Bola Golf dan Indikator Medis jadi Inspirasi pengembangan Subaru Crosstrek

Pengembangan suatu kendaraan perlu memperhatikan sejumlah aspek vital.

network /Eric Iskandar
.
Rep: Eric Iskandar Red: Partner

JAKARTA--Pengembangan suatu kendaraan perlu memperhatikan sejumlah aspek vital. Hal itu pun diterapkan oleh Subaru dalam mengembangan produk The All-New Subaru Crosstrek yang diluncurkan dalam GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023.

Dalam pengembangan SUV itu, terdapat beberapa hal yang unik. Marketing Communications Manager Subaru Indonesia, Ismail Ashlan mengatakan, sejumlah keunikan itu terdapat dalam aspek aerodinamika dan kenyamanan kendaraan.

Untuk urusan aerodinamika, The All-New Subaru Crosstrek terinpirasi dari sebuah bola golf. "Bola golf merupakan bola yang mampu melesat dengan sangat cepat karena permukaan bola golf menerapkan desain hexagonal dimples," kata Ismail, Senin (13/3/2023).

Hexagonal dimples sendiri memang sengaja diterapkan dalam tiap bola golf karena hal tersebut terbukti bisa meningkatkan aerodinamika. Oleh karena itu, beberapa bagian pada body mobil Subaru juga menerapkan hal tersebut.

"Body molding pada The All-New Subaru Crosstrek menerapkan desain permukaan dengan tekstur hexagonal dimples. Hal ini pun membuat mobil ini bisa makin aerodinamis dan efisien," ujarnya.

Kemudian, keunikan selanjutnya terdapat dalam pengembangan yang berkaitan dengan kenyamanan. Menurutnya, untuk menghadirkan kendaraan yang nyaman, Subaru melakukan pengembangan yang memperhatikan sejumlah indikator medis.

"Pengembangan mobil ini memperhatikan kekedapan suara serta kenyamanan posisi berkendara. Karena Subaru memperhatikan tingkat kelelahan pada telinga, leher dan tulang belakang," ujarnya.

Dengan memperhatikan sejumlah indikator tersebut, maka mobil yang dipasarkan dengan harga Rp 549,5 juta ini hadir dengan kekedapan yang optimal dan bangku yang nyaman dan rigid sehingga rasa lelah atau fatigue yang dialami pengendara bisa ditekan.

Chief Operating Officer Subaru Indonesia, Arie Christopher mengatakan, dengan beragam keunikan itu ia pun meyakini The All-New Subaru Crosstrek bisa hadir sebagai SUV yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. "Terlebih produk ini juga dibekali dengan penggerak Symmetrical All-Wheel Drive, mesin BOXER, hingga sistem keselamatan Subaru EyeSight," kata Arie Christopher.

Tak hanya itu, mobil segala medan ini juga dilengkapi fitur Driver Monitoring System (DMS) dengan bantuan kamera yang berfungsi membaca data biometric wajah pengendara. Dengan fitur tersebut, DMS bisa berperan dalam menyesuaikan driver profiles (pengaturan jok dan sudut spion) serta fungsi warning jika pengemudi mengantuk atau tidak fokus.

 
Berita Terpopuler