Will Smith Masih Boleh Mengukir Nama di Trofi Oscar, Tapi tidak Boleh Hadiri Acara

Will Smith dilarang menghadiri gelaran Oscar selama sembilan tahun.

AP Photo/Chris Pizzello
Wajah aktor Will Smith tampak basah oleh air mata saat menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Aktor Terbaik dalam gelaran Oscar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Ahad (27/3/2022). Smith meraih penghargaan itu atas perannya dalam film King Richard.
Rep: Meiliza Laveda Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah setahun sejak Will Smith menampar Chris Rock di acara tahunan Oscar 2022. Momen tersebut tidak pernah dilupakan bagi para tamu dan warganet.

Presiden Academy of Motion Picture Arts and Sciences Janet Yang mengatakan Smith mungkin dilarang dari pertunjukan atau acara Academy lain selama sembilan tahun. Namun, bintang King Richard itu masih bisa mengukir namanya pada trofi di piala Aktor Terbaiknya.

"Dia mendapatkan Oscar. Dia seharusnya mengukir namanya di atasnya. Saya tidak tahu apakah dia bisa datang lagi secara pribadi, tetapi kami bisa mengaturnya," kata Yang dalam podcast Awards Chatter, dikutip New York Post, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga

Pemenang Academy Award diberikan trofi Oscar kosong ketika mereka menerima penghargaan. Biasanya, para pemenang akan mengukir namanya dalam pesta Governors Ball yang berlangsung tepat setelah upacara. Namun, tahun lalu, Smith tidak menghadirinya.

Smith memamerkan trofi kosongnya dalam video TikTok bulan lalu sebagai tanggapan atas pengguna lain yang menanyakan kabar trofinya. Pada Ahad (12/3/2023) malam lalu, pembawa acara Oscar Jimmy Kimmel menjadikan momen Smith menampar Chris Rock sebagai punchline-nya.

"Jadi, kami memiliki kebijakan yang ketat. Jika ada orang di teater ini melakukan tindakan kekerasan selama pertunjukan, Anda akan dianugerahi Oscar untuk Aktor Terbaik dan diizinkan untuk memberikan pidato selama 19 menit," kata Kimmel sambil bercanda.

 
Berita Terpopuler