Mahasiswa Kampus Digital Bisnis UNM Raih Prestasi di Kompetisi IoT Tingkat Internasional

Kompetisi ini menggabungkan standar profesional dan praktik industri yang relevan

Universitas Nusa Mandiri
Mahasiswa program studi (prodi) Sains Data Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM), William Hans Natanael dan Kanaya Salsabila Setiawan, meraih prestasi luar biasa menjadi 2nd Runner Up pada ajang The International Invitational Competition of IoT Technology yang dilaksanakan pada Rabu (7/12/2022).
Red: Budi Raharjo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa program studi (prodi) Sains Data Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM), William Hans Natanael dan Kanaya Salsabila Setiawan, meraih prestasi luar biasa menjadi 2nd Runner Up pada ajang The International Invitational Competition of IoT Technology yang dilaksanakan pada Rabu (7/12/2022). 

Arif Hidayat selaku wakil rektor II bidang non akademik  UNM menjelaskan The International Invitational Competition of IoT Technology ini diselenggarakan oleh Nantong Vocational University of China dan International Cultural Communication Center (Malaysia). “Acara ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh mahasiswa dari Cina dan ASEAN,” katanya dalam rilis.

“Civitas UNM cukup bangga dengan prestasi yang sudah diraih oleh William Hans Natanael dan Kanaya Salsabila Setiawan. Kami ucapkan selamat dan harapannya dapat menjadi penyemangat juga untuk rekan-rekan mahasiswa lainnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan lain, Ummu Radiyah selaku dosen pembimbing mengatakan kompetisi ini menggabungkan standar profesional dan praktik industri yang relevan di bidang IoT.

“Pada kompetisi ini melibatkan tugas-tugas seperti pemilihan, perencanaan dan design sistem IoT, penerapan simulasi virtual dan pengetahuan dasar IoT. Kompetisi ini dibagi menjadi dua bagian: pengetahuan teoretis dan praktik, yang masing-masing menyumbang 20 persen dan 80 persen,” terangnya.

Ia juga menjelaskan kompetisi ini menggunakan platform teknologi yakni “Internet of Things Virtual Simulation Online Platform” yang disediakan oleh perusahaan koperasi Beijing Newland Times Education Technology Co LTD.

Sementara itu, Hans selaku ketua tim yang berhasil meraih 2nd Runner Up mengucap rasa syukur dan bahagia. Ia merasa sangat bersyukur dan terharu karena dalam ajang bergengsi ini, ia turut berpartisipasi dalam mengharumkan nama Kampus Digital Bisnis UNM di ajang internasional.

“Kompetisi ini tentu saja menambah pengetahuan tentang IoT dan menjadi ajang perkenalan dan berbagi pengalaman dengan mahasiswa dari luar Indonesia,” katanya. 

Ia mengucapkan terima kasih kepada Ketua Program Studi Sains Data, Dosen Pembimbing dan berbagai pihak yang telah mendukung dan memberikan semangat juga doa sehingga dapat meraih 2nd Runner Up pada ajang kompetisi internasional. “Kami berharap ajang kompetisi tingkat internasional seperti ini selalu dilaksanakan ke depannya,” tuturnya.

Selain itu, Tati Mardiana sebagai ketua program studi (kaprodi) Sains Data UNM Kampus Digital Bisnis mengungkapkan rasa bangga dan ucapan selamat pada oleh William Hans Natanael dan Kanaya Salsabila Setiawan atas prestasi yang sudah diraihnya.

“Selamat pada William Hans Natanael dan Kanaya Salsabila Setiawan, telah menjadi juara’. Semoga apa yang sudah diupayakan ini dapat menjadi pengalaman berharga, dan juga dapat menjadi pendorong semangat bagi mahasiwa UNM yang lain agar tak pernah lelah untuk terus berprestasi baik itu secara akademik maupun non akademik,” tutupnya.

 
Berita Terpopuler