Jelang Lawan AS, Van Gaal: Tidak Ada yang Tidak Bisa Kami Atasi

Van Gaal menilai laga babak 16 besar melawan AS akan berjalan sulit untuk timnya.

AP/Natacha Pisarenko
Pelatih kepala Belanda Louis van Gaal
Rep: Eko Supriyadi Red: Ratna Puspita

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA – Belanda akan melawan Amerika Serikat pada babak 16 besar Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022) malam ini. Pelatih Belanda Louis van Gaal mengatakan, AS merupakan salah satu tim terbaik di Piala Dunia Qatar. 

Baca Juga

Van Gaal menilai pertandingan babak 16 besar nanti akan berjalan sulit untuk timnya. ''Tapi tak ada yang tak bisa kami atasi. Kami juga punya tim yang bagus. Tapi saya tidak akan meremehkan AS. Saya pikir mereka adalah contoh tim yang bagus,'' kata mantan pelatih Manchester United tersebut, dikutip dari BBC, Sabtu (3/12/2022).

Pada kesempatan itu, Van Gaal juga merespons kritik tergadap timnya. Belanda mengalahkan Senegal dan Qatar 2-0, lalu bermain imbang 1-1 melawan Ekuador di fase grup. 

Namun, Belanda mendapatkan kritik karena dianggap kurang tampil menyerang. Van Gaal mengatakan, kritik terhadap timnya tidak akan mengalihkan perhatian mereka dari upaya memenangkan Piala Dunia. Van Gaal menegaskan kalau ia dan pemainnya sudah terbiasa dengan kritik. 

'Kami akan dengan tenang melanjutkan jalan yang telah kita mulai,'' ucap Van Gaal.

Ia menyatakan, timnya berbeda dengan skuad yang berlaga di Piala Dunia 2014. Di bawah Van Gaal, Belanda kalah dari Argentina melalui adu penalti di semi final Piala Dunia Brasil. 

Sementara, AS tak pernah kalah dalam tiga pertandingan grup, setelah imbang melawan Wales dan Inggris, sebelum menang dari Iran untuk melaju ke babak 16 besar.

 
Berita Terpopuler