Biaya Kuliah ITB Melalui Jalur SNBP 2023, UKT Bisa Rp 0 dan Dicicil

Tersedia keringanan beasiswa UKT dengan permohonan beasiswa.

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner

Biaya kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) teriri dari lima tingkat UKT. Foto : itb

Kampus—Biaya kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) ditetapkan berdasarkan Uang Kuliah Tetap (UKT). UKT1 atau yang terendah adalah Rp 0 alias gratis. Selain itu juga tersedia skema pembayaran biaya UKT secara cicilan.

Biaya kuliah per semester bagi mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNBP dibagi menjadi lima tingkat, dari UKT1 hingga UKT5. Ada dua penggolongan UKT, yakni Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) dan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).

Dalam daftar UKT yang dikeluarkan ITB, tercatat untuk yang terendah yakni UKT1 SBM dan selain SBM adalah Rp 0. Sedangkan yang tertinggi adalah Rp 20 juta untuk UKT5 SMB dan Rp 12,5 juta untuk UKT5 selain SMB. Penentuan UKT ini berdasarkan dokumen yang disampaikan saat calon mahasiswa melakukan pendaftaran setelah diterima di ITB.

Biaya Kuliah Mahasiswa Baru ITB Jalur SNBP 2023

1. Selain Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

• UKT1 Rp 0

• UKT2 Rp 1.000.000

• UKT3 Rp 5.000.000

• UKT4 Rp 8.750.000

• UKT5 Rp 12.500.000

2. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

• UKT1 Rp 0

• UKT2 Rp 1.000.000

• UKT3 Rp 8.000.000

• UKT4 Rp 14.000.000

• UKT5 Rp 20.000.000

Calon mahasiswa yang memerlukan keringanan atas biaya UKT5 dapat mengajukan permohonan beasiswa UKT pada saat pelaksanaan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB secara daring di laman https://akademik.itb.ac.id. Permohonan keringanan biaya UKT dilakukan dengan mengunggah dokumen-dokumen data kemampuan ekonomi sebagai bukti pengajuan permohonan Beasiswa UKT. ITB akan menentukan besaran UKT yang harus dilunasi mahasiswa berdasarkan verifikasi terhadap dokumen-dokumen data kemampuan UKT tersebut.

ITB tidak memberlakukan kebijakan penundaan pelunasan UKT. Namun demikian, mahasiswa dapat mengajukan permohonan pembayaran UKT secara mencicil.

Skema Pembayaran Biaya UKT Secara Cicilan

Periode cicilan dua kali dalam satu semester :

• Pembayaran pertama sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.

• Pembayaran kedua sebesar 50% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.

Periode cicilan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester :

• Pembayaran pertama sebesar 40% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.

• Pembayaran kedua sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya pada minggu ke delapan perkuliahan semester berjalan, sesuai kalender akademik.

• Pembayaran ketiga sebesar 30% BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama Ujian Akhir Semester sesuai kalender akademik pada tahun berjalan.

KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru ITB Jalur SNPB

Mulai tahun 2020, Beasiswa Bidikmisi digantikan dengan penggunaan Kartu Indonesia Pintar (KIP) - Kuliah. Seperti Beasiswa Bidikmisi, program KIP-K merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi.

Sehubungan dengan hal tersebut, calon mahasiswa yang memerlukan beasiswa UKT di ITB harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

• Calon mahasiswa yang memerlukan beasiswa UKT dapat menyertakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah pada saat pengajuan permohonan beasiswa UKT.

• Calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah harus mempelajari terlebih dahulu prosedur pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang akan disampaikan di laman resmi LTMPT.

• Informasi mengenai pendaftaran calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dapat diperoleh di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

• Calon mahasiswa yang telah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tetap harus mendaftarkan diri sebagai peserta SNBP.

Biaya kuliah ITB melalui jalur SNBP 2023 sama dengan biaya kuliah jalur SNBT 2023. Sedangkan untuk jalur mandiri biayanya lebih besar karena dikenakan UKT5 dan Iuran Penggembangan Institusi.

Baca juga :

Bagaimana Persaingan Masuk ITB di SBMPTN ? Ini Jurusan Paling Ketat

Jadwal Terbaru SNBP 2023 Pengganti SNMPTN dari SNPMB

Apa Itu PDSS yang Harus Diisi Sekolah dalam Pendaftaran SNBP 2023 ? Berikut Tahapannya

Ketentuan Pemilihan Program Studi di SNBP 2023, Boleh Lintas Jurusan ?

Ini Kesalahan yang Sering Muncul Dalam Pendaftaran Akun SNPMB, Apa yang Harus Dilakukan ?

Mekanisme Registrasi Akun SNPMB 2023 Bagi Sekolah dan Siswa

12 Tahapan Seleksi Masuk PTN Melalui Jalur SNBP 2023

Pilih Jurusan Hukum di SNBP 2023 ? Ini Mata Pelajaran Pendukungnya

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

 
Berita Terpopuler