Tempat Belajar Tepat untuk Tingkatkan Kemampuan di Dunia Digital

Indonesia membutuhkan 600 ribu talenta digital baru setiap tahunnya.

network /Vidita
.
Rep: Vidita Red: Partner

Stockvault/Jack Moreh

Pada 2030, diproyeksikan hanya 50 persen dari tenaga kerja Indonesia yang memiliki keterampilan digital dasar dan menengah. Sementara keterampilan tingkat advanced hanya dimiliki kurang dari satu persen angkatan kerja negara.

Ini berarti Indonesia perlu mengakselerasi pertumbuhan talenta-talenta muda baru yang siap mengisi kekosongan di lapangan. Menteri Komunikasi dan Informatika Republika Indonesia, Johnny G Plate menyebutkan, Indonesia membutuhkan 600 ribu talenta digital baru setiap tahunnya.

Namun pada kenyataannya, lebih dari 50 persen CEO di Asia Pasifik masih kesulitan menemukan talenta digital dengan keterampilan yang tepat. Demi mendukung perkembangan talenta digital Indonesia, Hacktiv8 yang merupakan sebuah coding bootcamp, menghadirkan kampus baru di BSD City, tepatnya di BSD Green Office Park.

“Kami meyakini, kehadiran Hacktiv8 di BSD City dapat mempercepat pengembangan ekosistem digital dengan penyediaan talenta informatika dan teknologi (IT) yang berkualitas," ungkap Ronald Ishak selaku CEO Hacktiv8.

Terlebih, lanjut dia, ekosistem digital di BSD City juga sudah sangat mumpuni. Hal ini ditandai dengan banyaknya perusahaan teknologi yang berekspansi ke sana.

Dok Hactiv8

"Kami terus berupaya meningkatkan penyaluran alumni secara optimal, termasuk dengan menjalin kerjasama untuk hiring placement. Sehingga para alumni Hacktiv8 bisa mendapatkan kesempatan kerja yang baik setelah lulus," ujar Ronald menambahkan.

Pada tahap awal pembukaan, program yang ditawarkan di kampus Hacktiv8 BSD adalah Bootcamp Full Stack Javascript dengan proses belajar full offline dari hari Senin-Jumat, pukul 9.00-18.00 selama kurang lebih empat bulan. Khusus untuk periode soft launching kampus yang baru, Hacktiv8 juga menyediakan potongan harga istimewa bagi yang mendaftarkan diri sebelum tanggal 30 November 2022.

Tak hanya itu, Hacktiv8 juga mengenalkan sistem Income Share Agreement (ISA) atau Skema Bagi Hasil. Dimana siswa bisa belajar dulu dengan membayar deposit, dan mulai melakukan cicilan pelunasan ketika sudah lulus dan mendapatkan pekerjaan.

Pada 2020, Hacktiv8 mewakili Indonesia menjadi sekolah pemrograman kedua terbaik di dunia berdasarkan hasil dari para alumninya, dimana 95 persen lulusannya berhasil mendapatkan pekerjaan dalam waktu kurang dari 90 hari. Perusahaan ini juga merupakan satu-satunya coding bootcamp di Asia yang terdaftar dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR) yaitu lembaga yang mengedepankan transparansi hasil belajar siswa.

Sejak 2016, Hacktiv8 telah melahirkan lebih dari 1.600 lulusan talenta digital yang telah menempati berbagai posisi strategis dan taktis pada perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia. Ronald mengungkapkan, dalam beberapa tahun ke depan, selain Tangerang, Hacktiv8 juga berencana untuk melakukan ekspansi ke kota-kota lain di Indonesia.

Sehingga bisa memberikan kesempatan bagi generasi muda daerah untuk mengembangkan kemampuan digitalnya. Hacktiv8 juga akan terus mengeksplorasi program-program yang lain seperti bootcamp Data Science, Digital Marketing, dan Profesional Development untuk menjawab kebutuhan industri dan minat para peserta didik.

 
Berita Terpopuler