Antusiasme Tinggi Belanja Ragam Kebutuhan Rumah Tangga

Antusiasme masyarakat dalam berbelanja produk rumah tangga secara daring ternyata masih tinggi.

network /Vidita
.
Rep: Vidita Red: Partner

Unsplash/Minh Pham

Perkembangan teknologi digital telah merubah kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pandemi juga membuat aktivitas belanja daring terus meningkat.

Saat ini hampir semua kebutuhan rumah tangga juga dapat dibeli secara daring. Termasuk produk kebutuhan rumah dan perlengkapannya. Di lokapasar Tokopedia, misalnya.

Antusiasme masyarakat dalam berbelanja produk rumah tangga secara daring ternyata masih tinggi. Bantal, guling, jam dinding, handuk, hingga kotak penyimpanan menjadi beberapa produk rumah tangga yang paling laris selama semester I 2022 di Tokopedia.

Beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli tertinggi adalah Kabupaten Biak Numfor (Papua), Takalar (Sulawesi Selatan), Jeneponto (Sulawesi Selatan), Probolinggo (Jawa Timur), hingga Demak (Jawa Tengah).

Meningkatnya pencarian, ulasan, dan belanja daring kategori produk Home & Living dapat dilihat di mesin pencari, dan beragam lokapasar. Tingginya aktivitas tersebut, kemudian melahirkan berbagai jenama pilihan konsumen di kategori Home & Leaving.

Untuk melihat jenama kategori Home & Living pilihan konsumen, Tras N Co Indonesia, perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, belum lama ini melakukan riset Brand Choice for Home & Living.


Dok Infobrand

Riset ini dilakukan pada September – November 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 jenama. CEO Tras N Co Indonesia, Tri Raharjo menjelaskan, dari riset Brand Choice Award For Home & Living Index 2022, juga terungkap sepuluh kategori produk dengan transaksi terbanyak, antara lain; deterjen 1,9 juta transaksi, pewangi pakaian 1,7 juta transaksi, sabun cuci piring 1,6 juta transaksi, pengharum ruangan 1,3 juta transaksi, dan pompa galon elektrik 1,12 juta transaksi.

Selanjutnya, untuk mengapresiasi para jenama pilihan konsumen di kategori Home & Living, Tras N Co Indonesia bekerjasama dengan Infobrand.id sebagai juga menghadirkan Brand Choice Award Home & Living 2022. Ajang ini merupakan penghargaan bagi jenama nasional dan internasional di kategori produk Home & Living yang memasarkan produknya melalui lokapasar di Indonesia, dan dinilai telah berhasil menjadi jenama pilihan para konsumen.

CEO Infobrand.id Susilowati Ningsih, menjelaskan, melalui penghargaan ini diharapkan makin mengukuhkan para jenama ini menjadi pilihan konsumen, terutama di kategori produk Home & Living. Beberapa peraih Brand Choice Award for Home & Living 2022 adalah Himel untuk kategori Mini Circuit Breaker (MCB), Olympic untuk matras, Oxone untuk hand blender; dan Kispray untuk pelicin pakaian.

 
Berita Terpopuler