12 Prinsip yang Menjadikan Seseorang Muslim Sejati

Mengikuti prinsip ini mampu meningkatkan kebaikan dan kebijaksanaan pada Muslim.

EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Ilustrasi Muslim . 12 Prinsip yang Menjadikan Seseorang Muslim Sejati
Rep: Mabruroh Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muslim percaya bahwa Surat Al-Israa' diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di Makkah. Surat tersebut diturunkan setelah Nabi melakukan perjalanan malamnya dari Makkah ke Yerusalem.

Baca Juga

Dalam surat ini, Allah menyebutkan beberapa komitmen dasar seorang Muslim sejati. Tanpa memenuhi komitmen ini, tidak ada individu atau kelompok yang berhasil.

Seorang muslim harus hidup dengan nilai-nilai ini dan mengajak masyarakat untuk juga mengikuti prinsip-prinsip ini. Dilansir dari About Islam, ada 12 prinsip yang apabila diikuti dengan benar, mampu meningkatkan kebaikan dan kebijaksanaan semua orang. 

12 Prinsip yang Menjadikan Seseorang Muslim Sejati

1. Hanya Menyembah Allah

Tuhanmu telah menetapkan, bahwa kamu tidak menyembah seorang pun kecuali Dia. (17:23)

Ini berarti mengakui Allah sebagai realitas tertinggi dan mengakui Allah sebagai Tuhan, menyembah-Nya dengan segala ketulusan dan tunduk kepada-Nya dalam setiap aspek kehidupan. Kehidupan seorang Muslim tidak lain adalah komitmen penuh kepada Allah.

Kami tidak hanya monoteis tetapi kami juga orang-orang teosentris. Allah adalah pusat kehidupan kita dan Dia adalah perhatian penuh dan utama kita.

2. Hormat dan Baik kepada Orang Tua

Ini adalah untuk mengakui kasih sayang dan kebaikan orang tua. Berterima kasih kepada mereka, dan melakukan yang terbaik untuk membalas cinta dan kasih sayang itu.

Kesalehan dan pengabdian anak adalah komitmen terpenting kedua umat Islam. Rasa hormat dan kebaikan kepada orang tua bukan hanya kewajiban sosial bagi kita, itu adalah tugas dan kewajiban agama kita.

3. Menjadi Baik kepada Kerabat, Orang Miskin, dan Masyarakat

Tanggung jawab kita tidak hanya terhadap diri kita sendiri dan keluarga dekat kita, tetapi juga kepada kerabat lain dan masyarakat pada umumnya. Kita semua saling membutuhkan di kehidupan ini. Kita harus melihat apa yang bisa kita lakukan untuk orang lain.

Muslim harus menjalani kehidupan yang bertanggung jawab secara sosial. Tanggung jawab sosial dimulai dengan keluarga dan kerabat lainnya dan mencakup semua orang yang membutuhkan.

4. Berhati-hati dengan Uang dan Jangan Buang-Buang Sumber Daya

Pemborosan tidak benar, tetapi juga tidak boleh menjadi pelit dan kikir. Seorang Muslim sejati berkomitmen untuk gaya hidup yang seimbang. Uang harus diperoleh dengan cara yang halal dan harus dibelanjakan dengan cara yang benar.

Prinsip ini dapat diterapkan pada semua sumber daya yang diberikan Allah kepada kita. Penggunaan sumber daya secara bijaksana dan hati-hati merupakan komitmen yang sangat penting dari umat Islam.

5. Merawat Anak dengan Baik

“Jangan bunuh anak-anakmu, karena takut jatuh miskin, Kami akan memberi mereka rezeki dan untukmu. Lihat! membunuh mereka adalah dosa besar. (17:31)

Sebagaimana kita mengakui hak-hak orang tua, kita juga harus mengakui hak-hak anak. Anak-anak kita adalah masa depan kita. Kita harus melihat bahwa kita membesarkan anak-anak yang sehat, cerdas dan bertanggung jawab secara moral.

Komitmen kita seharusnya membesarkan mereka di lingkungan yang aman dan sehat. Kita harus melindungi hidup mereka serta jiwa dan pikiran mereka, moral dan sopan santun mereka.

6. Menghindari Perzinahan dan Hubungan Gelap

Islam mengajarkan seseorang tidak boleh mendekati perzinahan atau percabulan. Ini berarti aturan berpakaian yang tepat untuk pria dan wanita, perilaku yang pantas dalam masyarakat campuran, dan kontrol yang tepat atas hubungan sosial dan hiburan.

7. Menghormati Setiap Kehidupan dan tidak Membunuh Siapapun

Setiap Muslim harus berkomitmen pada jalan damai dan konflik harus diselesaikan dengan dialog dan negosiasi, bukan dengan pembunuhan. Namun, keadilan harus tetap dipertahankan karena hukuman yang adil membawa keselamatan dan melindungi kehidupan.

8. Mengurus Anak Yatim

“Jangan mendekati harta anak yatim kecuali untuk memperbaikinya, sampai ia mencapai usia kekuatan penuh. (17:34)

Anak yatim dan semua yang rentan harus dijaga. Kita harus mengakui hak-hak mereka dan melindungi mereka dari segala bahaya. Seorang Muslim harus memiliki komitmen yang mendalam untuk merawat kaum muda, miskin, lemah, dan cacat. Kebaikan dan kasih sayang adalah komitmen dasar seorang Muslim. Ini mencakup semua orang dan termasuk hewan.

9. Memenuhi Janji dan Komitmen

Janji dan kontrak adalah bagian penting dari kehidupan manusia dan peradaban manusia. Ketika janji tidak ditepati, orang kehilangan kepercayaan satu sama lain dan seluruh masyarakat menjadi lemah. Muslim harus setia pada kata-kata mereka.

10. Jujur dalam Urusan Bisnis

“Berilah takaran penuh ketika kamu mengukur, dan timbanglah dengan timbangan yang lurus: itulah yang paling pas dan paling menguntungkan pada akhirnya. (17:35)

Bisnis yang jujur membawa kemajuan, kesuksesan, dan berkah. Semua bisnis, baik komersial, sosial, atau politik harus dilakukan dengan rasa keadilan dan kewajaran. Seorang Muslim sejati berkomitmen berlaku adil dalam segala hal dan dengan setiap orang.

Seorang pengusaha Muslim harus menjadi pengusaha yang paling jujur. Seorang pekerja Muslim harus menjadi pekerja yang paling jujur. Jadi seorang Muslim dalam profesi apa pun harus menghormati profesi itu.

11. Bertindak Berdasarkan Pengetahuan dan tidak Mengikuti Desas-desus

“Janganlah kamu mengikuti apa yang tidak kamu ketahui. Lihat! pendengaran dan penglihatan dan hati—masing-masing akan ditanyakan. (17:36)

Muslim harus jujur dalam memberikan informasi. Muslim harus menjadi laporan yang paling dapat dipercaya.

Dengan cara yang sama, umat Islam harus sangat berhati-hati dengan tindakan dan reaksi mereka. Mereka seharusnya tidak bereaksi terhadap semua orang tanpa bukti yang tepat.

12. Rendah Hati dan tidak Sombong

Seorang Muslim sejati bersyukur kepada Allah atas semua karunia-Nya. Untuk segala sesuatu, pujian tertinggi adalah untuk Allah dan kemuliaan sejati adalah milik Allah.

Ini adalah komitmen dasar umat Islam sebagai individu dan sebagai manusia. Inilah prinsip-prinsip kebijaksanaan dan nilai-nilai universal Islam. Mengikuti mereka membawa keadilan, kedamaian, dan kebahagiaan di dunia ini dan mereka memang akan membawa kesuksesan dan keselamatan di akhirat.

 
Berita Terpopuler