Ilmuwan Inggris Khawatir Penggunaan Siri dan Alexa Bikin Anak Jadi Kurang Sopan

Ilmuwan di Inggris menyebut tidak ada mode sopan dalam penggunaan Siri-Alexa.

Republika/Prayogi
Anak bermain gadget (ilustrasi). Ketika menggunakan Alexa ataupun Siri, anak-anak tidak dituntut untuk menggunakan kata-kata sopan, seperti tolong dan terima kasih.
Rep: Santi Sopia Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asisten digital pribadi seperti Alexa milik Amazon dan Siri dari Apple dikhawatirkan dapat berpotensi menjadikan anak-anak bersikap kasar dan antisosial. Para ilmuwan mencemaskan dampak tersebut karena tidak ada mode sopan, seperti halnya untuk mengucapkan "tolong" dan "terima kasih" ataupun cara membaca bahasa tubuh.

Dr Anmol Arora dari Cambridge University di Inggris mengingatkan bahwa berinteraksi dengan perangkat pada tahap penting dalam perkembangan sosial dan emosional, mungkin memiliki konsekuensi jangka panjang pada empati, kasih sayang, dan pemikiran kritis anak-anak. Dalam jurnal Archives of Disease in Childhood, dia menuliskan bahwa lewat perangkat digital, tidak ada istilah sopan, seperti "tolong" atau "terima kasih", yang harus digunakan.

"Tidak perlu mempertimbangkan nada suara dan apakah perintah yang dikeluarkan dapat ditafsirkan sebagai kasar atau menjengkelkan," kata dia, seperti dikutip dari laman The Sun, Rabu (29/9/2022).

Tetapi, menurut Prof Pete Etchells, seorang psikolog di Bath Spa University di Inggris, sejauh ini tidak ada bukti yang dia ketahui untuk mendukung gagasan bahwa perangkat semacam itu memiliki dampak negatif pada perkembangan sosial maupun emosional anak. Seorang juru bicara Amazon mengatakan Alexa dirancang untuk memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat.

"Layanan Amazon Kids kami di Alexa menyediakan kontrol orang tua yang membantu orang tua mengelola cara anak-anak mereka berinteraksi dengan teknologi dan menyajikan konten sesuai usia," jelas juru bicara Amazon.

Baca Juga

Amazon juga diklaim menawarkan mode sopan yang mendorong anak-anak untuk mengatakan "tolong" dan "terima kasih" saat berbicara melalui Alexa. Alexa adalah teknologi asisten virtual yang pertama kali digunakan di speaker pintar Amazon Echo dan speaker Echo Dot, Echo Studio, serta Amazon Tap yang dikembangkan oleh Amazon Lab126.

Layanan ini mampu melakukan interaksi suara, pemutaran musik, pengaturan alarm, podcast streaming, membacakan buku audio, hingga menyediakan layanan cuaca, lalu lintas, olahraga, dan informasi real-time lainnya, seperti berita. Alexa juga dapat mengontrol beberapa perangkat pintar sebagai sistem otomatisasi rumah.

Siri adalah asisten virtual yang merupakan bagian dari sistem operasi Apple Inc iOS, iPadOS, watchOS, macOS, tvOS, dan audioOS. Layanan ini menggunakan kueri suara, kontrol berbasis gerakan, pelacakan fokus, dan antarmuka pengguna bahasa alami untuk menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi, dan melakukan tindakan dengan mendelegasikan permintaan ke serangkaian layanan Internet.

 
Berita Terpopuler