Khusus Android, Ini 3 Trik Gratis Putar Video Youtube di Background

Ada tiga web browser yang bisa diakses oleh pengguna Android.

Unsplash
Fitur picture in picture dari YouTube hanya bisa diakses oleh pengguna yang telah berlangganan YouTube Premium./ilustrasi
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Natalia Endah Hapsari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Fitur picture in picture dari YouTube hanya bisa diakses oleh pengguna yang telah berlangganan YouTube Premium. Akan tetapi, ada beberapa trik yang memungkinkan pengguna Android mengakses layanan ini secara gratis.

Baca Juga

Secara umum, fitur picture in picture memungkinkan pengguna ponsel Android untuk memutar video dalam jendela yang lebih kecil, meski telah keluar dari aplikasi YouTube. Hal ini memungkinkan pengguna Android untuk tetap menonton video YouTube sambil membuka aplikasi lain di ponsel.

Bagi yang tidak berlangganan YouTube Premium, fitur ini bisa diakses dengan cara mengakses laman YouTube melalui web browser. Akan tetapi, web browser yang digunakan harus bisa menunjang mode picture in picture pada Android.

Setidaknya, ada tiga web browser yang bisa diakses oleh pengguna Android untuk mengakses fitur picture in picture dari YouTube secara gratis. Berikut ini adalah ketiga web browser tersebut, seperti dilansir GizChina.

Vivaldi

Vivaldi merupakan browser gratis yang bisa memutar suara atau audio dari YouTube di belakang layar atau background. Browser ini memungkinkan pengguna Android untuk mendengarkan beragam konten YouTube sambil membuka aplikasi lain.

Untuk menggunakan browser ini, unduh aplikasi Vivaldi terlebih dahulu melalui Google Play Store. Selanjutnya, lakukan beberapa modifikasi pada laman pengaturan aplikasi Vivaldi.

Modifikasi pengaturan ini bisa dilakukan dengan memilih opsi "Setting" pada bagian tab manager. Selanjutnya, beri ceklis pada opsi "Stay in browser" dan "Allow background audio playback". Setelah itu, pilih opsi "Restart now".

Setelah melakukan restart, akses YouTube versi web melalui browser Vivaldi. Selanjutnya, pengguna bisa memilih konten yang ingin didengarkan di belakang layar.

 

Firefox

Web browser populer untuk Android ini dikenal dengan proteksi rahasia pribadi dan keamanannya. Selain itu, Mozilla Firefox juga memungkinkan pengguna Android untuk menonton video Youtube dalam jendela kecil secara gratis.

Untuk melakukannya, unduh terlebih dahulu aplikasi Firefox melalui Google Play Store. Setelah itu, putar video Youtube melalui browser Firefox dalam mode full screen. Selanjutnya, tekan tombol "Home" sehingga tampilan ponsel akan mengarah ke home screen.

Dengan cara ini, video YouTube yang sedang diputar secara otomatis akan tetap terputar dalam jendela kecil. Dalam mode seperti ini, pengguna Android bisa tetap menonton video sambil membuka aplikasi lain di ponsel.

Bila ingin video tetap bisa terputar saat ponsel dalam kondisi terkunci, pengguna perlu memasang extension Video Background Play Fix. Extension ini juga bekerja untuk Vimeo.

 

Opera

Browser yang cepat dan aman ini telah terintegrasi dengan VPN. Seperti halnya Firefox, Opera memungkinkan pengguna Android untuk memutar video YouTube di jendela kecil secara gratis.

Untuk melakukannya, pengguna Android cukup mengunduh Opera dan memutar video YouTube melalui browser tersebut. Selanjutnya, pengguna Android hanya perlu me-minimize Opera sehingga video YouTube bisa tetap terputar dalam jendela yang lebih kecil. Akan tetapi, fitur playback Opera pada YouTube tak akan bekerja bila ponsel dalam kondisi terkunci. 

 

 
Berita Terpopuler