Solo Bakal Sesak, Rombongan Besar Peserta APG 2022 Mulai Berdatangan

ndonesian National Paralympic Organizing Committee (INASPOC) menyambut ribuan atlet dan official dari 10 negara peserta.

network /yayan
.
Rep: yayan Red: Partner

INASPOC menyambut ribuan atlet dan official dari 10 negara peserta.

ruzka.republika.co.id - Rombongan besar peserta ASEAN Para Games (APG) 2022 tiba di Kota Solo, Selasa (26/7/2022). Indonesian National Paralympic Organizing Committee (INASPOC) menyambut ribuan atlet dan official dari 10 negara peserta.

Myanmar rencananya akan tiba di Bandara Adi Soemarmo hari ini. Kemudian beberapa negara lainnya mulai datang sekitar pukul 12.00 siang hingga sore hari.

Kota Solo total akan disesaki 1.570 orang dari luar negeri dalam waktu dekat. Mayoritas kontingen akan datang menggunakan pesawat charter langsung ke Bandara Adi Soemarmo.

Hanya tiga negara yang menggunakan pesawat komersial seperti Brunei dan Laos (transit) dari Cengkareng serta Timor Leste dari Bali.

"Sesampainya Bandara Adi Soemarmo mereka akan langsung dibawa ke hotel masing-masing. Proses imigrasi kami percepat. Bagasi langsung dipecah di tiap cabor dan langsung dikirim ke hotel," papar Wali Kota Surakarta, yang juga Ketua Pelaksana Indonesian National Paralympic Organizing Committee (INASPOC), Gibran Rakabuming.

Gibran bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melakukan simulasi penjemputan untuk atlet, Senin (25/7/2022). Pihak bandara, volunter, hingga bidang transportasi siap dengan job desk yang akan mereka jalani.

Pihak bandara juga telah menyiapkan 'needs service holding room' di area check in dan melengkapi marka untuk kendaraan difabel.

Tiga parking stand untuk pesawat charter pun disiagakan. Kelancaran dan kenyamanan para atlet jadi hal utama bagi panitia, agar semua berjalan dengan lancar.

"Saat saya landing tadi pagi, langsung disimulasikan di bandara. Ada penjelasan cukup detail, bagaimana kontingen dari negara luar datang, dan prosesnya seperti apa akan dijalani panitia untuk membawa tamu menuju hotel,”tutur Menpora Amali.

"Tidak akan antre, paspor juga sudah dikumpulkan di pesawat. Termasuk dokumen dan surat kesehatan. Saya yakin kepemimpinan Mas Gibran selaku ketua pelaksana, bisa lancar terselenggara. Saya sudah lihat cara kerjanya saat simulasi," tuturnya.* (Yayan)

 
Berita Terpopuler