Kaesang Siapkan Mahar Berupa Uang Rp 300 Ribu, Ini Makna di Baliknya

Kaesang-Erina akan menikah pada Sabtu, 10 Desember 2022.

Republika/Alfian
Jelang pernikahan Kaesang Pangarep Wilujengan di Pura Mangkunegaran, Rabu (7/12/2022). Kaesang telah menyiapkan mahar untuk pernikahannya berupa uang Rp 300 ribu dan sesuatu yang masih dirahasiakannya.
Rep: Muhammad Noor Alfian Choir Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Jelang akad nikah pada Sabtu (10/12/2022), putra bungsu presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, mengaku telah menyiapkan mahar senilai Rp 300 ribu untuk calon istrinya, Erina Gudono. Mahar tersebut memiliki simbol makna tersendiri di baliknya.

Kaesang mengatakan bahwa itu adalah lambang dari kedua mempelai yang sama-sama adalah anak ketiga dalam keluarganya. "(Saya) Anak ketiga. Erina juga anak ketiga," tuturnya.

Baca Juga

Selain itu, menurut Kaesang, mahar tersebut juga melambangkan bahwa calon mempelai wanita adalah sosok yang sederhana. Bahkan, Kaesang menyebut Erina adalah sosok yang tidak muluk-muluk, khususnya dalam hal mahar.

"Erina orange gak neko-neko dikasih Rp 1.000 juga mau kok," katanya.

Kendati demikian, Kaesang membocorkan bahwa maharnya bukan hanya itu saja. Namun, ia enggan membocorkannya.

"Ya ada tambahan. Sabar, tiga hari lagi," ujarnya.

Apakah itu permintaan dari Erina? Kaesang membantahnya.

"Nggak, saya sendiri. Semua saya," ungkap Kaesang.

Selain itu, Kaesang juga menjelaskan bahwa tidak ada permintaan khusus dari Erina untuk seserahan pernikahan. Pihaknya juga menjelaskan bahwa acara tasyakuran di Pura Mangkunegaran juga bertepatan dengan hari ulang tahun sang calon mempelai yang jatuh pada tanggal 11 Desember. Ia mengaku sudah menyiapkan hadiah khusus.

"Ada sudah siap (kado). Nggak, itu kan karena dianya ultah tanggal 11. Nantilah, posting medsos juga ah," katanya.

Kaesang merupakan anak ketiga dari pasangan Presiden Joko Widodo dan Iriana. Sementara itu, Erina merupakan putri ketiga dari almarhum Profesor Gudono dan Sofiatun Gudono.

 

 
Berita Terpopuler