sobat semua.

Baca juga :

Pengumuman SNBP 2023 : Hanya 143.805 Siswa yang Diterima, Ini 20 Prodi Terketat

Klik pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan 38 Link Mirror untuk Pengumuman SNBP 2023

15 PTN Penyedia Prodi Terbanyak di SNBT 2023

Tips Lolos PTN Idaman Melalui UTBK-SNBT 2023

Siswa yang Akan Ikut Seleksi Masuk PTN Wajib Tahu, Ini Materi UTBK-SNBT 2023

Apa Itu Tes Potensi Skolastik yang Akan Diujikan di UTBK-SNBT 2023 ?

10 Contoh Soal Literasi dalam Bahasa Indonesia UTBK-SNBT 2023 dan Pembahasan Soalnya

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui komen di bawah ini atau melalui e-mail :kampus.republika@gmail.com

 
Berita Terpopuler