Erick Thohir Tiba di Hotel Shangri-La Lokasi KLB PSSI: Mau Ketemu Pak Agum

Erick Thohir tiba 15 menit sebelum KLB PSSI dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Republika/Putra M. Akbar
Calon Ketua Umum PSSI Erick Thohir tiba dilokasi acara Kongres Luar Biasa PSSI 2023 di Jakarta, Kamis (16/2/2023). PSSI menyelenggarakan KLB dengan agenda utama memilih ketua umum baru.
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI digelar pada Kamis (16/2/2023) mulai pukul 09.00 WIB di Hotel Shangri-La, Jakarta. Sejumlah pemilik suara (voter) mulai berdatangan ke Ballroom lantai 2. Tak hanya itu, bahkan tokoh seperti Agum Gumelar yang merupakan mantan Ketum PSSI periode 1999-2003 juga ikut hadir. 

Baca Juga

Lobi hotel Shangri-La telah dipenuhi pewarta sejak pukul 07.00 WIB. Salah satu calon ketua umum PSSI Erick Thohir tiba pukul 08.45 WIB. 

Erick belum mau berbicara kepada wartawan tentang peluang kemenangannya dalam kontestasi ini. Sambil tersenyum ia mengatakan hanya ingin menemui Agum Gumelar yang telah tiba lebih dulu.

"Nanti ya ada saatnya," kata Erick Thohir. "Ini saya mau ketemu Pak Agum dulu kasihan nungguin," ujarnya menambahkan. 

Sebanyak empat calon Ketua Umum PSSI akan bersaing memperebutkan dukungan dari pemilik suara atau voters. Keempat kandidat tersebut adalah AA La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, dan Erick Thohir. Satu calon lainnya, Fary Djemy Francis, sudah menyatakan mundur sehari sebelum kongres. Sebanyak 16 calon Wakil Ketua PSSI akan memperebutkan dua kursi dan 55 calon anggota Exco PSSI akan bersaing untuk menduduki 12 kursi.

Sebanyak 86 pemilik suara akan mengikuti kongres ini. Mereka akan mendapatkan kesempatan 15 kali untuk memilih dengan pembagian satu Ketua Umum, dua Wakil Ketua Umum PSSI dan 12 Exco PSSI. Hal itu belum termasuk kemungkinan jika ada putaran kedua.

Dua kandidat Ketum PSSI menjadi calon terkuat yang diunggulkan untuk memenangkan kontestasi ini. AA La Nyalla yang merupakan mantan Ketum PSSI pada 2015 mengklaim sudah mengantongi 50+1 persen suara, yakni lebih dari 44 suara. Di samping itu, kubu Erick sudah mengklaim dukungan sebanyak 60 suara sejak mengirimkan berkas ke Komite Pemilihan (KP).

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali ikut meramaikan kontestasi dalam KLB PSSI 2023 nanti. Amali mencalonkan diri sebagai wakil Ketua Umum dan akan bersaing dengan nama-nama yang cukup familiar seperti Ratu Tisha Destria yang merupakan mantan Sekjen PSSI dan Yunus Nusi yang kini menggantikan posisi Ratu Tisha. 

Salah satu Caketum PSSI, Erick Thohir, tiba di lokasi Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 di Hotel Shangri La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). - (Afrijal Rosikhul Ilmi/Republika.co.id)

 
Berita Terpopuler