Mahasiswa Muslim Masih Sulit Cari Makanan Halal di Seoul

Kawasan Islam Street di Seoul menyediakan makanan halal.

Foxnews
Bulgogi, salah satu makanan halal asal Korea. Mahasiswa Muslim Masih Sulit Cari Makanan Halal di Seoul
Rep: Amri Amrullah Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Banyak siswa Muslim yang datang untuk belajar di Korea Selatan (Korsel), namun mereka kesulitan menemukan makanan halal. Bagi mahasiswa Muslim di Seoul, mencari makanan halal memang menjadi salah satu tantangan terbesar tersendiri.

Baca Juga

Menurut Institut Ekonomi Korea, Korsel memiliki perkiraan populasi 150 ribu Muslim pada 2021. Dari jumlah tersebut, sekitar 45 ribu orang muslim merupakan asli Korea dan 105 ribu Muslim berasal dari orang asing.

Seoul memang telah menjadi tujuan yang semakin populer bagi mahasiswa asing. Dimana jumlah mahasiswa internasional yang terdaftar dalam program gelar mahasiswa terus meningkat 20 persen dari 2019 hingga 2021. Dari jumlah tersebut, populasi mahasiswa Muslim juga dipastikan ikut meningkat.

Solusi bagi mahasiswa Muslim yang mungkin ingin mendapatkan produk halal adalah di kawasan Islam Street di Seoul. Jalan kawasan Islam, ini julukan yang diberikan untuk daerah Itaewon di Distrik Yongsan, pusat kota Seoul. Area ini termasuk Jalan Usadan, adalah rumah bagi satu-satunya masjid di kota itu, Masjid Pusat Seoul.

 

Cukup sulit bagi siswa Muslim untuk menghindari daging babi karena merupakan bagian integral dari makanan Korea. Namun, menemukan daging halal yang dikorbankan dengan benar bahkan lebih sulit dan hanya dapat diperoleh di restoran yang bersertifikat Halal.

“Meskipun saya sendiri tidak terlalu ketat tentang makanan halal, teman-teman Muslim saya dan saya selalu berbicara tentang betapa sulitnya menemukan makanan halal [di Korea],” kata Job Thaitrong, seorang mahasiswa sarjana di Universitas Korea, dilansir di Korea Joongang Daily, Ahad (13/11/2022).

Salah satu toko di Islam Street yang khusus menjual daging adalah Al-Baraka, tepat di sebelah masjid. Toko ini menjual berbagai jenis daging segar seperti ayam, sapi, dan kambing, dan sumber daging ini berasal dari Korea.

Satu kilogram (2 pon) ayam berharga 6.500 won (4,50 dolar AS), sedangkan setengah kilogram ayam cincang berharga 5.000 won. Satu kilogram potongan daging sapi berharga 14 ribu won dan setengah kilogram daging cincang berharga 7.000 won.

Foreign Food Mart yang terletak di dekat jalan utama Itaewon juga menjual daging segar, serta berbagai merek daging beku yang bersumber dari negara lain. Tentu saja, ada banyak restoran yang juga bisa dikunjungi mahasiswa untuk makanan halal.

Salah satu contoh yang terkenal adalah Halal Guys, waralaba makanan halal yang memiliki rantai yang berlokasi di dekat Universitas Hongik. Restoran lain seperti Little India, Bombay Grill, HojiBobo dan tempat kebab di Islam Street dan Itaewon adalah tempat yang bagus untuk bersantap.

“Di [Itaewon], Anda bisa pergi ke restoran mana saja dan tidak perlu khawatir tentang makanan yang mengandung babi atau semacamnya,” kata Thaitrong.

Namun, bagi mereka yang tinggal jauh dari Itaewon, berburu makanan halal bisa memakan waktu yang lama. Hamna Shahzad, mahasiswa S1 di Universitas Yonsei, menyebutkan bahwa dia tidak berbelanja di toko daging halal di Itaewon karena harganya mahal dan terlalu jauh.

Ahmad menyatakan ia datang ke Korea pada 2001 dan membuka toko pada 2006. “Setelah lima sampai enam tahun saya tinggal di Korea, saya merasa perlu adanya toko buku islami di mana produk-produk islami dapat tersedia bagi komunitas Muslim yang tinggal di sini sekaligus mengajak orang Korea untuk memeluk Islam,” kata Ahmad.

Bagi mereka yang tinggal jauh, menggunakan toko daging halal online adalah alternatif, dengan situs web seperti Yes!Halal memungkinkan pelanggan memesan daging. Namun, bahkan situs-situs ini tidak dapat diandalkan.

“Sebagian besar waktu [toko online] kehabisan stok... dan saya pikir harganya agak mahal,” kata Thaitrong.

Daging halal adalah makanan paling populer yang dicari mahasiswa Muslim di Korea. Namun, Islam Street juga merupakan rumah bagi toko lain yang menyediakan produk, barang, dan jasa Muslim. Jalanan ini dipenuhi dengan toko-toko yang menjual barang-barang keagamaan dan budaya Muslim seperti abaya untuk pria dan wanita, penutup kepala, tasbih, sajadah, miswak, dupa, produk hookah, dan minyak esensial.

Salah satu toko unik di Jalan Islam adalah Islamic Book Center milik Sheikh Muneer Ahmad. Toko ini adalah satu-satunya toko buku Islami di Korea dan menjual banyak versi dan terjemahan Alquran serta buku-buku pendidikan lainnya yang tersedia dalam bahasa Korea dan Inggris.

Selama tinggal di Korea, Ahmad berjuang menemukan buku-buku yang bermakna tentang Islam dalam bahasa Korea untuk diberikan kepada kenalan atau teman-temannya, itulah sebabnya ia menganggapnya sebagai tantangan untuk menemukan dan memelihara toko buku Islam di Korea dan mungkin memicu minat pada beberapa orang penasaran.

Ahmad menyatakan sebagian besar pengunjung toko adalah mahasiswa Muslim yang ingin membeli buku tentang Islam untuk disimpan sendiri atau untuk diberikan sebagai hadiah kepada teman non-Muslim mereka. Di awal berdirinya toko, Ahmad menyebutkan meskipun para siswa tidak memiliki banyak uang untuk dibelanjakan selain kebutuhan, mereka tetap membeli buku. Belakangan, dengan bantuan beberapa koneksi, Ahmad bisa mencetak beberapa buku secara massal dan sekarang dia bisa memberikan buku kepada siswa dan pengunjung lainnya secara gratis.

Salah satu daya tarik dari toko ini adalah memberikan Alquran dan buku-buku informasi lainnya tentang Islam secara gratis. Ada kios yang memajang buku-buku gratis tentang Islam dan ajaran dasarnya di luar toko untuk diambil orang yang lewat jika mereka mau. Harga buku lainnya berkisar dari minimal sekitar 5.000 won hingga sekitar 30.000 won.

Ahmad juga mengambil pakaian dari Dubai, Arab Saudi, Kashmir, India dan negara-negara Eropa lainnya dengan populasi Muslim yang tinggi, tasbih dari Turki dan berbagai terjemahan Alquran dari berbagai negara. Islam Street adalah rumah bagi banyak barang berguna, penting dan unik bagi umat Islam, menjadikannya tempat yang berharga untuk dikunjungi.

Thaitrong menyukai suasana Islam Street dan rasa kebersamaan yang dia rasakan di sana ketika orang-orang menyebut satu sama lain sebagai ikhwan atau akhwat. Ia juga menyebutkan betapa semaraknya tempat itu, terutama selama bulan Ramadhan ketika lebih banyak orang datang mengunjungi masjid dan toko-toko di sekitarnya.

Namun, meskipun Islam Street mungkin terasa akrab bagi banyak mahasiswa Muslim, faktor-faktor seperti ketidaknyamanan bepergian ke sana dan kurangnya banyak toko membuat sulit untuk benar-benar merasakan budaya Muslim di jalanan. Shahzad merasa jalan ini lebih ditargetkan untuk orang asing pada umumnya daripada Muslim karena terletak di lingkungan internasional Itaewon.

“Saya berharap ada lebih banyak pilihan halal di dekat universitas karena banyak orang asing Muslim datang ke Korea untuk belajar. Setidaknya memiliki pilihan makanan halal di kafetaria kampus akan sangat menyenangkan. Juga akan lebih baik untuk memiliki restoran halal dan toko makanan di sekitar kampus,” kata Thaitrong.

Meskipun mungkin tidak nyaman untuk dikunjungi, Islam Street berdiri sebagai simbol abadi budaya Muslim yang dapat terhubung dengan mahasiswa. Baik untuk mencari daging halal, barang-barang keagamaan seperti Alquran atau sajadah atau mengunjungi restoran bersama teman-teman, area ini dapat menawarkan cita rasa rumah bagi mahasiswa Muslim atau sesuatu yang cukup dekat dengannya.

Namun, hal yang lebih mendesak bagi mahasiswa adalah menemukan makanan halal dengan nyaman sehingga mereka dapat menikmati makanan yang layak sembari menghadapi kehidupan kampus yang sibuk. Dalam hal ini, akan sangat membantu jika ada lebih banyak toko makanan halal dan restoran di sekitar Seoul, terutama di dekat kampus sehingga mahasiswa Muslim dapat diperlengkapi dengan baik dan dengan senang hati melanjutkan studi mereka di Korea.

 
Berita Terpopuler