Stres dan Cara Menanganinya Menurut Alquran

Kehidupan manusia memang penuh cobaan.

ANTARA/Syifa Yulinnas
Siluet sejumlah pengunjung menikmati suasana matahari terbenam di kawasan objek wisata Pantai Suak Ujung Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh,Ahad (31/7/2022). Stres dan Cara Menanganinya Menurut Alquran
Rep: mgrol135 Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stres adalah makanan paling umum di zaman modern. Dalam bentuk yang lebih ringan, dalam bentuk kerusuhan, kekerasan di tempat kerja, sekolah dan rumah. Masalah medis umum seperti sakit kepala tegang, insomnia, dan obesitas juga dikaitkan dengan stres yang tidak biasa. Tak satu pun dari kita bebas dari stres, tetapi beberapa orang menghadapinya lebih baik daripada yang lain.

Baca Juga

Stres disebabkan faktor-faktor berikut:

1. Takut akan hal yang tidak diketahui dan mencoba melihat melalui dan mengendalikan takdir.

2. Kerugian dalam hidup kita dari orang-orang dan hal-hal yang kita sayangi dan ketidakmampuan kita untuk memulihkan kerugian tersebut.

3. Konflik batin antara hati dan pikiran kita antara apa yang diketahui sebagai kebenaran dan kegagalan kita untuk menerimanya sebagai kebenaran. Penerimaan kebenaran mungkin memerlukan perubahan kebiasaan dan cara hidup kita yang mungkin kita ikuti untuk beberapa alasan seperti kesenangan, kegembiraan, rasa, dan kebanggaan ras atau warisan.

Mari kita lihat bagaimana Alquran menangani situasi seperti itu.

“Kehidupan manusia memang penuh cobaan. Dan Kami pasti akan menguji kamu untuk mengetahui kualitas keimanan seseorang dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Bersabarlah dalam menghadapi semua itu.” (QS Al-Baqarah: 155)

Nasib kita sudah ditentukan sebelumnya. Yang harus kita kendalikan adalah kehendak bebas yang terbatas, yaitu tindakan kita, pilihan kita untuk berbuat baik atau buruk, percaya kepada Tuhan atau tidak percaya kepada-Nya.

Kita tidak memiliki kendali atas kejadian esok hari yang tidak terkait dengan tindakan kita, yaitu apakah istri saya akan memiliki anak laki-laki atau perempuan, apakah matanya akan cokelat atau hitam, atau apakah saya akan mengalami kecelakaan atau tidak besok. Mengkhawatirkan hal-hal seperti itu tidak ada gunanya.

Menolak iman kepada Alquran adalah penyakit. Penyangkalan kebenaran ini disebabkan oleh kesombongan.

“Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu; dan mereka mendapat azab yang pedih, karena mereka berdusta.” (QS. Al-Baqarah: 10)

Tiga Tahap Perkembangan Spiritual

1. Jiwa yang Bergairah

“Dan aku tidak (menyatakan) diriku bebas (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu mendorong kepada kejahatan, kecuali (nafsu) yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Yusuf: 53)

Jiwa yang bernafsu cenderung ke arah kesenangan indria, nafsu dan kepuasan diri, kemarahan, kecemburuan, keserakahan, dan kesombongan. Kekhawatirannya adalah kesenangan tubuh, kepuasan nafsu fisik, dan ego. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Musuh Anda yang paling bersemangat adalah diri jahat Anda yang bersemayam di dalam tubuh Anda.” (HR. Al-Bukhari)

Jika jiwa jahat ini tidak dikendalikan, akan menyebabkan stres yang tidak biasa dan efek yang dihasilkannya.

 

2. Jiwa yang Mencela

“Aku bersumpah dengan kepastian hari Kiamat karena semuanya sudah jelas, dan Aku juga bersumpah dengan jiwa yang selalu menyesali dirinya sendiri. Sungguh manusia pasti akan dibangkitkan.” (QS. Al-Qiyamah: 2)

Jiwa ini sadar atau sadar akan kejahatan, menolaknya, meminta rahmat Tuhan, dan memaafkan, bertobat dan mencoba untuk mengubah dan berharap untuk mencapai keselamatan:

“Dan (ada pula) orang lain yang mengakui dosa-dosa mereka, mereka mencampuradukkan pekerjaan yang baik dengan pekerjaan lain yang buruk. Mudah-mudahan Allah menerima tobat mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. At-Taubah: 102)

Nabi Muhammad berkata:

“Ada dua dorongan dalam diri kita. Satu roh yang menyerukan kebaikan dan menegaskan kebenaran. Dia yang merasakan dorongan ini harus tahu bahwa itu berasal dari Allah. Dorongan lain datang dari musuh kita (iblis) yang mengarah pada keraguan dan ketidakbenaran dan mendorong kejahatan. Barang siapa yang merasa demikian hendaknya berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.”

Jiwa ini memperingatkan orang-orang tentang keinginan mereka yang sia-sia, membimbing dan membuka pintu menuju kebajikan dan kebenaran. Ini adalah langkah positif dalam pertumbuhan rohani.

3. Jiwa yang Puas

“Maka kini masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku yang saleh, seperti para nabi, orang yang jujur, pecinta kebenaran, dan syuhada. dan masuklah ke dalam surga-Ku. Dan masuklah bersama mereka ke dalam surga-Ku yang telah Aku persiapkan untukmu, surga yang penuh kenikmatan. Kekallah di sana selama-lamanya.” (QS. Al-Fajr: 27-30)

Ini adalah tingkat perkembangan spiritual tertinggi. Jiwa yang puas adalah keadaan kebahagiaan, kepuasan dan kedamaian. Jiwa menjadi damai karena ia tahu bahwa terlepas dari kegagalannya di dunia ini, ia akan kembali kepada Tuhan. Dimurnikan dari ketegangan, ia muncul dari perjuangan dengan rintangan yang menghalangi ketenangan pikiran dan hati.

Apa yang harus dilakukan?

Dalam kepanikan, orang yang tidak percaya berperilaku berbeda dari orang percaya. Mereka tidak memiliki siapa pun untuk kembali, untuk meminta belas kasihan dan pengampunan, hidup mereka adalah kehidupan ini, yang tidak dapat mereka kendalikan, dengan demikian menjadi lebih tertekan dan meningkatkan tingkat perbuatan salah mereka. Kemudian kita akan melihat bahwa jika mereka terbiasa minum-minum, mereka akan mulai minum lebih banyak dan menjadi alkoholik, kriminal atau bunuh diri.

Di sisi lain, seorang mukmin harus melakukan hal berikut.

Perbanyak dzikir (mengingat Allah)

Yang beriman dan yang hatinya tenang dengan mengingat Allah. Yakinlah dengan mengingat Allah, apakah hati menjadi tenang. (13:28)

Perbanyak doa

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah.” (QS. Ar-Ra’d: 153)

Mintalah pengampunan

“Itu semua telah kulakukan maka aku pun berkata kepada mereka, “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu atas segala dosa terutama dosa syirik. Sungguh, Dia Maha Pengampun bagi siapa saja yang tulus memohon ampunan-Nya.” (QS. Nuh:10)

Selain hal di atas kita juga diminta untuk terus berjuang untuk memperbaiki diri kita. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS. Ar-Ra’d:11)

Singkatnya, stres hasil dari kurangnya kedamaian batin karena konflik dalam diri kita dan menyebabkan gangguan eksternal dalam perilaku dan kesehatan kita. Kedamaian batin hanya dapat dicapai dengan percaya kepada Tuhan, Yang Mahakuasa, dan sering mengingat-Nya dan meminta bantuan dan pengampunan-Nya di saat-saat sulit.

 
Berita Terpopuler