Artemis 2 NASA, Astronot yang akan Mengelilingi Bulan Diumumkan April

Empat astronot akan terbang mengelilingi bulan di Artemis 2 pada 2024.

network /Ilham Tirta
.
Rep: Ilham Tirta Red: Partner

Sebuah kamera di ujung salah satu panel surya kapsul Artemis 1 Orion mengambil foto ini pada 27 November 2022. Pesawat ruang angkasa itu melakukan perjalanan dalam orbit retrograde yang jauh di sekitar bulan. Gambar: NASA

ANTARIKSA -- Kurang dari sebulan dari sekarang, kita akan mengetahui siapa saja yang akan terbang dalam misi bulan pertama NASA setelah era Apollo. Ada empat astronot beruntung yang akan terbang mengelilingi satelit alami kita.

"Pada tanggal 3 April, kami akan mengumumkan awak untuk misi pertama kembali ke bulan dalam lebih dari setengah abad," kata Administrator NASA, Bill Nelson dalam pidato tahunannya di State of NASA pada Kamis, 9 Maret 2023.

Empat astronot itu terdiri dari tiga orang dari Amerika dan satu dari Kanada. "Mereka akan terbang mengelilingi bulan," kata Nelson.

NASA menargetkan peluncuran misi 10 hari itu pada November 2024. Misi Artemis 2 telah lama dirancang NASA dan beberapa kali mengalami penundaan karena kesiapan sistem, terutama terkait pesawat antariksa.

Seperti namanya, Artemis 2 adalah misi kedua dalam program eksplorasi bulan Artemis NASA. Ini akan menggunakan megaroket Space Launch System (SLS) dan kapsul Orion. Duo roket dan pesawat antariksa itu telah membuktikan kesiapan penerbangan mereka pada misi Artemis 1 akhir 2022 lalu.

Artemis 1 mengirim Orion tanpa awak selama 25 hari ke orbit bulan dan kembali. Itu adalah misi pertama untuk SLS, roket paling kuat yang pernah diluncurkan dengan sukses. Sementara kapsul antariksa Orion pernah menjalani uji terbang tanpa awak ke orbit Bumi pada tahun 2014. Tahun itu, Orion lepas landas di atas United Launch Alliance Delta Roket berat IV.

Artemis 3 Mendarat di Bulan

Jika Artemis 2 berjalan lancar, NASA akan mulai fokus pada Artemis 3. Itu adalah misi yang akan mendaratkan astronot di dekat kutub selatan bulan pada tahun 2025. "Kru Artemis 3 akan termasuk wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama yang menginjakkan kaki di bulan," kata pejabat NASA.

NASA juga segera mempelajari lebih lanjut tentang persiapan Artemis 3. Pada Rabu, 15 Maret 2023, perusahaan Axiom Space yang berbasis di NASA dan Houston akan mengungkapkan versi prototipe pakaian antariksa yang akan dikenakan astronot Artemis 3 di permukaan bulan. Axiom sedang membuat pakaian itu untuk NASA, sebagai bagian dari kesepakatan yang diumumkan September lalu.

Artemis ke Mars

Artemis 3 tidak akan menandai akhir dari program Artemis. NASA berencana membangun pos penelitian berawak di dekat kutub selatan bulan pada akhir tahun 2020-an. Pelajaran dan keterampilan yang dipelajari selama upaya ini akan membantu NASA ke tujuan selanjutnya, yaitu membawa astronot ke Mars. "Misi Mars rencananya dilakukan pada akhir 2030-an atau awal 2040-an," kata pejabat NASA. Sumber: Space.com

 
Berita Terpopuler