Surah Al Waqiah dan Ar Rahman Gambarkan Mengenai Hari Kiamat

Surah Al Waqiah menunjukkan seperti apa keadaan dan kengerian Hari Kiamat.

republika
Surah Al Waqiah dan Ar Rahman Gambarkan Mengenai Hari Kiamat
Rep: Umar Mukhtar Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam tafsir Al-Munir dijelaskan adanya keterkaitan antara Surah Al Waqiah dan Ar-Rahman. Ada beberapa hal yang membuat kedua surah tersebut memiliki kesamaan dan saling berkaitan.

Pertama, Surah Al Waqiah dan Ar-Rahman sama-sama menggambarkan tentang Hari Akhir, surga dan neraka. Kedua, Surah Ar-Rahman menggambarkan keadaan para pendosa dan keadaan orang shaleh di akhirat kelak. Surah ini juga memberikan gambaran tentang ganjaran siksa bagi orang-orang terdahulu saat di neraka nanti, dan kebahagiaan orang-orang yang masuk surga.

Sedangkan Surah Al Waqiah menunjukkan seperti apa keadaan dan kengerian Hari Kiamat, di mana saat itu orang-orang terbagi menjadi tiga kelompok. Tiga kelompok itu ialah Ashabul Yamiin (golongan kanan), Ashabussyimaal (golongan kiri), dan golongan as-Saabiquun atau golongan orang-orang yang memeluk Islam di masa awal.

Surah Ar-Rahman menunjukkan kasih sayang, sedangkan Surah Al Waqiah menunjukakn kengerian sehingga berbeda dengan Surah Ar-Rahman. Namun, keduanya punya keterkaitan.

Ketiga, Surah Ar-Rahman menerangkan soal langit yang terbelah. Allah SWT berfirman, "Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilauan) minyak." (QS Ar-Rahman ayat 37)

Sedangkan Surah Al Waqiah menyebutkan soal guncangan bumi, sebagaimana dalam ayat 4. Allah SWT berfirman, "Apabila Bumi diguncangkan sedahsyat-dahsyatnya." (QS Al Waqiah ayat 4)

Dua ayat tersebut menunjukkan adanya keterkaitan antara Surah Al Waqiah dan Surah Ar-Rahman serta menggambarkan bahwa kedua surah memiliki pokok bahasan yang sama.

Bedanya, tema tersebut, yakni tentang keadaan di Hari Akhir kelak, disampaikan di bagian akhir Surah Ar-Rahman dan di bagian awal Surah Al Waqiah. Dan apa yang disebutkan di bagian awal Surah Ar-Rahman, terdapat di bagian akhir Surah Al Waqiah.

Baca Juga

 
Berita Terpopuler