Rumah Mode Valentino Jadikan Situs Webnya Berkelanjutan

Rumah mode Valentino berjanji meningkatkan efisiensi energi digitalnya.

Tangkapan layar
Tampilan halaman depan web rumah mode Valentino.
Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah mode mewah Valentino telah merinci kemitraannya dengan Karma Metrix Energy Efficient Website, sebuah perusahaan yang berbasis di Italia yang merupakan bagian dari pemasaran pencarian dan spesialis AI AvantGrade.com. Perusahaan ini akan menilai emisi karbon yang terkait dengan lalu lintas dan operasi situs web Valentino.

Menurut penilaian pertama yang dilakukan di 11 juta tampilan halaman valentino.com dan nomor akuntansi dan jenis file javascript, ukuran gambar, pengkodean html dan banyak lagi, situs web merek mewah menghasilkan 2,56 gram Co2 per tampilan halaman. Ini terkait dengan bahan bakar fosil yang memberi daya pada pusat data dan perangkat akhir serta praktik manajemen yang tidak efektif.

Dengan terus menilai jejak digitalnya melalui algoritma milik Karma Metrix, Valentino berjanji untuk melacak berbagai indikator keberlanjutan digital. Mereka bertekad meningkatkan efisiensi energi digitalnya.

"Fakta menunjukkan bahwa maison, yang berkomitmen untuk menghasilkan peluang digital baru dalam merek, berada di garis depan proses transisi hijau," kata Ale Agostini, pencipta alat Karma Metrix dalam keterangannya yang dilaporkan Cpp-Luxury pada Rabu (14/9/2022).

Rumah mode tersebut menginternalisasi operasi untuk situs e-commerce AS dan Jepang tahun ini, dengan lebih banyak geografi yang diperkirakan akan bertransisi sepanjang tahun 2022. Penerapan alat Karma Metrix mencerminkan komitmen merek mewah terhadap model bisnis yang berwawasan lingkungan dan bertanggung jawab.

Baca Juga

Bagian situs web didedikasikan untuk kemajuan lingkungan merek mewah dan merinci evolusinya menuju model bisnis dan manufaktur yang memperhatikan jejak karbon dan dampak lingkungan. Di antara aksi berkelanjutan terbarunya, Valentino berkomitmen untuk bebas bulu mulai tahun 2022 dan bebas alpaka mulai musim semi 2022. 

Valentino telah memperkenalkan proyek vintage yang memasuki pasar penjualan kembali dan ekonomi mode melingkar. Mereka juga berjanji untuk bekerja sama dengan pemasok viscose yang ramah lingkungan untuk 70 persen produksinya.

Valentino juga meluncurkan sneakers Open for a Change untuk pria dan wanita yang dibuat dengan elemen daur ulang. Mereka pun telah bergabung dengan program perusahaan Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan yang dipromosikan oleh Air France dan KLM untuk mengurangi jejak karbon dalam perjalanan bisnisnya.

Kembali pada tahun 2013, Valentino bergabung dengan Komitmen Solusi Detoksifikasi Greenpeace dalam misi untuk menghilangkan semua bahan kimia berbahaya dari rantai pasokannya. Valentino juga telah menandatangani proyek Komitmen Nol Deforestasi untuk membantu melindungi saluran air dan hutan hujan yang memberi kehidupan.

 
Berita Terpopuler