Tanda Kiamat Kubra: Munculnya Al Mahdi, Ini Ciri, Tanda-Tanda, dan Waktu Munculnya

Riwayat yang paling shahih menyebutkan Al Mahdi dilahirkan di Madinah.

EPA
Tanda Kiamat Kubra: Munculnya Al Mahdi, Ini Ciri, Tanda-Tanda, dan Waktu Munculnya
Rep: Alkhaledi Kurnialam Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syekh Mahir Ahmad Ash Shufi dalam bukunya Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar mengatakan tanda kiamat besar atau kubra merupakan periode setelah tanda kiamat sughra dan wustha terjadi. Disebut tanda kubra karena sudah begitu dekat dengan peristiwa kiamat dan merupakan akhir segala bentuk kehidupan di alam semesta ini.

Salah satu tanda dari kiamat kubra adalah munculnya Al Mahdi dan kekhalifahannya. Hal ini juga dijelaskan oleh Rasulullah SAW:

Dari Abdullah, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda,

لاَ تَذْهَبُ الدُّنْيَا حَتىَّ يَمْلِكَ الْعَرَبَ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِي يُوَاطِئُ اسْمُهُ اَسْمِي

Artinya: “Tidak akan sirna (berakhir) dunia ini sampai ada seorang laki-laki dari keluargaku yang akan memimpin bangsa Arab, namanya sesuai dengan namaku.” (HR. Abu Dawud).

Kelahiran Al Mahdi

Menurut Syekh Mahir, riwayat yang paling benar dan shahih, Al-Mahdi lahir di Madinah seperti yang diriwayatkan oleh Abu Nuaim dari Hamad dari Ali bin Abu Thalib RA. Al Qurthubi menyebutkan dalam kitab Ar-Tadzkirah bahwa ia dilahirkan di negeri Maroko. Sebagian lagi mengatakan, ia lahir di Andalusia. Tetapi, riwayat yang paling shahih menyebutkan bahwa ia dilahirkan di Madinah Munawwarah.

Ciri Al Mahdi

Dalam riwayat yang shahih tentang sifat-sifatnya disebutkan bahwa ia adalah seorang laki-laki. Keningnya lebar, hidungnya mancung, alisnya tipis memanjang dan keduanya terpisah. Bola matanya hitam dan besar, gigi depannya mengkilat, di pipi kanannya ada tahi lalat hitam, wajahnya bersinar seperti bintang yang cemerlang, jenggotnya tebal, di pundaknya ada tanda seperti tanda Nabi dan kedua pahanya kurus dan warna kulitnya seperti warna orang Arab.

Umurnya empat puluh tahun atau dalam riwayat antara tiga puluh sampai empat puluh tahun. Dia khusyuk kepada Allah seperti khusuknya burung Nasar dengan sayapnya. Akhlaknya juga disebutkan mirip Rasulullah SAW.

Baca Juga

Tanda-tanda Al Mahdi

Tanda dari Al Mahdi, di pundaknya ada tanda seperti tanda kenabian Rasulullah SAW. Ia akan berkumpul dengan Isa bin Maryam AS dan Isa akan shalat di belakangnya.

Bumi akan mengeluarkan hasil tambang dari sumbernya, seperti tiang-tiang dari emas. la akan mengayakan hati manusia dan banyak berkah di muka bumi. Simpanan Ka'bah yang terpendam akan dikeluarkan kemudian dibagikan di jalan Allah. Bila ranting-ranting ditanam di tanah basah, ia akan tumbuh menghijau dan berdaun lebat. Dia akan diminta suatu tanda, dan ia memberi isyarat kepada burung di langit, sehingga jatuh di tangannya.

Tanda kemunculannya

1. Sungai Eutrat akan tersedot dan di situ terlihat gunung emas.

2. Gerhana bulan pada awal malam bulan Ramadhan dan gerhana matahari pada malam pertengahannya. Dua kejadian ini belum pernah terjadi sejak penciptaan bumi dan langit.

3. Kemunculan tanduk Dzu As-Sinin.

4. Terbitnya bintang berekor yang bersinar.

5. Api besar menyala dari arah timur selama tiga atau tujuh malam.

6. Langit menjadi gelap.

7. Warna merah menyebar di langit, tetapi merahnya tidak seperti merah ufuk biasa.

8. Seluruh penduduk bumi dipanggil dan setiap yang memiliki bahasa mendengarnya sesuai dengan bahasanya masing-masing.

Waktu kemunculannya

Ibnu Katsir dalam kitab Al-Fitan wal Malahim mengatakan, “Saya mengira bahwa kemunculan Al Mahdi terjadi ketika Isa bin Maryan turun ke bumi.

Rasulullah SAW bersabda, “Isa bin Maryam AS turun, maka pemimpin mereka, Al Mahdi berkata, 'Kemarilah, jadilah imam shalat kami'. Isa menjawab, "Tidak! Sesungguhnya sebagian kalian adalah pemimpin bagi sebagian yang lain sebagai penghormatan dari Allah kepada umat ini," (HR. Muslim).

Hadits yang diriwayatkan Al Harits bin Abu Usamah RA menunjukkan dan mengisyaratkan hal ini. Karena Isa bin Maryam AS mengatakan pemimpin mereka adalah Al Mahdi dan hadits ini juga menunjukkan bahwa ia muncul ketika Nabi Isa turun. Demikian juga berbagai riwayat Muslim dan riwayat riwayat lainnya.

Semua ini mengindikasikan waktu keluarnya bertepatan dengan rangkaian peristiwa tanda kubra. Dijelaskan juga selang waktu terjadinya kiamat dengan masa Al Mahdi sangat dekat sekali dan tinggal tersisa beberapa tanda besar kiamat saja untuk sampai pada hari kiamat.

Pada zamannya pula, Dajjal akan muncul saat Al Mahdi dan pasukannya sibuk dalam peperangan melawan Romawi dan Konstantinopel. Lalu Isa dan Al Mahdi akan bekerja sama untuk membunuh Dajjal. Masa kekuasaan Al Mahdi tidak akan berlangsung lama, tidak lebih dari 7 atau 8 tahun saja. Kemudian Al Mahdi meninggal dan Isa AS berkuasa.

 
Berita Terpopuler