Studi: Lebih dari 70 Persen Anak di Dunia Jadi Korban Ancaman Dunia Maya

Anak-anak salah satu kelompok paling rentan yang aktif menggunakan internet.

Republika.co.id
Studi: Lebih dari 70 Persen Anak di Dunia Jadi Korban Ancaman Dunia Maya
Rep: Mabruroh Red: Ani Nursalikah

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Forum Keamanan Siber Global (GCF) yang berbasis di Saudi dan perusahaan konsultan global Boston Consulting Group merilis laporan berjudul Mengapa Anak-Anak tidak Aman di Dunia Maya minggu ini. Dalam laporannya, sekitar 72 persen anak-anak di seluruh dunia telah mengalami setidaknya satu jenis ancaman dunia maya secara online.

Baca Juga

Laporan ini diperuntukkan demi meningkatkan kesadaran tentang melindungi anak-anak dari serangan dunia maya. Karena mereka salah satu kelompok paling rentan yang aktif menggunakan internet.

Menurut laporan tersebut, lebih dari 90 persen anak-anak berusia delapan tahun ke atas aktif menggunakan internet. Sedangkan banyak sekali iklan-iklan yang tidak diinginkan, seperti bullying, pelecehan, dan konten yang tidak pantas bertebaran di dunia maya. Ini menjadi beberapa ancaman utama yang dialami oleh anak-anak.

Di 24 negara dan enam wilayah, lebih dari 40 ribu orang tua dan anak-anak disurvei. Temuan laporan menunjukkan bahwa perlindungan anak-anak di dunia maya gagal, menyoroti perlunya tindakan kolektif segera secara global.

Meskipun anak-anak paling aktif online di rumah atau sekolah, laporan tersebut menunjukkan bahwa hanya setengah dari anak-anak yang disurvei merasa aman saat online, dengan satu dari lima anak menyatakan bahwa mereka menghadapi intimidasi atau pelecehan dalam beberapa bentuk.

“Dengan 72 persen anak-anak menghadapi ancaman dunia maya, kami percaya perlindungan anak-anak sangat penting dalam dunia maya yang berkembang pesat,” kata Pemimpin Inisiatif dan Kemitraan GCF Alaa al-Faadhel dilansir dari Al Arabiya, Kamis (22/9/2022).

“Solusi terhadap ancaman yang meluas yang dihadapi anak-anak adalah dengan meningkatkan kesadaran akan masalah dan memastikan tindakan terpadu, dari pendidik hingga sektor swasta, dapat digerakkan. Kita semua memikul tanggung jawab untuk menciptakan tempat yang aman untuk belajar dan terhubung di ruang siber karena semakin mengakar dalam segala hal yang kita lakukan,” ujar dia.

Timur Tengah dan Amerika Latin melaporkan jumlah ancaman tertinggi yang dialami oleh anak-anak secara online. Sebagian besar anak yang disurvei untuk laporan tersebut (83 persen) mengklaim mereka akan memberi tahu orang tua mereka atau meminta bantuan jika ada ancaman online atau jika mereka merasa terancam. Namun sebaliknya, hanya 39 persen dari orang tua yang disurvei mengatakan anak atau anak-anak mereka tidak pernah mengungkapkan keprihatinan apa pun kepada mereka.

Ini semakin menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana perlindungan anak di ruang online dapat dipastikan ketika orang tua tidak selalu menyadari bahaya yang mungkin mereka alami, dihadapi saat menjelajahi web atau berinteraksi dengan orang lain di media sosial.

“Dengan hampir semua anak berusia 12 tahun sekarang online dan pembelajaran virtual meningkat selama pandemi Covid-19, menjaga anak-anak tetap aman di ruang siber adalah masalah mendesak yang membutuhkan solusi segera,” kata Managing Director dan Partner BCG David Panhans.

“Semua orang yang terlibat dalam ekosistem online dan perlindungan anak memiliki peran untuk dimainkan, mulai dari organisasi internasional, regulator dan lembaga penegak hukum, orang tua, pengasuh, dan penyedia pendidikan hingga perusahaan teknologi di sektor swasta,” katanya.

Laporan tersebut meminta semua pemangku kepentingan untuk mengambil tindakan guna memastikan solusi yang lebih kuat dan kerangka kerja keamanan tersedia untuk membantu mengurangi ancaman yang dihadapi anak-anak secara online. GCF mendatang akan mempertemukan para eksekutif industri dari seluruh dunia untuk membahas perlindungan anak secara online, di antara banyak topik utama lainnya seperti pertimbangan geopolitik.

Acara tersebut akan diadakan di ibu kota Kerajaan, Riyadh, dari 9 hingga 10 November tahun ini dengan tema 'Memikirkan Kembali Tata Dunia Maya Global.'

 
Berita Terpopuler